Madripoor MCU Disebut Berada di Kepulauan Indonesia

Madripoor MCU Disebut Berada di Kepulauan Indonesia
Madripoor disebut berada di kepulauan Indonesia di The Falcon and the Winter Soldier. Penjelasan ini agak berbeda dengan yang pernah terungkap di komik Marvel. (Screengrab/Disney Plus Hotstar)
Madripoor adalah pulau fiktif yang muncul di komik Marvel pada 1985 di New Mutants. Kawasan ini terletak di Selat Malaka, di antara Sumatera dan Singapura. Namun, episode 3 The Falcon and the Winter Soldier menyebut, Madripoor terletak di kepulauan di Indonesia.

Di episode 3 serial itu, Bucky menjelaskan dimana letak Madripoor kepada Sam. Falcon tidak tahu letak Madripoor dan mengapa tempat tersebut terdengar sangat penting. Dalam perjalanan ke Madripoor dengan pesawat terbang pribadi Zemo, Bucky menjelaskannya kepada Sam.

“Madripoor adalah negara pulau di Kepulauan Indonesia. Itu adalah tempat suaka para bajak laut pada 1800an,” kata Bucky.

Madripoor MCU Disebut Berada di Kepulauan Indonesia




Zemo kemudian melanjutkan penjelasan tersebut. Menurut Zemo, tempat itu tidak mengenal hukum. Ini membuat ketiga orang itu harus pergi ke sana dengan hati-hati. Meski Zemo dan Bucky tampil sebagai diri mereka sendiri, Sam tampil dengan penyamaran sebagai Conrad Mack alias Smiling Tiger.

Baca Juga: Madripoor Muncul di Episode 3 The Falcon and the Winter Soldier

Penjelasan Bucky itu agak berbeda dengan Madripoor yang selama ini dikenal di jagat komik Marvel. Di komik, Madripoor disebut terletak di antara Sumatera dan Singapura, atau bagian barat daya Singapura. Negara ini juga dibuat berdasarkan Singapura. Negara kota ini terbagi atas dua wilayah, yaitu Low Town dan High Town. Kedua wilayah ini merepresentasikan kesenjangan sosial ekstrem di Madripoor yang disebut sebagai tempat untuk yang sangat kaya dan sangat miskin.



Sama seperti di komik, Marvel Cinematic Universe (MCU) juga menyebut Madripoor dulunya adalah tempat persembunyian para perompak dan tidak tahu hukum. Tempat ini juga tidak mengizinkan ekstradisi penjahat. Namun, ini adalah salah satu ibu kota bisnis Pacific Rim dengan Pusat Perdagangan sendiri.

Dikutip dari Wikipedia, negara itu pernah diambil alih HYDRA dengan Madame Hydra menjadi penguasa de factonya. Dia menggunakan negara itu untuk mendanai rencana teroris. Efek sampingnya bisa terlihat di Spider-Woman: Agent of SWORD. Operasi teroris HYDRA menyebabkan kematian ribuan orang. Iron Man dan SHIELD kemudian menggulingkan rezim HYDRA dan menyerahkan negara itu ke tangan Tyger Tiger, karena dia satu-satunya orang yang akan diikuti warga. Tony Stark ingin ada orang yang memerintah Madripoor dengan benar tanpa ada orang lain untuk mengawasi dan memastikan situasi itu tidak terulang.

Baca Juga: Isaiah Bradley, Captain America yang Terlupakan di MCU

Selain itu, pulau ini juga punya sejarah panjang dengan mutant dan X-Men. Logan alias Wolverine juga mempunyai kaitan terhadap pulau itu. Wolverine telah menjadi pelindungnya selama beberapa waktu. Inilah mengapa dia dan Captain America pernah bertemu. Wolverine juga punya permusuhan lama dengan Hand di area ini, yang punya imajinasi kuat dengan Madripoor.

Munculnya Madripoor di MCU membangkitkan harapan penggemar bahwa Marvel akan memperkenalkan para mutan mereka dalam waktu dekat. Kawasan ini memang sangat lekat dengan mutan. Namun, yang lebih menarik, Madripoor sering kali menjadi lokasi pertempuran para superhero Marvel.


(alv)
Share: