Makna di Balik Ucapan Joker 'We Live in a Society' dalam Trailer 'Zack Snyder's Justice League'

Selasa, 16 Februari 2021 - 13:18 WIB
loading...
Makna di Balik Ucapan Joker We Live in a Society dalam Trailer Zack Snyders Justice League
Jared Leto kembali menjadi Joker dalam film Zack Snyders Justice League, tapi dengan penampilan berbeda. Foto/Twitter @JaredLeto, Warner Bros
A A A
LOS ANGELES - Dalam trailer film " Zack Snyder's Justice League " yang dirilis pada Minggu (14/2) lalu, Joker yang diperankan Jared Leto mengucapkan kalimat 'We live in a society'.

Kalimat lengkap yang diucapkan Joker adalah 'We live in a society where honor is a distant memory' atau kurang lebih berarti 'Kita hidup di tengah masyarakat yang melihat kehormatan (harga diri) hanya sebatas kenangan'.



Saat trailernya dirilis, ucapan Joker 'We live in a society' langsung menjadi trending di Twitter. Pertanyaannya, apa yang istimewa dari ucapan ini?

Sebenarnya, kalimat tersebut sudah lama identik dengan sosok Joker, setidaknya sejak 2015. Padahal, Joker tidak pernah sekalipun mengucapkan kalimat tersebut. Satu-satunya alasan kalimat itu dilekatkan kepada sang badut penjahat itu adalah karena dianggap cocok dengan karakternya yang pemberontak, tak mau mengikuti aturan dan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

Mengutip CBR, asal mula kalimat "We live in the society" adalah dari serial televisi populer "Seinfield". Dalam episode "The Chinese Restaurant" yang tayang pada 1991, karakter George Costanza saat itu digambarkan sedang antre di telepon umum dengan penuh emosi.

Dia lalu berkata, "You know, we are living in a society! We're supposed to act civilized!" yang artinya "Kamu tahu, kita hidup di tengah masyarakat! Perilaku kita harus beradab!".

Baca Juga: 12 Hal Penting dari Trailer Film ‘Zack Snyder’s Justice League’

Makna di Balik Ucapan Joker 'We Live in a Society' dalam Trailer 'Zack Snyder's Justice League'

Foto: Twitter @JaredLeto/Warner Bros

Mengutip Mashable, kalimat 'We live in society' pun lalu digunakan oleh sekelompok orang untuk menggambarkan diri mereka yang punya pemikiran berlawanan dari kalimat tersebut. Mereka mengolok-olok orang yang dianggap 'bagai domba' karena masih saja menuruti norma klasik yang ada di masyarakat.

Dalam perjalanannya, kalimat tersebut justru berubah jadi meme untuk mengolok-olok kelompok tersebut di atas. Meme kalimat tersebut malah dipakai untuk mengejek mereka secara implisit bahwa 'pemikiran mereka enggak sekeren dan sedalam itu'.

Kembali ke Joker, begitu populernya kalimat ini dengan sosoknya, sampai-sampai pernah ada petisi yang meminta Warner Bros selaku pemegang lisensi film-film dari DC Comics untuk membuat Joker versi Joaquin Phoenix untuk mengucapkan kalimat populer itu.

Baca Juga: 8 Film Seru Bertema 'Lockdown', dari Horor Thriller hingga Komedi Satire

Dalam petisi yang dibuat di change.org, sampai ada 58 ribu orang yang menandatanganinya. Mereka meminta film "Joker" memuat adegan spesifik seorang anak yang bermain gim Fortnite di ponselnya di sebuah restoran, sementara kakeknya membaca buku.

Makna di Balik Ucapan Joker 'We Live in a Society' dalam Trailer 'Zack Snyder's Justice League'

Foto: Warner Bros

"Lalu dia (Joker) melihat mereka, dan berkata, "Sial, kita hidup di tengah masyarakat (ini)", demikian yang tertulis di petisi itu, sambil menambahkan bahwa saat mengucapkan kalimat tersebut, Joker menatap kamera, seolah-olah berbicara langsung ke penonton.

Tentu saja, kita tahu bahwa tuntutan ini tak dipenuhi oleh Warner Bros dan sutradara "Joker", Matt Reeves. Siapa sangka, kita malah bisa melihatnya dalam trailer film "Zack Snyder's Justice League". Keruan, fakta ini membuat semua orang yang akrab dengan kalimat dan meme 'We live in society' pun heboh.

Dalam konteks apa dan bagaimana kelanjutan ucapan 'We live in society' versi Joker Jared Leto, tentunya kita mesti menunggu hingga 18 Maret mendatang. Film ini akan tayang di HBO Max dengan durasi empat jam.

Baca Juga: Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Film "Zack Snyder's Justice League" dibintangi Ben Affleck (Batman), Gal Gadot (Wonder Woman), Henry Cavill (Superman), Amy Adams (Lois Lane), Jason Momoa (Aquaman), Ezra Miller (The Flash), Ray Fisher (Cyborg), Jeremy Irons (Alfred Pennyworth), Diane Lane (Martha Kent), Ray Porter (Darkseid), Ciarán Hinds (Steppenwolf), Jesse Eisenberg (Lex Luthor), dan J.K. Simmons (Komisaris Gordon).
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)