5 Meme Viral Terjual dengan Harga Fantastis, Ada yang Nyaris Rp10 Miliar!

5 Meme Viral Terjual dengan Harga Fantastis, Ada yang Nyaris Rp10 Miliar!
Karya digital yang menjadi meme viral Disaster Girl baru-baru ini terjual dengan harga Rp9,3 miliar. Foto/via abc.net.au
JAKARTA - Siapa sangka, meme viral kini bisa jadi barang berharga yang sangat menguntungkan dengan harga miliaran rupiah jika dilelang.

Belakangan ini, beredar istilah non-fungible token (NFT) atau token yang tidak bisa dipertukarkan. Istilah ini dipakai untuk menyebut sebuah bentuk seni digital yang kini sedang berkembang. Kepemilikan atas karya tersebut disertifikasi melalui teknologi blockchain (sistem penyimpanan data digital yang terdiri dari banyak server).

Nah, NFT kini bisa dijadikan 'ladang emas' oleh pemilik aslinya dengan melelangnya di platform daring. Salah satu yang sering dipakai untuk melelang NFT secara digital alias ladangnya para kolektor NFT adalah platform Foundation . Dalam platform ini, penjualan kadang juga dinilai dengan mata uang kripto ethereum (ETH).

Meski begitu, mengutip NBC News , pihak yang membeli NFT hasil lelang punya status kepemilikan yang berbeda dengan kepemilikan hak cipta. Kepemilikan NFT lebih seperti tanda tangan digital atau kartu bisbol yang ditandatangani. Sang pemilik NFT tersebut juga tidak bisa mencegah penyebaran atau penggunaan meme itu oleh pihak lain.

Nah, dari banyak NFT yang belakangan berhasil dijual dengan nilai tinggi, di antaranya ada beberapa NFT yang juga menjadi meme yang viral di media sosial . Berikut lima dari meme tersebut.


1. BAD LUCK BRIAN - Rp159 JUTA

5 Meme Viral Terjual dengan Harga Fantastis, Ada yang Nyaris Rp10 Miliar!

Foto: via Medium

Pada Maret lalu, NFT yang jadi meme ini terjual 20 ETH atau setara USD36 ribu (Rp159 juta). Dalam platform Foundation , tertulis bahwa meme ini terjual pada pihak dengan nama "@a".

Mengutip Washington Post , meme ini berasal dari foto Kyle Craven saat dia melakukan pemotretan untuk buku tahunan Archbishop Hoban High School, Akron, Ohio. Kyle disebut sengaja memasang ekspresi dan senyum aneh saat dipotret, dan dia pun diminta untuk melakukan foto ulang. Oleh karena itu, foto tersebut tak tertera di buku tahunan.

Sahabatnya sejak TK, Ian Davies, lantas mengunggah foto tersebut pada Januari 2012 di Reddit. Foto ini lantas viral dengan nama Bad Luck Brian untuk menggambarkan kondisi ketidakberuntungan.

2. OVERLY ATTACHED GIRLFRIEND - Rp5,9 MILIAR

5 Meme Viral Terjual dengan Harga Fantastis, Ada yang Nyaris Rp10 Miliar!

Foto: viaKnowYourMeme

Pada April 2021, NFT ini terjual 200 ETH atau setara USD411 ribu (Rp5,9 miliar) kepada 3F Music, sebuah studio musik berbasis di Dubai.

Meme ini bermula dari Laina Morris yang memparodikan video musik "Boyfriend" milik Justice Bieber pada 2012. Yang membuatnya menarik adalah ekspresi wajah Laina yang terlihat kocak, tapi juga mengerikan. Video parodi ini kini sudah ditonton lebih dari 21 juta kali.

Baca Juga: Deretan Meme dan Parodi Kocak Serial Populer, Mana Favorit Kamu?

3. NYAN CAT - Rp8,5 MILIAR

5 Meme Viral Terjual dengan Harga Fantastis, Ada yang Nyaris Rp10 Miliar!

Foto: Chris Torres

Meme ini terjual lewat platform Foundation pada Februari 2021 dengan nilai 300 ETH atau senilai USD590 ribu (Rp8,5 miliar). Seperti biasa, pembelinya anonim dengan hanya tertera sebagai "oxy7eb2 … 3f6b".

Meme ini adalah hasil karya Chris Torres yang dirilisnya di YouTube pada 2011. Untuk merayakan satu dekade perilisan Nyan Cat, dia pun membuat versi remastered. Versi inilah yang dilelang secara daring.

4. DISASTER GIRL - Rp9,3 MILIAR
halaman ke-1
Share: