Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America
John Walker akhirnya dipecat sebagai Captain America di episode 5 The Falcon dan the Winter Soldier. Dia juga kehilangan tunjangan akibat pemecatan tersebut. (Foto-Foto: Screen Grab/Disney+ Hotstar)
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier menjadi salah satu episode paling intensif di sepanjang serial Marvel Cinematic Universe (MCU) ini. Dengan hanya satu episode tersisa, episode 5 menjadi pijakan yang akan terjadi di episode pamungkas. Salah satunya adalah munculnya Captain America baru.

Dengan apa yang terjadi di episode 4 pekan lalu ketika John Walker membunuh salah satu anggota Flag Smasher dengan tameng Captain America, bisa dipastikan kalau episode 5 bakal menentukan nasib John sebagai penerus Steve Rogers. Ini memang benar. Di episode ini, John yang diperankan Wyatt Russell tersebut mengalami perubahan hidup dalam waktu yang singkat. Meski juga tetap meninggalkan misteri.

Baca Juga: Mengapa John Walker Jadi Captain America Jahat di MCU?

Di sisi lain, dinamika kehidupan juga dialami Sam Wilson. Dia memutuskan pulang kampung setelah apa yang terjadi di Riga, Latvia. Namun, bukannya menemukan kedamaian, dia justru menemukan tujuan baru dalam hidupnya. Cerita ini bakal menjadi titik balik dan fondasi di episode 6 atau episode pamungkas pekan depan. Di episode ini, Marvel menambahkan adegan pascakredit yang cukup membuat penasaran.



Perhatian: Artikel ini mengandung spoiler Episode 5 serial The Falcon and the Winter Soldier yang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

1. Pertempuran John Walker, Sam dan Bucky
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Setelah kejadian di monumen, John Walker lari ke sebuah gedung kosong, dengan tameng Captain America yang masih berlumuran darah. Di tempat itu, dia meluapkan segala emosinya. Sam dan Bucky mengejarnya ke tepat tersebut. Di sana, dua orang itu berusaha menangkap John dan memintanya untuk menyerahkan tameng Captain America. Namun, John menolaknya. Dia tetap ingin mempertahankan tameng tersebut.
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Pertempuran pun pecah di antara ketiga orang tersebut. Bucky dan Sam berusaha keras merebut tameng warisan Steve Rogers itu, sedangkan John terus berusaha mempertahankannya. John bahkan menggunakan tameng itu sebagai sebuah senjata yang cukup mematikan. Dalam pertarungan tersebut, John bahkan berhasil merusak kostum Falcon. Sam pun kehilangan kostum kesayangannya. Namun, dia dan Bucky berhasil merebut tameng Captain America dari John.

2. Pemerintah AS pecat John Walker sebagai Captain America
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Akibat perbuatannya, John Walker kemudian dihadapkan di sidang komisi Senat. Dalam sidang tersebut, para senator memutuskan untuk memecat John. Mereka juga tidak menerima pembelaan dirinya. Akibat dipecat, John kehilangan banyak tunjangan, termasuk uang pensiun. Semua jasanya pun dianggap tidak pernah ada.



3. Madame Hydra temui John Walker
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Setelah dipecat dalam sidang tersebut, John Walker dan istrinya ditemui seorang wanita misterius. Wanita itu bernama Contessa Valentina Allegra de Fontaine. Para penggemar komik Marvel mengenalnya sebagai Madame Hydra. salah satu penjahat di dunia komik itu. Wanita itu tahu jika John telah menyuntik dirinya dengan serum tentara super. Dia kemudian menawarkan pekerjaan bagi John, tapi tidak disebutkan seperti apa pekerjaan tersebut. Kartu nama yang dia berikan kepada istri John pun tidak ada tulisannya. Dia hanya mengatakan, John bakal bernilai bagi orang-orang tertentu. Dia meminta John untuk menanti telepon darinya. Dalam percakapan itu, Val mengatakan jika tameng Captain America bukanlah milik pemerintah sepenuhnya.

4. Sam temui Isaiah Bradley
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Sepulang dari Riga, Sam membawa tameng Captain America ke Baltimore. Dia pergi menemui Isaiah Bradley. Sam bermaksud menyerahkan tameng itu kepada Bradley sebagai bentuk penghormatan bagi Captain America kulit hitam yang terlupakan. Namun, Isaiah menolaknya. Dia kemudian bercerita kepada Sam tentang apa yang terjadi padanya sejak dia mendapatkan serum tersebut. Dia juga cukup skeptis jika pemerintah bakal menerima Captain America dalam sosok seorang pria berkulit hitam. Bagi Isaiah, Captain America dimaksudkan sebagai titel bagi seorang pria berkulit putih, bukan hitam. Adegan ini memang sangat sarat isu rasialisme yang memang sedang hangat di Amerika Serikat.

Kepada Sam, Isaiah mengatakan kalau dia sebenarnya sudah dianggap mati oleh pemerintah AS. Sam menawarkan untuk membantu agar Isaiah mendapatkan pengakuan. Namun, Isaiah menolaknya. Dia tidak percaya pada perubahan dan lebih suka kehidupannya yang seperti sekarang. Sam terlihat cukup simpatik dengan penderitaan yang dialami Isaiah selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Isaiah Bradley, Captain America yang Terlupakan di MCU

5. Dora Milaje ciduk Baron Zemo
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Baron Zemo terakhir kali terlihat kabur di tengah kemelut antara Dora Milaje, Sam, Bucky, John Walker dan Lemar Hoskins. Dia lari dari rumah persembunyian mereka lewat terowongan di bawah lantai kamar mandi di tempat tersebut. Sejak saat itu, dia tidak lagi terlihat. Namun, bisa dipastikan bahwa antara Dora Milaje bakal memburu pria yang mereka sebut sebagai dalang kematian Raja T’Chaka seperti terlihat di Captain America: Civil War. Namun, bukan pasukan Dora Milaje yang awalnya menmukan Zemo daam pelariannya. Bucky-lah yang kali pertama menemukannya. Zemo pun merasa nasibnya bakal berakhir di tangan Bucky. Namun, pasukan Dora Milaje kemudian muncul dan menangkap Zemo. Menurut Ayo, mereka akan membawa Zemo ke Raft, penjara dengan keamanan super ketat yang berada di dekat Ryker Island. Penjara ini kali pertama muncul diCivil War.
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Di episode ini juga diperlihatkan sekilas tentang Sokovia. Bucky menemukan Zemo sedang berdiri di depan sebuah monumen dengan lambang dan tulisan Sokovia di hadapannya. Negara fiktif di Eropa itu hancur di Avengers: Age of Ultron. Kehancuran Sokovia pulalah yang mendorong Zemo melakukan apa yang dia lakukan di Civil War.

6. Misteri Sharon Carter
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Salah satu teori yang mengemuka dari serial The Falcon and the Winter Soldier ini adalah tentang siapa yang berada di balik topeng Power Broker, penjahat utamanya. Sosok yang paling dijagokan untuk kemudian terungkap sebagai Power Broker adalah Sharon Carter. Kecurigaan itu muncul sejak episode 3 ketika Sam, Bucky dan Zemo pergi ke Madripoor. Sharon dengan nyaman seolah berada di posisi yang seharusnya diisi Power Broker. Di episode 5, kecurigaan itu bertambah. Di episode ini, Sharon menawarkan sebuah pekerjaan dengan upah besar kepada George Batroc.
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Di urutan adegan selanjutnya, Batroc menemui Karli Morgenthau dan Flag Smasher di New York. Pria tersebut membawa sebuah koper yang kemudian dia serahkan kepada Karli. Isinya? Senjata dan alat peledak. Karli berencana menggagalkan pemungutan suara GRC di New York dengan cara apa pun. Di sisi lain, Batroc tidak tertarik untuk turut ambil bagian. Dia ke New York, selain untuk menyerahkan koper itu, untuk membunuh Falcon.

Baca Juga: Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

7. Sam berlatih sebagai Captain America
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Sam memutuskan pulang kampung ke Louisiana untuk membantu urusan keluarganya. Tak disangka, Bucky turut muncul untuk memberikan bantuan. Di tengah-tengah perjuangannya bersama adiknya, Sarah, Sam tiba-tiba menermukan gairah baru dalam hidupnya. Bucky kemudian bercerita tentang apa yang dia bicarakan dengan Steve Rogers terkait temang Captain America. Mereka memang berencana memberikan tameng itu kepada Sam, bukan orang lain. Bucky juga memberikan banyak wejangan kepada Sam. Sam kemudian berlatih menggunakan tameng tersebut. Jalan bagi Sam untuk menjadi Captain America baru.

8. Sam dapat kostum baru dari Wakanda
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Kostum Sam hancur saat pertempurannya dengan John Walker di Riga, Latvia. Dia pun tidak bisa menggunakannya kembali. Kostum itu dimasukkannya ke dalam sebuah tas. Kepada Joaquin Torres, Sam menyuruhnya untuk menyimpan kostum yang telah hancur lebur tersebut. Falcon tamat? Tentu saja tidak.Ketika berada di Louisiana, Bucky datang untuk membantu memperbaiki kapal keluarganya. Di sana, Bucky memberikan sebuah koper kepada Sam. Bucky mengatakan, koper itu berasal dari Wakanda. Belum diketahui seperti apa isi koper itu. Namun, di akhir episode 5, Sam terlihat membuka koper itu dengan pandangan tak percaya.

Baca Juga: Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

9. John Walker bikin tamengnya sendiri (adegan pascakredit)
Episode 5 The Falcon and the Winter Soldier Pecat Captain America

Marvel memberikan sentuhan khasnya di serial ini dengan menambahkan satu adegan pascakredit. Di adegan tersebut, terlihat John Walker dengan wajahnya yang terlihat menyimpan amarah dan ambisi sedang membuat senjata di sebuah bengkel. Meski belum sepenuhnya selesai, John ternyata sedang membuat tamengnya sendiri. Tameng itu mirip dengan tameng Captain America.


(alv)
Share: