5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

Rabu, 16 September 2020 - 16:46 WIB
loading...
A A A
Kita bakal menganggap pendapat yang berbeda dengan pendapat kita adalah pendapat yang salah atau culun, karena kita merasa orang-orang di internet berpendapat sama dengan kita. Padahal, yang terjadi di internet gak selalu sama dengan di dunia nyata.

Contoh yang diambil oleh film ini adalah tentang teori bumi datar. Orang yang suka dengan konten teori konspirasi bakal rentan terpapar konten rekomendasi tentang teori-teori konspirasi lainnya.

Inilah yang akhirnya bikin internet jadi membentuk diri kita, secara perlahan-lahan, tanpa kita sadari. Nah, nanti kita akan membahas bagian ini lebih detail lagi.

4. JURANG PERBEDAAN MAKIN TERBUKA LEBAR

5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

Foto: tabloidxo.com

Karena masing-masing pihak punya filter bubble-nya masing-masing, jadilah tiap perbedaan itu dipertemukan atau gak sengaja ketemu, maka drama dan pergelutan nyaris selalu terjadi di medsos.

Contoh yang terjadi di Indonesia udah sering banget terjadi, mulai dari urusan politik seperti pilkada dan pemilu sampai isu sosial seperti hinaan untuk SJW atau debat gak berujung soal feminisme.

Lebih parah lagi, kalau perbedaan ini ada yang ngomporin atau ada yang mendesainnya supaya terjadi jurang yang lebih lebar lagi. Film dokumenter "The Great Hack" yang juga tayang di Netflix bisa jadi contoh gambaran detailnya. (Baca Juga: 5 Fakta Privasi Data dalam Film The Great Hack yang Bakal Bikin Kamu Ngeri Main Media Sosial)

Sementara dalam film ini, contohnya diambil dari polarisasi yang makin lebar antara pendukung Partai Republik dan Partai Demokrat. Kalau di Indonesia, contoh yang pas adalah soal disinformasi yang sering dilakukan buzzer supaya masyarakat terbelah soal isu-isu tertentu.

5. BAHAYA YANG LEBIH BESAR: PUNAHNYA EKSISTENSI MANUSIA


5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

Foto: tabloidxo.com

Kembali ke soal filter bubble, jebakan ini membuat kita seolah punya dunia alias universe sendiri yang berbeda dengan orang lain. Bayangkan, semakin banyak filter bubble yang ada, maka semakin banyak orang hidup dalam dunia imajinasinya sendiri.

Inilah kenapa bisa ada perseteruan antara bumi bulat vs bumi datar, COVID-19 berbahaya vs COVID-19 gak nyata, dan sebagainya. Masing-masing pihak menganggap opini yang berseberangan dengannya adalah opini yang bodoh dangak masuk akal.

Contoh lainnya adalah betapa kini jumlah like, komentar, dan follower amat penting buat banyak orang. Validasi atau pengakuan dari orang lain jadi jauh lebih penting daripada kita melihat ke dalam diri kita sendiri soal apa yang kita inginkan dan yang bikin kita nyaman.

Jumlah teman di medsos jadi lebih membanggakan daripada teman yang kita punya di dunia nyata, padahal hubungan kita dengan mereka lebih nyata dibanding yang ada di medsos.

Singkat kata, perilaku dan cara berpikir kita berubah karena terpapar media sosial dan internet. Apa yang kita anggap penting dan gak penting jadi berkiblat kepada nilai yang ada di media sosial.

Parahnya, hal ini terjadi perlahan-lahan, tanpa kita sadari. Sebelum kita sadar, kita jadi bagai robot yang bisa ditebak emosi dan perilakunya oleh mesin kecerdasan buatan. Kalau sudah begini, apa kita masih bisa disebut manusia?

Nah, selain menyajikan fakta-fakta yang mengerikan soal internet dan media sosial, para narasumber untungnya memberi kita sedikit solusi. Sebagai individu, kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini supaya kita gak dimanipulasi oleh teknologi dan internet, termasuk medsos.

1. MATIKAN ATAU KURANGI NOTIFIKASI


5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

Foto: appuals.com
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)