'Moriarty the Patriot': Kisah dari Sudut Pandang Musuh Bebuyutan Sherlock Holmes

Moriarty the Patriot: Kisah dari Sudut Pandang Musuh Bebuyutan Sherlock Holmes
Moriarty the Patriot menempatkan Moriarty sebagai sosok pahlawan dalam semesta Sherlock. Foto/YouTube Muse Indonesia
JAKARTA - Tokoh detektif Sherlock Holmes yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle melahirkan banyak film mengenai kisahnya dalam memecahkan misteri. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai musuh utama Sherlock, Moriarty?

Dalam novel Sherlock Holmes , dikatakan bahwa Moriarty dan Sherlock merupakan dua sisi dari koin yang sama. Cara berpikir mereka tidak jauh berbeda. Perbedaan mereka hanya terletak pada moralitas yang dipegang dalam diri masing-masing.

"Moriarty the Patriot" adalah sebuah cerita dari sudut pandang keluarga Moriarty, khususnya William James Moriarty, musuh bebuyutan Sherlock. Dia disebut sebagai Napoleon of Crime, menyebut dirinya sebagai konsultan kriminal.

'Moriarty the Patriot': Kisah dari Sudut Pandang Musuh Bebuyutan Sherlock Holmes

Foto:YouTube Muse Asia



Berlatar pada akhir abad ke-19, terdapat konflik sosial masyarakat di Inggris. Kaum borjuis dapat menikmati hidup yang layak, sedangkan kaum proletar akan menderita sebab dimanfaatkan sebagai budak untuk kaum borjuis. Moriarty pun punya tekad untuk mengubah sistem sosial dan membangun dunia yang baru.

Baca Juga: Deretan Makhluk Halus dari Mitologi Korea yang Menginspirasi Kisah Drama

Keluarga Moriarty adalah keluarga bangsawan yang terdiri atas tiga bersaudara, yaitu Albert, William, dan Louis. Sebagai bangsawan, mereka bisa melihat keburukan yang dilakukan oleh sesama bangsawan sekaligus memanfaatkan posisi tersebut untuk mencapai tujuan mereka.



Tidak cuma keluarga Moriarty saja, mereka jugamemiliki beberapa rekan lain yang punya tujuan sama, bahu-membahu mengubah kerajaan Inggris dari balik layar.

'Moriarty the Patriot': Kisah dari Sudut Pandang Musuh Bebuyutan Sherlock Holmes

Foto: YouTube Muse Asia

"Moriarty the Patriot" berasal dari seri manga atau komik Jepang yang ditulis oleh Takeuchi Ryosuke dan diilustrasikan oleh Miyoshi Hikaru sejak 2016. Seri ini menginspirasi dua pertunjukan musikal dan satu pertunjukan teater (stage play).

Baca Juga: Konser Hey! Say! JUMP 'Fab! -Live speaks.-', Dunia Dongeng di Atas Panggung

Tidak hanya itu, manga ini sudah diadaptasi menjadi anime atau animasi Jepang sejak tahun lalu. Baru saja pada musim semi tahun ini, "Moriarty the Patriot" melanjutkan tayangannya ke cour kedua. Kamu bisa menonton anime "Moriarty the Patriot" di akun YouTube Muse Asia dan Muse Asia Indonesia.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk menyimak kisah Sherlock Holmes dari sudut pandang Moriarty?

Almaz Scarletta
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @scarshh


(ita)
Share: