Apa Arti Paved The Way yang Biasa Disebut Penggemar K-Pop?

Sabtu, 07 September 2024 - 13:32 WIB
loading...
Apa Arti Paved The Way...
Arti paved the way yang sering disebut penggemar K-pop secara ringkas adalah hal atau orang yang memudahkan jalan. Foto/Getty Images, Pinterest, BigHit Music
A A A
JAKARTA - Frasa "paved the way" kini kembali ramai di kalangan penggemar K-pop setelah RM BTS menyanyikan lirik "For Asia, man, we paved the way" dalam lagu Neva Play yang dinyanyikan bersama Megan Thee Stallion.

Akibat lirik ini, kembali terjadi perdebatan di kalangan pendengar K-pop tentang siapa artis Korea yang benar-benar "paved the way" ke panggung internasional, khususnya di Barat.

Sebenarnya, RM bukan rapper Korea pertama yang menyebutkan frasa tersebut dalam lagunya. Sebelumnya, Lisa juga menyebutnya dalam lagu BLACKPINK berjudul The Girls yang dirilis pada Agustus 2023.



Saat itu lirik yang dinyanyikan Lisa adalah, "Paved the way and busted left, If we left, there's nothing left, but the rest, what a mess". Sama seperti RM, lirik ini pun sempat menimbulkan perdebatan di kalangan pendengar K-pop.

Arti Frasa Paved The Way dalam Kamus


Secara harfiah, frasa "paved the way" atau "pave the way" berarti "membuka jalan". Sementara menurut kamus Cambridge artinya adalah "sesuatu yang membuat hal lainnya atau membuat seseorang menjadi mungkin atau lebih mudah melakukannya".

Adapun menurut kamus Merriam-webster, pave the way artinya membuat lebih mudah (untuk sebuah peristiwa terjadi atau untuk seseorang melakukan sesuatu).

Fakta Perkembangan K-Pop di Amerika Serikat, Pasar Musik Terbesar di Dunia


K-pop mengawali invasinya ke luar Korea dari Jepang, lalu menuju Asia Tenggara. Jepang adalah pasar musik nomor dua di dunia, jadi pilihan ini jelas tepat.

Meski begitu, sudah menjadi pemahaman umum bahwa seorang artis pop baru bisa dikatakan benar-benar sukses atau meraih popularitas global jika berhasil sukses di Amerika Serikat.

Oleh karena itu, penting untuk menyoroti perkembangan K-pop secara keseluruhan di negara ini untuk mencari jejak artis yang mencatat prestasi besar dan meninggalkan warisan atau memberi pengaruh besar padanya.

Apa Arti Paved The Way yang Biasa Disebut Penggemar K-Pop?

Foto: Wikimedia

Di Amerika Serikat, seorang penyanyi pop bisa dibilang meraih kesuksesan dan popularitas besar secara mainstream jika melihat dari minimal tiga hal.

Pertama adalah jika bisa manggung atau bahkan meraih penghargaan di tiga acara penghargaan terbesar di sana. Ketiganya yaitu Grammy Awards, American Music Awards, dan Billboard Music Awards.

Kedua, tampil di televisi dalam program-program populer. Program yang populer ini biasanya adalah pada program pagi, program berita (news), talk show yang dipandu bintang populer, atau acara variety/reality show lainnya. Ini karena program-program tersebut biasanya ditonton oleh masyarakat umum di Amerika Serikat.

Ketiga, adalah pengaruhnya bagi perkembangan industri K-pop di Amerika Serikat.

K-Pop di Amerika Serikat Era 1990-an


Dari catatan Billboard, tak banyak kemunculan secara signifikan artis K-pop pada masa ini. Yang ada hanya beberapa lagu K-pop yang masuk dalam daftar Billboard Top Songs tahun 1998 (Honey dari J.Y. Park) dan tahun 1999 (I Yah! dari H.O.T).

K-Pop di Amerika Serikat Era 2000-an


MTV Korea diluncurkan pada 1 Juli 2001.

Wonder Girls juga menjadi grup pertama yang berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100, yaitu pada 31 Oktober 2009. Lagu Nobody saat itu berhasil bertengger di posisi 76.

Mereka juga menjadi penampil K-pop pertama dalam program kompetisi tari populer So You Think You Can Dance pada 9 November 2009.

Apa Arti Paved The Way yang Biasa Disebut Penggemar K-Pop?

Foto: Han Myung-Gu/WireImage

K-Pop di Amerika Serikat Era 2010-an


Bicara tentang pengaruh signifikan, Billboard mulai merasa perlu untuk membahas tentang industri K-pop setelah viralnya lagu Gangnam Style oleh PSY pada 2012.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)