7 Ide Permainan untuk Tingkatkan Kerja Sama, Cocok untuk Team Bonding

Sabtu, 06 Mei 2023 - 14:37 WIB
loading...
7 Ide Permainan untuk Tingkatkan Kerja Sama, Cocok untuk Team Bonding
Berbagai permainan seru bisa dipakai untuk mempererat hubungan dan persatuan tim. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Banyak ide permainan seru yang dapat meningkatkan kerja sama seseorang. Melihat tujuannya, permainan ini cocok dilakukan bersama teman sekolah, teman kantor, ataupun keluarga yang tengah kumpul bersama.

Tak hanya menyajikan aktivitas yang menyenangkan, keseruan yang didapat saat bermain juga membawa manfaat lain seperti meningkatkan kekompakan dan keakraban antara satu sama lain.

Lantas, apa sajakah ide permainan seru yang bisa meningkatkan kerja sama? Berikut ulasannya.


1. The Mine Field

Mine Field akan melibatkan banyak orang yang nantinya dibagi menjadi beberapa kelompok. Permainan dilakukan di area luas seperti lapangan, lahan parkir kosong, hingga taman.

Cara bermain:
Pada tempat yang sudah ditentukan, panitia akan menyebar barang-barang seperti bola, botol, dan sebagainya yang menjadi objek permainan. Setelahnya, buat juga rute tertentu sebagai patokan titik mulai dan titik selesai bagi pemain.

Berikutnya, buatlah tim dalam jumlah genap. Kemudian, pilih salah satu anggota kelompok untuk ditutup matanya.

Nantinya, anggota lainnya akan berperan sebagai pemandu. Tugasnya adalah mengarahkan anggota yang matanya ditutup untuk melewati rute yang telah ditentukan tanpa menginjak benda-benda yang sebelumnya sudah disebar.

2. Gambar Tanpa Suara

Cara bermain:
Pertama, bagi peserta menjadi beberapa tim. Nantinya, setiap orang dari masing-masing mengambil satu kartu dari wadah secara bergantian.

Setelahnya, dia harus menggambarkan apa yang tertera pada kartu tersebut. Namun, dengan catatan tidak diperbolehkan menggunakan suara. Manfaat dari permainan ini adalah menumbuhkan rasa pengertian serta meningkatkan kerja sama antar anggota kelompok.

3. Menulis dengan Benang

Cara bermain:
Pertama, silahkan membagi peserta ke beberapa kelompok. Kemudian, ikatkan beberapa benang atau tali pada spidol di bagian area tutup sampai ujung belakangnya.

Nantinya, ujung benang/tali akan dipegang oleh seorang anggota kelompok. Sementara anggota lain akan bergerak menyebar ke seluruh arah. Tujuannya adalah untuk menulis sebuah kata pada secarik kertas.

Permainan ini akan memperkuat kerja sama para anggota tim. Terutama dalam hal mengendalikan tarik-ulur benang tersebut. Dari sini, mereka diharuskan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif secara bersama-sama.

4. Scavenger Hunt

Cara bermain:
Sebelum memulai permainan, bagi peserta menjadi dua kelompok. Setelahnya, panitia akan membuat daftar tugas yang harus segera diselesaikan oleh tim tersebut.

Sebagai contoh, tugas tersebut bisa seperti mengajak selfie orang tak dikenal, memotret bangunan asing, dan lain sebagainya. Tim yang pertama kali menyelesaikan tugasnya akan menjadi pemenang.

Tujuan dari permainan ini adalah meningkatkan hubungan kerja sama dan kesepahaman antar-anggota kelompok.

5. Pesawat Kertas

Cara bermain:
Bagi peserta menjadi beberapa tim dengan anggota masing-masing 2 atau 3 orang. Setelahnya, berikan mereka kertas dengan ukuran A1.

Instruktinya adalah setiap tim harus melipat kertas tersebut menjadi sebuah pesawat kertas berbentuk apa saja. Jika sudah jadi, cobalah untuk menerbangkannya. Pemenang ditentukan dari pesawat kertas mana yang paling jauh.

6. Tebak Benda

Cara bermain:
Pada beberapa tim yang sudah dibagi, berikan sebuah benda ke salah satu anggotanya. Nantinya, dia harus maju dan mendemonstrasikan kegunaan dari benda tersebut, tapi di luar fungsi sebenarnya.

Kemudian, secara bergiliran anggota tim lainnya harus menebak benda yang dimaksud. Tak boleh berbicara dan petunjuk hanya dilakukan melalui gerakan saja. Agar lebih seru, bisa ditambahkan tenggat waktu menjawabnya.


7. Human Knot

Cara bermain:
Semua anggota tim berdiri dalam lingkaran dan menghadap satu sama lain. Kemudian, setiap orang nantinya harus menjulurkan tangan kanannya dan mengambil tangan seseorang di depannya secara acak.

Beralih ke kiri, sama seperti tadi mereka mengeluarkan tangan kirinya dan mengambil tangan orang lain. Dalam waktu yang telah ditetapkan, tim ini harus melepaskan ikatan tanpa melepaskan tangan mereka.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)