Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier
John Walker menodai tameng Captain America dengan darah di episode 4 The Falcon and the Winter Soldier. Dia juga mengambil satu tabung serum tentara super. (Foto-Foto: Screen Grab/Disney+ Hotstar)
Episode 4 The Falcon and the Winter Soldier akhirnya menguak sosok sebenarnya John Walker, Captain America baru. Saat berhadapan dengan prajurit Dora Milaje dan juga para anggota Flag Smasher, John harus mengakui jika dia bukan lawan mereka. Namun, amarah membuatnya mencederai tameng Captain America.

Episode ini juga lebih banyak memperlihatkan aksi pertarungan antara Sam, Bucky, Flag Smasher, John Walker, Battlestar dan juga Dora Milaje. Di sisi Zemo, meski belum terlihat apa yang dia rencanakan sebenarnya, tapi, jelas, dia punya agenda tersendiri. Sementara, Sharon Carter pun turut terlibat dalam aksi Sam dan Bucky dalam pengejaran mereka terhadap Flag Smasher.

Baca Juga: Power Broker, Penjahat Utama The Falcon and the Winter Soldier

Sisi diplomatis Sam pun terlihat di episode ini. Sam dengan kemampuan negosiasinya, terlihat sekali mampu menundukkan hati keras Karli Mogenthau. Namun, dia pun masih harus menghadapi sikap keras Bucky yang masih kesal dengan Sam yang menolak tameng Captain America yang diberikan Steve Rogers di akhir Avengers: Endgame kepadanya. Lantas apa saja yang terjadi di episode 4 The Falcon and the Winter Soldier kali ini?



Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler Episode 4 The Falcon and the Winter Soldier! Kalian sudah diperingatkan!

1. Wakanda
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Pasukan Dora Milaje muncul di rumah tempat Bucky, Sam dan Zemo bersembunyi. Ayo, yang memimpin pasukan itu, hendak menangkap Zemo yang dianggap bertanggung jawab atas kematian Raja T’Chaka, ayah T’Challa, dalam serangan bom di markas PBB seperti terlihat di Captain America: Civil War. Ayo kesal pada Bucky yang justru malah membebaskan Zemo. Namun, tentu saja, Bucky punya alasan mengapa dia membebaskan Zemo seperti terlihat di episode 3. Awalnya, Ayo memberikan waktu 8 jam bagi Bucky untuk menyelesaikan misinya. Namun, Bucky tidak bisa memenuhi tenggat waktu tersebut. Akibatnya, pasukan Dora Milaje pun menyerbu. Sayang, Zemo lolos setelah John Walker dan Battlestar muncul di tempat yang sama. Pertarungan pun pecah antara Dora Milaje, John Walker, Battlestar, Bucky dan Sam.
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Di episode ini juga menguak atas apa yang terjadi waktu Bucky dibawa Steve Rogers ke Wakanda. Di negara itu, Wakanda melakukan deradikalisasi pikiran Bucky dari Winter Soldier. Di sana, cuci otak yang dilakukan HYDRA terhadap Bucky pun ditekan dan berusaha dihilangkan sehingga dia menjadi Bucky yang sekarang. Ayo adalah pimpinan program terhadap Bucky tersebut. Di Wakanda, Bucky disebut sebagai White Wolf.

2. Diplomasi Sam
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Sepanjang perjalanan Marvel Cinematic Universe (MCU) ,Sam dikenal sebagai salah sosok yang simpatik. Selain itu, dia tidak segan memperjuangkan sesuatu yang dia percayai memang pantas diperjuangkan. Ini pula yang dia tunjukkan di episode 4 The Falcon and the Winter Soldier. Sam menjadi simpatik terhadap Karli Morgenthau. Dia berusaha memahami alasannya mendirikan Flag Smasher dan melakukan penyerangan yang memakan korban. Sam pun berusaha menemui Karli. Lewat Zemo, Karli dan Sam akhirnya bertemu. Di hadapan Karli, Sam mengatakan kalau dia paham dengan apa yang dirasakan Karli yang kehilangan tempat tinggalnya. Dia paham karena adiknya pun mengalaminya. Kata-kata Sam ini ternyata berhasil mengubah hati Karli. Sikap gadis itu agak melunak terhadap Sam. Dia pun sepakat untuk berbicara dengan Sam. Sayang, John Walker merusak suasana percakapan tersebut. Meski begitu, Sam dan Karli sepakat untuk kembali bertemu.



3. Zemo hancurkan serum tentara super
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Ketika John menyerang Karli, gadis itu lari ke bagian lain dari gedung tempat dia dan Sam bertemu. Ketika berada di lantai bawah, dia berhadapan dengan Zemo. Penjahat itu menembak Karli. Karli pun berusaha menyelamatkan diri. Ketika itulah, serum tentara super yang dia bawa di tas pinggangnya jatuh berceceran. Zemo yang menganggap para superhero itu munafik, akhirnya menghancurkan hampir semua serum tentara super soldier yang berceceran tersebut. Setidaknya ada 12 tabung serum tentara super yang dibawa Karli saat itu. Serum-serum itu adalah buatan Wilfred Nagel. Dia mengaku membuat 20 tabung serum dan baru 8 yang dipakai. Sisanya, tidak diketahui keberadaannya hingga episode 4 The Falcon and the Winter Soldier.

Baca Juga: Teori MCU: 8 Karakter yang Berada di Balik Topeng Power Broker

4. Power Broker buru Karli Morgenthau
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Flag Smasher terbukti memiliki konflik dengan Power Broker . Penjahat yang belum terungkap jati dirinya itu memburu Karli yang telah mencuri serum tentara super darinya. Namun, Power Broker tidak tahu kalau serum-serum itu sudah tidak ada. Meski begitu, Karli sepertinya menyepelekan Power Broker. Kepada dua kompatriotnya, Karli mengatakan dia akan terlebih dahulu membereskan Sam dan teman-temannya baru kemudian berhadapan dengan Power Broker. Sampai saat ini, siapa Power Broker belum terlihat di serial ini. Namun, dia disebut bakal menjadi musuh utama Sam dan Bucky.

5. John Walker mengambil serum tentara super
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

John Walker memburu Karli hingga ke lantai bawah gedung tempat pertemuannya dengan Sam. Di sana, dia melihat Zemo sedang menghancurkan tabung-tabung serum tentara super. Dia kemudian melumpuhkan Zemo. Ketika memandangi tabung-tabung serum yang pecah, dia kemudian melihat satu tabung yang masih utuh. John mengambil tabung itu dan menyimpannya. Belum diketahui apakah dan bagaimana John menyuntikkan serum tersebut ke tubuhnya.

6. Zemo kabur
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Apa yang terjadi pada Zemo akan menjadi teka teki baru di The Falcon and the Winter Soldier. Di episode 4, penjahat itu berhasil kabur di tengah-tengah kemelut antara Dora Milaje, Sam, Bucky, Battlestar dan John Walker. Ketika pertempuran terjadi setelah Bucky menolak menyerahkan Zemo dan John ikut campur, Zemo diam-diam masuk ke toilet. Dia kemudian kabur lewat terowongan yang ada di lantai toilet tersebut. Belum diketahui apakah Sam dan Bucky bakal mengejar Zemo. Sementara, Dora Milaje dipastikan bakal mengejar Zemo.

Baca Juga: Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

7. Battlestar tewas
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Dalam pertempuran kedua antara Sam, Bucky, John dan Battlestar dengan Flag Smasher, kelompok itu berhasil menculik Battlestar. Dia kemudian diikat dan ditinggalkan di sebuah ruangan kosong. Namun, Battlestar alias Lemar Hoskins mampu menyelamatkan dirinya. Dia pun segera pergi untuk membantu John menghadapi Flag Smasher. Tepat ketika Karli hendak menikam John, Lemar muncul dan menerjang gadis itu. Bukannya selamat dari serangan, pisau Karli menghujam tubuhnya. Lemar pun tewas. John pun sangat marah dengan kematian Lemar. Dia kemudian memburu para Flag Smasher yang lari tunggang langgang.

8. John Walker nodai tameng Captain America
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Dengan amarah dan kesedihan yang mememuhi dadanya, John memburu para anggota Flag Smasher. Dia sangat sedih dan marah atas kematian Lemar dalam pertempuran sebelumnya. Dia berhasil menyudutkan salah satu anggota kelompok itu tepat di bawah sebuah monumen di tengah Kota Riga. Dengan ditonton banyak orang, bahkan ada yang merekam, John tanpa ampun menyerang anggota Flag Smasher itu dengan tameng Captain America yang tersemat di tangannya. Darah pun mengucur dan menodai tameng tersebut. Orang-orang di sekitar monumen itu, termasuk Karli, Sam dan Bucky menyaksikan kejadian tersebut dengan pandangan tidak percaya.

Ini adalah kali pertama dalam sejarah hampir 12 tahun MCU tameng Captain America itu ternoda darah. Selama dipegang Steve Rogers, tameng itu belum pernah terlihat dia pakai untuk menghabisi nyawa orang lain. Selama perjalananya di MCU, Steve adalah orang yang sangat baik hati dan selalu bisa mengendalikan egonya, kecuali di Civil War. Dia pun senantiasa menjaga kesucian tameng itu dengan terus membuktikan kalau dirinya layak mendapatkannya. Kini, di tangan John Walker, tameng itu malah ternoda. Ini kemungkinan akan membuat Bucky semakin kesal kepada Sam yang menolak untuk membawa tameng tersebut.

Baca Juga: Bukan Falcon, Ini Sosok Captain America Baru di MCU

Di episode ini, sikap gegabah dan sembrono John mulai terlihat. Dia mengawali semuanya sebagai sosok orang baik. Dia adalah tentara dengan banyak penghargaan. Namun, ketika dipilih untuk memegang tameng Captain America, dia seolah memiliki beban untuk membuktikan kalau dirinya memang layak mendapatkan tameng itu, terlebih kepada Sam dan Bucky. Namun, apa yang terjadi di episode 4 memperlihatkan kalau dia sebenarnya lemah. Dia tidak ada apa-apanya ketika bertempur melawan Dora Milaje dan dia pun nyaris kalah ketika menghadapi Flag Smasher yang telah disuntik serum tentara super.
Tameng Captain America Ternoda di Episode 4 Falcon & Winter Soldier

Di episode ini juga, John telah tergoda dengan pengaruh serum tentara super itu untuknya. Bahkan, temannya, Lemar alias Battlestar pun menyatakan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menyuntikkan serum itu. Obrolan itu terjadi setelah John mengambil tabung serum tersisa dari Karli yang telah dihancurkan Zemo. Belum diketahui apakah dia memang telah benar-benar menyuntikkan serum itu di tubuhnya. Namun, pada pertempuran di akhir episode ini terlihat jika John lebih kuat dari sebelumnya. Ini sepertinya akan membawa ke teori bahwa Captain America baru ini tidak akan bertahan lama. Dia akan berubah menjadi persona baru, yaitu US Agent. Tameng Captain America sepertinya bakal diterima Sam. Dengan dua episode tersisa, maka banyak teori yang seharusnya terjawab.


(alv)
Share: