Kesamaan dan Perbedaan Kang Mak dengan Film Thailand Pee Mak

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 09:12 WIB
loading...
Kesamaan dan Perbedaan...
Ada beberapa perbedaan dan kesamaan film Kang Mak dengan film aslinya, Pee Mak yang berasal dari Thailand. Foto/Falcon Pictures, GMM Tai Hub
A A A
JAKARTA - Film Kang Mak telah tayang di bioskop Indonesia mulai 15 Agustus 2024. Kisahnya diadaptasi dari film laris Thailand berjudul Pee Mak yang bergenre horor komedi dan romantis.

Falcon Pictures melakukan remake atas film rilisan tahun 2013 itu dengan para pemain populer dari Indonesia. Mereka adalah pasutri Vino G. Bastian dan Marsha Timothy, serta Indro Warkop, Tora Sudiro, Indra Jegel, Rigen Rakelna, dan Andre Taulany yang memerankan teman-teman Makmur.

Makmur (Vino G. Bastian) adalah Mak (Mario Maurer) versi Indonesia. Ia adalah tentara yang baru saja pulang dari perang, dan kembali ke istrinya, Sari (Marsha Timothy), yang saat ditinggalkan tengah hamil besar.



Setelah bertemu dengan Sari dan anaknya, Cipluk, beredar kabar bahwa Sari sebenarnya sudah meninggal saat akan melahirkan.

Disutradarai oleh, Herwin Novianto, Kang Mak memiliki kesamaan dan perbedaan dengan film aslinya, Pee Mak. Nah, berikut ini ulasannya.

Kesamaan dan Perbedaan Film Kang Mak dengan Pee Mak


Kesamaan:

1. Plot atau Alur Ceritanya Sama

Kesamaan dan Perbedaan Kang Mak dengan Film Thailand Pee Mak

Foto: Falcon Pictures

Sebagai film hasil remake, Kang Mak memiliki alur kisah serta plot yang sama dengan film aslinya. Namun, sebagai film yang diadaptasi ulang, film Kang Maktetap menghibur dan tidak membuat jenuh.

Cara membuktikan bahwa sang istri dari film Kang Mak atau Pee Mak adalah sosok hantu juga sama persis, tidak ada yang berubah.

Perbedaan:

1. Kang Mak Lebih Menonjolkan Unsur Komedi

Kesamaan dan Perbedaan Kang Mak dengan Film Thailand Pee Mak

Foto: Falcon Pictures

Berbeda dengan film aslinya, Kang Mak lebih menunjukan sisi komedi dibandingkan horornya. Dalam Pee Mak banyak scene yang dibangun untuk memberikan kesan horror dan menegangkan, tapi dalam Kang Makpenonton lebih banyak disuguhkan dialog-dialog jenaka yang membuat penonton kehabisan napas untuk tertawa dibanding jumpscare.

2. Kang Mak Tak Langsung Memperlihatkan Sosok Hantu

Kesamaan dan Perbedaan Kang Mak dengan Film Thailand Pee Mak

Foto: Falcon Pictures

Dalam Pee Mak, sosok Nak sudah sejak awal film ditunjukkan bahwa ia adalah hantu dengan beberapa petunjuk. Hal itu bisa dilihat dari scene saat sahabat Mak melihat Nak memanjangkan tangannya di depan rumah.

Sedangkan dalam film Kang Mak, kita baru bisa mengetahui secara pasti bahwa Sari adalah hantu saat menuju akhir film.


3. Kang Mak Mengusung Budaya Indonesia, Masukkan Tokoh Dukun

Kesamaan dan Perbedaan Kang Mak dengan Film Thailand Pee Mak

Foto: Falcon Pictures

Tokoh baru yang ada dalam film ini adalah sosok dukun yang diperankan oleh Andre Taulany. Dalam film aslinya, sahabat Mak membawa sebuah beras suci untuk dilemparkan ke Nak.

Namun, di Indonesia tidak ada kepercayaan budaya beras suci untuk mengusir hantu. Oleh karena itu disisipkan sosok dukun yang membuat barang pengusir hantu ini lebih logis dibawa dan digunakan para tokohnya di Indonesia.

Itulah kesamaan dan perbedaan film Kang Mak dengan Pee Mak yang merupakan film aslinya.
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)