Dituding Plagiat, Ini Kesamaan Drakor Black Knight dan Game Death Stranding

Rabu, 17 Mei 2023 - 10:59 WIB
loading...
Dituding Plagiat, Ini Kesamaan Drakor Black Knight dan Game Death Stranding
Drakor Black Knight dituduh plagiat game Death Stranding karena kesamaan latar cerita dan tokoh utamanya. Foto/Netflix, Sony Interactive Entertainment
A A A
JAKARTA - Drama Korea Black Knight dituding plagiat dari game Death Stranding karena punya beberapa kesamaan dengan game buatan Hideo Kojima yang dirilis pada 2019 itu.

Black Knight adalah drama Netflix yang baru tayang pada 12 Mei lalu. Serial apokaliptik ini dibuat sebanyak enam episode dan sudah tayang seluruhnya. Drama yang dibintangi Kim Woo-bin ini juga mendapat respons bagus dari penonton berkat visual dan adegan laganya.

Beberapa ulasan untuk Black Knight menyebut bahwa serial ini seperti perpaduan antara film Mad Max dan game Death Stranding. Dari sini, lantas muncul tuduhan bahwa Black Knight melakukan plagiat atas Death Stranding.


Kesamaan Black Knight dan Death Stranding

Black Knight dan Death Stranding memang punya kemiripan, terutama dari sisi premis ceritanya. Keduanya sama-sama menceritakan tentang seorang kurir yang jago berkelahi dalam latar dunia apokaliptik alias pascabencana besar. Lokasinya pun sama-sama di gurun.

Dalam game Death Stranding, karakter utamanya adalah Sam Porter Bridges. Ia adalah seorang kurir paruh waktu yang mengantarkan segala keperluan masyarakat.

Saat itu - atau beberapa tahun dari sekarang - dunia tengah menderita pasca terjadinya ledakan misterius. Hanya sedikit orang yang selamat. Ledakan ini juga memicu terjadinya berbagai rentetan kejadian aneh tak masuk akal yang disebut sebagai Death Stranding.

Kejadian aneh ini termasuk munculnya beberapa makhluk asing yang menginvasi Bumi dan membuat kiamat dunia semakin dekat. Dari sini, Sam harus melintasi gurun demi menyelamatkan umat manusia dari kehancuran sekaligus menghubungkan para penyintas.

Sedangkan Black Knight juga berlatar tak jauh dari masa kini, yaitu pada 2071. Tokoh utamanya adalah seorang kurir dengan kode 5-8 yang tugasnya mengantarkan oksigen dan kebutuhan penting lainnya ke masyarakat.

Tugasnya ini berat karena saat itu manusia tidak bisa bernapas tanpa bantuan masker oksigen. Dalam menjalankan tugasnya, 5-8 juga tak cuma harus menghadapi kerasnya gurun, tapi juga para gangster yang siap menyerang.

Tak cuma melawan musuh, 5-8 juga berusaha menyelamatkan para pengungsi, masyarakat yang disingkirkan oleh kelas menengah ke atas yang memiliki kekuasaan tinggi pascabencana.

Selain kesamaan premis dan latar tempat, pesan yang dibawa oleh Black Knight dan Death Stranding juga sama, yaitu misi kemanusiaan menyelamatkan umat manusia.


Bantahan Sutradara Black Knight soal Plagiarisme

Atas tuduhan menyontek materi Death Stranding, sutradara Black Knight Cho Ui-seok langsung membantahnya. Melalui MK Sports, ia mengatakan bahwa Black Knight diadaptasi dari webtoon berjudul sama karya Lee Yoon-gyun yang dirilis pada Desember 2016.

Dengan begitu, tuduhan bahwa Black Knight menyontek dari game Death Stranding tidak masuk akal.

Sebenarnya, teaser trailer game Death Stranding dan konsepnya juga sudah dirilis sejak Juni 2016 dalam acara The Electronic Entertainment Expo 2016 (E3 2016). Meski begitu, saat itu belum ada keterangan tentang premis ceritanya, terutama terkait karakter kurir.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2596 seconds (0.1#10.140)