Apa Arti Paved The Way yang Biasa Disebut Penggemar K-Pop?

Sabtu, 07 September 2024 - 13:32 WIB
loading...
A A A
Pada tahun ini, BTS juga menjadi artis K-pop pertama yang mampu melakukan konser di stadion dan selalu sold.out.

Masih dari tahun 2019, MTV Video Music Awards untuk pertama kalinya membuat kategori MTV Video Music Award for Best K-Pop.

K-Pop di Amerika Serikat Era 2020-an


Berikutnya pada 2022, Billboard untuk pertama kalinya membuat kategori khusus untuk K-pop pada Billboard Music Awards.

Sementara itu pada era pasca-COVID dan sebelum menjalani wamil, BTS juga banyak mendobrak batasan K-pop, misalnya dengan diundang berbicara di Gedung Putih hingga menjadi diplomat kehormatan Korea Selatan, termasuk tampil di Majelis Umum PBB.

Pada 27 Agustus 2024, Billboard meluncurkan Billboard Korea untukmengakomodir pertumbuhan K-pop yang pesat di seluruh dunia. Dalam siaran persnya, mengutip KBS World, pemimpin Billboard Korea Kim Yuna menyatakan misi mereka adalah mengembangkan K-pop dan mencari "Next BTS".

Banyak artis K-pop seperti Bangchan Stray Kids, Sunmi Wonder Girls, TWICE, KARD, dan Jackson Wang GOT7 menyatakan BTS mempermudah langkah mereka untuk lebih dikenal publik di luar Korea.

Meski begitu, terkait isu "paved the way", Suga BTS dalam video behind the scene pembuatan video musik That That yang dirilis di kanal YouTube officialpsy pada 2 Mei 2022, mengatakan bahwa PSY membuka jalan pagi BTS di Amerika Serikat.

"Dengan Gangnam Style, dia (PSY) paved the way untuk K-pop di Amerika Serikat, jadi kami bisa mengikuti langkahnya dengan lebih mudah," ujar rapper dan produser itu.

Sementara PSY mengatakan bahwa BTS mencapai sesuatu yang tidak bisa dicapainya. "(Setelah Gangnam Style) aku pikir aku akan meraih nomor satu pada lagu berikutnya, tapi itu tidak pernah terjadi jadi aku agak kecewa. Aku ingin seseorang meraihnya, BTS membuat mimpiku tercapai," ujar PSY dalam video tersebut.



Sebelumnya saat konferensi pers album Psy 9th pada April 2022, ia mengatakan bahwa kesuksesan BTS dan BLACKPINK di Amerika Serikat berbeda dengan kesuksesannya di negara tersebut.

Menurutnya, popularitas tersebut didapatkannya karena momen viral hingga tak bertahan lama. Orang juga lebih mengenal lagunya ketimbang dirinya sebagai penyanyi. Sedangkan kesuksesan BTS disebutnya lebih permanen dan kokoh.
(ita)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)