Sinema Indonesia Bersama Ichwan Persada

Review Film Imperfect: Ketidaksempurnaan Menjadikan Kita Manusia

Review Film Imperfect: Ketidaksempurnaan Menjadikan Kita Manusia
Film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan mengkritisi pandangan tentang perempuan yang harus tampil dengan standar kecantikan yang sama. Foto/Starvision Plus
Jakarta - Kita hidup di dunia yang dipenuhi kode. Berseliweran di segala lini, berkelindan di seantero waktu.

Hingga kita tak sadar betapa kode-kode itu menyelusup ke bawah benak sadar dan menyetel sebuah pemahaman baru. Salah satunya tentang sosok perempuan.

Kode-kode itu menjebak kita dengan pemahaman sempit bahwa perempuan bisa disebut cantik jika ia tinggi, langsing dan berkulit putih/mulus. Kode-kode itu menyerbu ke semua orang, tak terkecuali saya.

Saya adalah ayah dengan dua orang anak perempuan. Yang tertua terlahir cantik dengan standar yang kita pahami. (Baca Juga:Film Pendek Laka: Gagapnya Anak Muda Saat Ngebet Pansos)



Sementara adiknya terlahir dengan rupa biasa-biasa saja. Tanpa sadar, saya sempat membedakan perlakuan saya terhadap kedua anak perempuan saya itu hingga kesadaran baru datang pada saya: adiknya ternyata punya kualitas yang tidak dipunyai kakaknya, yaitu ia cekatan, gesit, selalu ingin tahu.

Review Film Imperfect: Ketidaksempurnaan Menjadikan Kita Manusia

Foto: Starvision Plus

Saya segera mengoreksi perlakuan berbeda itu dan menganggap kedua anak perempuan saya sama cantiknya. Kecantikan itu sesungguhnya tidak satu dimensi, ia tidak bisa dikategorikan dalam beberapa penilaian yang ajek. Kecantikan harusnya selalu lentur karena perempuan pun sangat heterogen.



Di rumah ibu Debby (Karina Suwandi), kita akan berhadapan langsung dengan Rara [Jessica Mila] dan Lulu [Yasmin Napper]. Rara sedari kecil memang terlahir gemuk dan berkulit sawo matang, sementara Lulu berkulit bersih dan langsing.
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss