Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!
Serial antologi horor asal Korea Selatan, Goedam, bikin penasaran karena ceritanya yang terlalu singkat dan tanpa latar belakang. Foto/Netflix
JAKARTA - Buat kamu yang bingung, penasaran, dan jadi overthinking gara-gara nonton serial antologi horor "Goedam", yang berikut ini bisa menjawab pertanyaan kamu.

Serial asal Korea Selatan "Goedam" yang tayang di Netflix sejak 19 Agustus lalu memang unik. Durasi per episodenya sangat-sangat pendek.

Yang terpendek cuma 7 menit, sementara yang paling panjang cuma 15 menit. Total durasi dari keselurahan 8 episode cuma 72 menit, alias 1 jam 12 menit.

Karena durasi yang superpendek, ceritanya pun tanpa basa-basi, seolah-olah cuma berisi adegan klimaks saja, tanpa ada latar belakang cerita dan para karakternya.

Inilah yang bikin banyak penonton kebingungan, karena jadi susah untuk mendapatkan inti atau maksud cerita per episodenya.

Ujung-ujungnya, penonton cuma bisa menikmati adegan horornya saja, sambil bertanya-tanya maksud sebenarnya dari si pembuat film. (Baca Juga: Serial Ju-On: Origins, Penjelasan Lengkap Lini Masa dan Peristiwanya )

Nah, sebenarnya kalau kamu perhatikan, ada kesamaan lokasi dan karakter dari beberapa episode, yang bisa jadi adalah sebuah kode bahwa sebenarnya semua cerita dalam episode ini saling terkait.

Teori yang bisa dibuat untuk menjelaskan "Goedam" adalah seperti ini. Pertama, semuanya terjadi dalam semesta yang sama. Kedua, ceritanya adalah tentang terbukanya pintu ke sebuah dimensi lain, dunia paralel, yang akhirnya menuntun pada banyaknya kejadian horor yang terjadi di seluruh episode "Goedam".

Masih bingung? Wajar, karena menurut GenSINDO, cerita "Goedam" tidak disusun secara kronologis. Cerita dibikin acak supaya penonton berpikir sendiri, menyusun puzzle-puzzle yang membingungkan supaya jadi cerita utuh.

Nah, menurut GenSINDO, semestinya beginilah urutan menonton "Goedam", yang nantinya bisa menjelaskan inti cerita sebenarnya.

Perhatian, artikel ini mengandung spoiler dan membeberkan keseluruhan cerita. Jadi buat kamu yang belum menonton dan anti dikasih bocoran cerita, baiknya berhenti membaca sampai di sini.

1. EPISODE 8: BIRTH


Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Sesuai judulnya, episode terakhir ini justru adalah episode awal yang memulai segalanya. Dalam episode ini, seorang dukun perempuan mempraktikkan yeommae, aksi menculik seorang anak, membuatnya kelaparan, lalu menguasai ruhnya.

Tapi aksi ini berujung kutukan buat si dukun, membuatnya mati dengan perut menganga lebar setelah 'melahirkan' bayi dengan wujud menyeramkan, dengan badan yang seperti bersisik merah.

Bayi ajaib inilah yang membuka kisah terbukanya pintu antardimensi, yang terwujud dalam bentuk lift, yang kisahnya ada dalam episode keenam.

2. EPISODE 6: DIMENSION

Penjelasan Serial Horor Goedam, Semua Episode Saling Terkait!

Foto: Netflix

Episode ini menceritakan dua orang polisi yang menyelidiki sebuah pembunuhan di lift. Disebutkan, lift tersebut bisa mengantarkan kita ke dimensi yang lain, dan beberapa orang sudah melakukannya.

Nah, pada adegan pembuka, seorang pemuda digambarkan masuk ke lift dan seperti diserang sesuatu yang tak kasat mata. Adegan berikutnya, ada mayat laki-laki di lift yang sama. Kita akan berpikir bahwa itu adalah orang yang sama. Tapi coba kamu perhatikan, bahwa jaket yang dipakai pemuda pada adegan pembuka berbeda dengan jaket yang dipakai si mayat. Jaket si mayat justru sama dengan jaket yang dipakai salah satu polisi.
halaman ke-1
Share: