Ini Alasan Tony Stark Tak Wariskan Iron Man kepada War Machine

Senin, 28 Desember 2020 - 22:27 WIB
loading...
Ini Alasan Tony Stark Tak Wariskan Iron Man kepada War Machine
Ada alasan mengapa Tony Stark tidak mewariskan kostum dan titel Iron Man kepada sahabatnya, James Rhodey Rhodes alias War Machine pasca Avengers: Endgame. (Screen Crush)
A A A
Hingga Fase 3 Marvel Cinematic Universe (MCU) berakhir, Iron Man adalah satu-satunya Avenger yang tidak mewariskan mantelnya. Dia juga menjadi satu-satunya Avenger tanpa pengganti di franchise ini. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan dan spekulasi tentang kelangsungan sosok Iron Man di Avengers dan juga MCU.

Salah satu pertanyaan terbesar yang muncul adalah mengapa Tony Stark tidak mewariskan mantel Iron Man-nya kepada sahabatnya, James “Rhodey" Rhode alias War Machine. Padahal, ini adalah hal paling masuk akal dibandingkan jika Tony mewariskan Iron Man kepada Peter Parker alias Spider-Man . Ini juga yang membedakan Tony dengan Steve Rogers . Di akhir Avengers: Endgame, Steve yang menemukan ketenangan hidup, mewariskan tameng Captain America-nya kepada Sam Wilson alias Falcon.

Tindakan Steve ini membuat sosok Captain America tetap hidup di dunia MCU, meski pemegang tamengnya berbeda. Sementara, Iron Man mati bersama Tony di akhir Endgame. Rhodey akan tetap menjadi War Machine dan tidak berubah menjadi Iron Man. (Baca Juga: Iron Man, Satu-Satunya Anggota Asli Avengers Tanpa Penerus di MCU )

Tony bukannya tak punya kesempatan untuk menunjuk penggantinya. Dia punya waktu. Sebelum bertempur dengan Thanos , Tony sudah merekam pamitannya kepada putrinya, Morgan. Dia membuat rekaman video itu sebagai jaga-jaga kalau dia bakal mati dalam pertempuran besar itu. Menurut Sreen Rant, jika Tony sudah memikirkan pamitannya, dia mungkin juga mengobrol dari hati ke hati dengan Rhodey. Bisa jadi, Tony telah membahas tentang kostum dan titel Iron Man jika dia tidak selamat dari pertempuran itu. Apalagi, ini adalah tema umum di komik dengan karakter asli mewariskan warisan mereka kepada karakter yang lebih muda agar nama mereka tetap ada.

Namun, Tony adalah superhero yang sangat berbeda. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa War Machine tidak diwariskan kostum Iron Man seperti Sam mendapatkan tameng Captain America. Salah satunya, hubungan Tony dengan Iron Man selalu rumit. Superhero seperti Spider-Man dan Captain America menganggap menjadi supehero sebagai sebuah kehormatan dengan kejujuran yang dari awal dimulai dengan hasrat alamiah untuk membantu orang lain. Sementara, Tony menganggapnya sebagai sarana menebus dosa masa lalu dan untuk menyeimbangkan skala. Apa yang diawali sebagai sebuah kompensasi karena menjadi orang yang menarik keuntungan dari perang menjadi sebuah kutukan ketika lubang besar menganga di langit dan membuka jalan ke Perang New York. Dari situlah, Tony mendekati menjadi Iron Man dengan sedikit obsesi kelam, otak jeniusnya melawannya ketika dia menunjukkan semua potensi kemungkinan kehancuran kalau dia gagal. Bagi Tony, menjadi Iron Man bukanlah anugerah, tapi sebuah beban. Beban yang tidak pernah dia inginkan untuk dipindahkan ke pundak sahabatnya. (Baca Juga: Deretan Film Marvel yang Lanjutkan Cerita 'Avengers: Endgame ')

Alasan lain mengapa Tony tidak mewariskan Iron Man kepada Rhodey adalah karena itu tidak perlu, terutama jika dibandingkan dengan bagaimana Steve memberikan tamengnya kepada Sam. Captain America tidak selalu harus Steve Rogers. Dia bukanlah manusia, tapi sebuah ide dan tameng yang dia pegang adalah simbol ide itu. Jadi, penting kalau mantel Captain America harus terus diturunkan. Orang-orang harus melihat Avengers itu melawan kejahatan untuk mengingatkan kepada mereka tentang kebaikan.

Tony adalah Iron Man. Dua hal ini saling terkait erat. Ucapan, “Aku adalah Iron Man” dari film Iron Man (2008), adalah ucapan paling kondang dari Iron Man. Sementara Iron Man adalah seorang pahlawan dan anggota paling kondang Avenger, mantelnya tidaklah penting bagi kesadaran publik seperti halnya Captain America. Makanya, Tony tidak perlu mewariskan mantel Iron Man kepada War Machine. Malahan, Rhodey sekarang bisa bebas melanjutkan langkahnya seperti yang dia mau tanpa beban berat seperti menjadi seorang Iron Man.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)