Unik! Sudah Coba 'Gim yang Bisa Bermain Sendiri' Belum?

Senin, 22 Maret 2021 - 15:28 WIB
loading...
Unik! Sudah Coba Gim yang Bisa Bermain Sendiri Belum?
Tahu Bulat jadi salah satu permainan idle game yang bisa bekerja sendiri tanpa harus dimainkan terus-menerus. Foto/Facebook Tahu Bulat
A A A
JAKARTA - Kalau kalian pencinta gim sejati, sudah coba belum gim yang unik yang disebut idle game? Idle gameadalah ‘permainan diam’ atau ‘permainan menganggur’ yang bisa bermain sendiri tanpa harus dimainkan.

Maksudnya adalah, cara bermainnya tinggal klik-klik saja, alias tidak sulit. Jenis gim ini juga sering disebut sebagai clicker game.

Idle game sebenarnya sudah ada sejak 19 tahun yang lalu. Saat itu, idle game yang pertama kali muncul ialah Progress Quest pada 2002. Namun, kian tahun gim ini semakin populer karena keunikannya.

Konsep idle game adalah kamu tidak sedang memainkan gim tersebut, maka gim tersebut tetap beroperasi sendiri dan menghasilkan suatu pencapaian.

Hal inilah yang membuat para gamer senang karena meskipun mereka punya kesibukan beraktivitas dan tidak sempat untuk memainkan gim tersebut, tapi ketika mereka kembali membuka gim tersebut, mereka akan tetap mendapatkan pencapaian yang tinggi.

Unik! Sudah Coba 'Gim yang Bisa Bermain Sendiri' Belum?

Foto: Facebook Progress Quest

Sebagai perbandingan, kalau kamu main gim strategi Clash Of Clans. Kamu akan kesal kalau tidak membuka gim tersebut dalam waktu yang lama dan ternyata kota milikmu hancur karena diserang oleh pemain lain.

Namun, dalam idle game, kamu tidak akan merasakan hal tersebut karena saat kamu tidak memainkan gim tersebut, segala aktivitas dan pencapaian tetap berjalan dengan semestinya.

Baca Juga: 7 Perbedaan Besar Antara Justice League 2017 dan Snyder's Cut

Beberapa gim tersedia dalam versi daring maupun luring, sehingga para gamer bisa menikmati gim ini meski sedang menghemat data internet maupun menghemat baterai.

Kemudahan lainnya juga kamu tidak butuh strategi atau rencana yang rumit. Berbeda dengan gim battle royale seperti PUBG Mobile atau Free Fire yang membutuhkan strategi untuk mendapatkan kemenangan, idle gametidak butuh strategi rumit seperti itu sehingga pencapaian pun mudah didapatkan.

Unik! Sudah Coba 'Gim yang Bisa Bermain Sendiri' Belum?

Foto:Facebook Dig Tycoon

Meski begitu, bukan berarti idle game tidak menantang.Tantangan dalam gim tersebut ialah semakin tinggi level yang mau kamu capai, maka harga beli untuk barang akan semakin tinggi pula. Kamu juga harus selalu meningkatkan barang hingga ke level tertinggi, jadi kamu harus lebih giat lagi untuk mengumpulkan uang.

Salah satu contoh idle game yang populer, yaitu Tahu Bulat. Tahu Bulat adalah gim asal kreator Bandung, yaitu Own Games. Gim ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali. Bahkan ketenarannya sempat mengalahkan gim sekelas Clash of Clans.

Sesuai dengan konsep idle game, cara memainkan Tahu Bulat cukup diklik-klik saja. Cerita dari gim ini adalah kamu harus membantu seorang pedagang Tahu Bulat dalam menjual makanan mereka.

Unik! Sudah Coba 'Gim yang Bisa Bermain Sendiri' Belum?

Foto:Facebook Tahu Bulat

Dengan mengklik saja pada gim ini, kalian sudah bisa mendapatkan uang. Bahkan, kalau kamu sering mengkliknya, maka akan lebih menghasilkan banyak uang.

Tantangan pada gim tersebut ialah kamu harus mengklik sebanyak mungkin agar uang bisa bertambah dengan cepat. Kemudian kamu juga harus selalu memperbarui-barang-barang, seperti mobil, penggorengan, kipas angin, dan sebagainya, termasuk juga bahan makanan seperti tahu, cabai, bumbu, dan lainnya untuk meningkatkan pendapatan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Pendek yang bisa Ditonton Gratis

Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk bermain, tentu idle gamesalah satu jawabannya. Dari gim Tahu Bulat ini, kamu tetap akan mendapatkan banyak pelanggan dan juga penghasilan yang tinggi meskipun kamu tidak memainkan gim tersebut.

Seru dan menarik banget, ya. Bisa banget dicoba untuk menambah variasi gim kamu, nih!

Tissa Conia Motumona
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @tissaconia
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)