Seberapa Seram Kuasa Gelap? Film Horor Kisah Nyata Pengusiran Setan

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 19:55 WIB
loading...
Seberapa Seram Kuasa...
Film Kuasa Gelap diangkat dari kisah nyata eksorsis atau pengusiran setan di Semarang. Foto/Paragon Pictures
A A A
JAKARTA - Kuasa Gelap adalah film horor yang kini tengah banyak ditonton di bioskop. Filmnya disebutkan berdasarkan kisah nyata pengusiran setan atau eksorsis.

Mengutip dari akun Instagram @kuasagelap.id, hari pertama penayangan Kuasa Gelap pada 3 Oktober kemarin menghasilkan 82.003 penonton. Adapun pada hari ini (4/10) atau hari kedua, jumlah layarnya ditambah menjadi 1.717 penayangan di 387 bioskop di seluruh Indonesia.

Kuasa Gelap mengisahkan upaya pastor atau Romo Thomas (Jerome Kurnia) dan Romo Rendra (Lukman Sardi) dalam mengusir setan yang bersemayam di tubuh anak SMA bernama Kayla (Lea Ciarachel). Kisahnya disebutkan berdasarkan cerita nyata yang terjadi di Semarang.



Nah, seberapa seram film Kuasa Gelap dalam menampilkan adegan-adegan horornya? Berikut ini ulasannya.

Elemen-Elemen Horor dalam Film Kuasa Gelap


1. Jumpscare

Seberapa Seram Kuasa Gelap? Film Horor Kisah Nyata Pengusiran Setan

Foto: Paragon Pictures

Jumpscare adalah resep klasik yang nyaris selalu dipakai oleh film-film horor, begitu juga dengan Kuasa Gelap.

Meski begitu, tak banyak adegan "kejutan tiba-tiba" dalam film horor ini. Dalam 15 menit awal film berjalan, hanya ada 2 adegan jumpscare. Namun setelah itu, bisa dibilang tidak ada adegan serupa yang muncul.

Jadi buat kamu yang suka nonton film horor tapi takut ketemu jumpscare, bisa dibilang Kuasa Gelap relatif aman untuk ditonton.

Level horor: 8

2. Penampakan Hantu

Seberapa Seram Kuasa Gelap? Film Horor Kisah Nyata Pengusiran Setan

Foto: Paragon Pictures

Penampakan hantu cukup banyak muncul dalam Kuasa Gelap. Penampakannya mayoritas adalah dalam bentuk sosok hantu perempuan dengan penampilan mirip suster.

Meski begitu, mayoritas penampakan hantu-hantu ini hanya dari jarak jauh alias tidak close-up. Meski begitu, ada 1-2 adegan yang cukup mengejutkan atau mengerikan saat sosok hantu ini muncul.

Level horor: 7

3. Proses Eksorsis

Seberapa Seram Kuasa Gelap? Film Horor Kisah Nyata Pengusiran Setan

Foto: Paragon Pictures

Scene proses eksorsis jadi bagian paling menyeramkan dalam film Kuasa Gelap. Ini karena adegannya dibuat senyata atau semirip mungkin dengan proses eksorsis dalam agama Katolik.

Mulai dari pakaian para pastor, alat-alat yang digunakan, proses eksorsis dari awal hingga akhir, termasuk doa-doa yang diucapkan, digambarkan dengan detail. Adegan-adegan ini yang membuat scene-nya jadi terasa sangat nyata.

Apalagi, akting para pemain yang kesurupan juga sangat meyakinkan. Ekspresi marah, senyum dan tertawa aneh, hingga kalimat-kalimat yang mereka ucapkan dalam bahasa latin turut membuat atmosfer mengerikan semakin kental.

Ada tiga kali proses eksorsis yang muncul dalam film Kuasa Gelap. Meski begitu, proses eksorsis yang kedua yang paling mendebarkan dan mengerikan.

Level horor: 8,5


Apakah Film Kuasa Gelap Seram?

Seberapa Seram Kuasa Gelap? Film Horor Kisah Nyata Pengusiran Setan

Foto: Paragon Pictures

Secara keseluruhan, film Kuasa Gelap tidak terlalu menyeramkan karena adegan-adegan horornya tidak muncul terus-menerus. Alih-alih, atmosfer horor dibangun secara perlahan untuk membangun cerita yang kokoh.

Jadi bisa dibilang, kemunculan hantu dan adegan horornya ditampilkan secara tepat alias sesuai dengan jalan ceritanya, bukan sekadar untuk menakut-nakuti penonton.

Level horor secara keseluruhan: 7,5



(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)