Konser Hey! Say! JUMP 'Fab! -Live speaks.-', Dunia Dongeng di Atas Panggung

Konser Hey! Say! JUMP Fab! -Live speaks.-, Dunia Dongeng di Atas Panggung
Grup idol Jepang hey! Say! JUMP! menggelar konser daring selama tiga hari pada akhir pekan kemarin. Foto/YouTube Johnnys Official
JAKARTA - Mengambil konsep album berisi cerita-cerita dongeng, grup idol Jepang Hey! Say! JUMP membawa dunia dongeng ke dalam album terbaru mereka dan juga pada konser yang baru saja digelar pada Jumat hingga Minggu (8-11/4) lalu.

Pada Desember tahun lalu, mereka meluncurkan album berjudul “Fab! -Music speaks.-“. Kata “Fab” berasal dari fable dan fabulous, ditambah “music speaks” yang diambil dari kutipan pendongeng terkenal, Hans Andersen, yaitu “Where words fail, music speaks”. Konsep album ini diusung oleh salah satu anggota, Inoo Kei.

Dalam pembuatan album tersebut, mereka juga berkolaborasi dengan banyak musisi, seperti Avu-chan dari Queen Bee, Ayase dari YOASOBI, Hashiguchi Yohei dari Wacci, hingga seorang utaite, Mafumafu.

Konser Hey! Say! JUMP 'Fab! -Live speaks.-', Dunia Dongeng di Atas Panggung

Foto: YouTube Johnny's Official



Untuk pertama kalinya, mereka mengunggah potongan video klip di YouTube melalui akun dengan nama samaran. Honey Bee untuk lagu “Ookami Seinen” yang berkolaborasi dengan Avu-chan, Sindibaad untuk “Senya Ichiya” yang berkolaborasi dengan Ayase, dan John Darling untuk “Naimononedari” kolaborasi dengan Hashiguchi. Namun setelah pengumuman album, ketiga video klip tersebut dipindahkan ke akun YouTube J-Storm.

Dari album tersebut, mereka menggelar konser daring pertama untuk grup mereka dengan nama “Fab! -Live speaks.-“. Konser diumumkan sebulan sebelum diadakan, yaitu pada Maret, diikuti dengan pembelian merchandise untuk konser mereka.

Baca Juga: Ini 5 Fandom Musik Terbesar di Dunia Menurut Pengamat Musik



Produksi konser ini juga dipimpin oleh dua anggota grup JUMP, yaitu Arioka Daiki dan Chinen Yuri. Mereka berusaha sebaik mungkin untuk memberikan konser yang dapat dinikmati penggemar walau tidak dapat menonton secara langsung.

Konser ini digelar selama tiga hari, yaitu Jumat (9/4), Sabtu (10/4), dan Minggu (11/4). Masing-masing hari punya gaya yang berbeda, diberi nama sesuai inisial nama grup mereka, yaitu style H, S, dan J. Susunan lagu (setlist) yang ditampilkan juga berbeda setiap harinya.

Konser Hey! Say! JUMP 'Fab! -Live speaks.-', Dunia Dongeng di Atas Panggung

Foto: YouTube Johnny's Official

Sesuai dengan tema dongeng, masing-masing anggota melambangkan satu dongeng yang ada dalam lagu mereka. Yamada Ryosuke, anggota mereka yang punya ciri khas warna merah, melambangkan dongeng Si Gadis Tudung Merah dengan menjadi gadis tersebut sekaligus serigala yang bersembunyi di balik tempat tidur.

Nakajima Yuto melambangkan dongeng Peterpan dengan menjadi Captain Hook. Takaki Yuya menjadi seorang Prince Charming, melambangkan pangeran dari kisah Cinderella, Snow White, dan Beauty and The Beast.

Yabu Kota menjadi Genie dalam cerita Aladdin yang termasuk di dalam Kisah 1001 Malam. Inoo Kei menjadi putri duyung dari kisah Little Mermaid. Yaotome Hikaru menjadi tokoh Tinman dari Wizard of Oz. Arioka Daiki menjadi Sun Wukong dari Journey to the West, dan Chinen Yuri menjadi Pinokio dari cerita Pinokio.

JUMP selalu membawa konsep unik dalam konser mereka. Pada 2019 di konser "Parade", mereka menggunakan panggung yang berotasi 360 derajat. Menggunakan sabuk pengaman, mereka berdiri di atas panggung yang diputarbalikkan sembari bernyanyi salah satu lagu dari album Parade, “Miracle Wonder Land”.

Konser Hey! Say! JUMP 'Fab! -Live speaks.-', Dunia Dongeng di Atas Panggung

Foto:YouTube Johnny's Official

Pada konser ini, mereka menggunakan animasi CG untuk lagu “Puppet” yang menceritakan Pinokio. Melalui animasi yang menggoda mata, penggemar menikmati perubahan adegan yang terjadi saat konser.

Tidak hanya dengan animasi CG, mereka juga berusaha menghibur penonton dengan pura-pura mengakhiri konser walau baru berjalan selama setengah jam. Selayaknya penutup, mereka mengucapkan terima kasih dan harapan untuk bertemu pada lain hari.

Musik juga memainkan instrumen seakan konser berakhir. Namun tak lama setelahnya, mereka berseru, “Bohong!” Hiburan ini berkaitan dengan lagu yang mereka bawakan selanjutnya, berjudul “Liar” yang berasal dari cerita The Boy Who Cried Wolf.

Baca Juga: 4 Film Anime Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton

Konser ini tidak hanya diisi dengan kegembiraan, tapi juga dengan kesedihan. Salah satu member JUMP yang hiatus selama 2,5 tahun, Okamoto Keito, mengumumkan pengunduran dirinya dari grup. Setelah hiatus untuk kuliah di American Academy of Dramatic Arts, Okamoto kembali dan memutuskan untuk meneruskan kariernya sebagai aktor di agensi yang sama, Johnny’s Entertainment.

Konser Hey! Say! JUMP 'Fab! -Live speaks.-', Dunia Dongeng di Atas Panggung

Foto:YouTube J Storm

Mereka mengadakan penampilan terakhir sebagai sembilan anggota pada hari terakhir, Minggu (11/4). Sayangnya, penampilan ini hanya bisa diakses oleh penggemar yang membeli tiket sebagai anggota fan club.

Konser hanya tersedia bagi penggemar yang membeli tiket langsung di laman Johnny’s Net. Seperti biasanya, Johnny’s punya aturan ketat bagi penggemar yang membagikan rekaman atau tangkapan layar dari konser.

Sanksi berupa denda sudah diumumkan dalam laman ketika ingin mengakses live concert. Namun, kamu masih bisa menonton cuplikan video klip mereka di akun YouTube J Storm dan Johnny’s Official.

Almaz Scarletta
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @scarshh


(ita)
Share: