10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel
Madripoor adalah salah satu lokasi menarik di jagat Marvel. Kini, lewat The Falcon and the Winter Soldier, tempat itu muncul di Marvel Cinematic Universe (MCU). (ScreenGrab/Disney Plus Hotstar)
Madripoor sudah lama disinggung di Marvel Cinematic Universe (MCU) . Namun, baru di episode 3 The Falcon and the Winter Soldier , tempat ini akhirnya benar-benar diperkenalkan kepada para penggemarnya. Secara garis besar, tidak ada bedanya antara Madripoor di MCU dan versi komik.

Kehadiran Madripoor di MCU sudah lama dinantikan para penggemarnya. Madripoor adalah lokasi yang sangat dikenal di komik. Dari sinilah, banyak lahir karakter kondang Marvel. Lokasi ini pulalah yang disebut-sebut sebagai tempat lahirnya New Mutants.

Baca Juga: Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

Banyak hal yang terjadi di Madripoor jika ditilik dari komik Marvel. Penggemar MCU baru diperkenalkan lokasi ini di The Falcon and the Winter Soldier. Namun begitu, banyak fakta menarik yang terdapat di Madripoor dan punya banyak pengaruh pada perjalanan cerita Marvel. Dikutip dari CBR, berikut 10 fakta tentang Madripoor.



1. Lokasi Madripoor
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Di komik, Madripoor adalah sebuah negara di sebuah pulau di Selat Malaka, yaitu di antara Singapura dan Sumatera. Pulau ini dibuat berdasarkan sebagian Singapura. Di The Falcon and the Winter Soldier, Bucky mengatakan, Madripoor terletak di kepulauan Indonesia.

Pulau ini memiliki dialek Asia dan menjadi salah satu ibu kota bisnis di Pacific Rim, meski hanya memiliki satu kota utama. Namun, di Madripoor versi MCU, tak terlihat orang Asia di tempat ini. Negara ini juga merupakan sarang penjahat karena negara tidak mengizinkan ekstradisi.

2. Divisi Geografis
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Pulau ini punya faktor geografis karena cara memecah kelas mereka. Madripoor adalah nama ibu kota Madripoor. Negara ini terbagi menjadi dua kawasan. Dua kawasan ini dikenal sebagai High Town dan Low Town. High Town adalah tempat orang kaya. Sedangkan, Low Town adalah tempat orang-orang yang berkubang dalam kemiskinan.



3. Pertemuan heroik
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Pulau Madripoor adalah lokasi yang sangat bersejarah bagi pertemuan dua karakter di jagat Marvel. Seperti tempat lain di dunia, pulau kecil ini terdampak Perang Dunia II yang terjadi di seluruh Asia Pasifik. Captain America pernah berada di pulau ini untuk melawan pasukan musuh. Di lokasi ini pulalah dia kali pertama bertemu Wolverine. Mereka bersatu dan memulai persaudaraan selama puluhan tahun.

4. Warisan perompak
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Warisan pulau ini bukanlah yang akan dibanggakan tempat lain. Madripool terus menerus menjadi sarang aktivitas kriminal yang seolah mengokohkan citranya sebagai sisi salah hukum, terutama jika itu memberikan keuntungan finansial. Pada awalnya, pulau ini adalah tempat suaka para perompak. Mereka menggunakannya sebagai markas tanpa khawatir ditangkap. Ini artinya ada lebih banyak orang kaya di pulau itu yang merupakan penjahat, yang menciptakan susunan kelas sosial yang aneh.

5. Kaitan mutan
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Madripoor punya sejarah panjang dengan mutan dan X-Men. Pulau ini punya sejumlah penguasa yang memiliki pemikiran yang sangat berbeda tentang mutan. Namun, Logan sangat terkait pulau ini karena pernah menjadi pelindungnya. Inilah mengapa dia dan Captain America bertemu. Wolverine juga lama bermusuhan dengan Hand di area ini, yang memiliki imajinasi kuat terhadap Madripoor.

Baca Juga: Madripoor MCU Disebut Berada di Kepulauan Indonesia

6. Invasi alien
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Pemimpin alien dan pembangun kekaisaran, Khan memutuskan meluncurkan serangan terhadap Bumi untuk menjadikannya sebagai satu dari sekian banyak masyarakat yang dia takhlukkan. Namun, dia tidak mengira akan menghadapi kekuatan besar dari X-Men. Invasi itu awalnya dimulai di Madripoor dan ini menjadi hub aktivitas alien. Khan kemudian dikalahkan, meskipun tidak sebelum dia berusaha menjadikan Storm sebagai istrinya. Madripoor kembali pulih setelah peristiwa ini.

7. Ada naga di bawahnya
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Alasan mengapa Hand sangat tertarik pada Madripoor adalah apa yang ada di bawahnya. Ternyata, ada dragon besar di bawah tanah pulau itu dan seluruh Madripoor ditopang naga tersebut. Hand berharap bisa membangunkan makhluk itu demi keuntungannya sendiri. Mereka berhasil, dengan naga itu menjadi bagian dari kekuatan mereka yang terus tumbuh.

8. Horus
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Seperti lokasi lain di semesta Marvel, Madripoor juga punya pahlawannya sendiri, selain Wolverine. Dengan menggunakan Tongkat Koptik, pria yang dikenal sebagai Tarik Fayad menjadi pahlawan Horus. Berdasarkan dewa Mesir, dia akan memerangi kejahatan. Sayang, ceritanya tidak berakhir bahagia. Grand Ward, nama yang segera akrab dengan para penggemar serial Marvel, mencuri salah satu kostum Iron Man dan menjadi Iron Man palsu. Dia menggunakannya untuk membunuh Horus, demi membuktikan kekuatan senjatanya.

9. X-Mansion
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

X-Men memang punya sejarah panjang dengan pulau ini. Bahkan, mereka benar-benar membangun markas di sini. Sama seperti Avengers Mansion, X-Mansion juga berpindah-pindah kalau diperlukan. Karena menjadi tempat suaka dari hukum internasional dan tempat di mana mutan diterima, Madripoor terasa menjadi tempat sempurna bagi tim baru mutan. Itu tidak akan abadi, tapi pernah menjadi tempat aman untuk sementara waktu.

10. Sudah disebut di MCU
10 Fakta Menarik Tentang Madripoor dari Jagat Marvel

Madripoor secara resmi sudah tampil di MCU sekarang. Namun, jauh sebelum tempat ini muncul di The Falcon and the Winter Soldier, namanya sudah pernah terucap di film sebelumnya. Maria Hill benar-benar pernah menyebut tempat ini secara singkat di film Avengers . Selama menjadi agen SHIELD, Maria menghabiskan waktu bekerja dari Madripoor.


(alv)
Share: