Film

5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

Foto: tabloidxo.com

Nah, karena isi internet yang kita buka udah disesuaikan dengan minat kita, maka kita bakal melihat konten yang kita sukai atau mau aja. Di sinilah kita mulai terjebak filter bubble, yaitu saat kita merasa bahwa hal yang kita sukai atau opini kita terhadap sesuatu adalah pendapat mayoritas dari masyarakat.

Kita bakal menganggap pendapat yang berbeda dengan pendapat kita adalah pendapat yang salah atau culun, karena kita merasa orang-orang di internet berpendapat sama dengan kita. Padahal, yang terjadi di internet gak selalu sama dengan di dunia nyata.

Contoh yang diambil oleh film ini adalah tentang teori bumi datar. Orang yang suka dengan konten teori konspirasi bakal rentan terpapar konten rekomendasi tentang teori-teori konspirasi lainnya.

Inilah yang akhirnya bikin internet jadi membentuk diri kita, secara perlahan-lahan, tanpa kita sadari. Nah, nanti kita akan membahas bagian ini lebih detail lagi.

4. JURANG PERBEDAAN MAKIN TERBUKA LEBAR

5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

Foto: tabloidxo.com

Karena masing-masing pihak punya filter bubble-nya masing-masing, jadilah tiap perbedaan itu dipertemukan atau gak sengaja ketemu, maka drama dan pergelutan nyaris selalu terjadi di medsos.

Contoh yang terjadi di Indonesia udah sering banget terjadi, mulai dari urusan politik seperti pilkada dan pemilu sampai isu sosial seperti hinaan untuk SJW atau debat gak berujung soal feminisme.

Lebih parah lagi, kalau perbedaan ini ada yang ngomporin atau ada yang mendesainnya supaya terjadi jurang yang lebih lebar lagi. Film dokumenter "The Great Hack" yang juga tayang di Netflix bisa jadi contoh gambaran detailnya. (Baca Juga:5 Fakta Privasi Data dalam Film The Great Hack yang Bakal Bikin Kamu Ngeri Main Media Sosial)
halaman ke-3 dari 7
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss