30 Istilah dalam Cerita Fanfiction/AU, dari Mpreg, PWP, hingga Mary Sue

Kamis, 15 Agustus 2024 - 18:41 WIB
loading...
30 Istilah dalam Cerita...
Istilah dalam fanfiction atau AU sangat banyak dan perlu juga diketahui oleh pembaca pemula. Foto/The Guardian
A A A
JAKARTA - Fanfiction atau Alternate Universe (AU) adalah sebuah cerita yang terinspirasi dari karakter asli maupun fiksi, atau dari cerita original di novel, anime, film, maupun serial.

Fanfiction atau AU disebarkan dengan banyak cara. AU kini banyak ditemui di platform X, menyebabkan istilah AU lebih dikenal daripada fanfiction.

Sedangkan, fanfiction yang berupa tulisan pendek lebih banyak diunggah ke situs fandom, seperti FanFiction.net, Archive of Our Own (AO3), hingga Wattpad.



Fanfiction biasanya memiliki berbagai macam jenis cerita. Bagi kamu yang masih baru untuk membaca sebuah fanfiction, tentu akan ada banyak istilah-istilah aneh yang membingungkan.

30 Istilah dalam Cerita Fanfiction/AU


1. Crossover


Ini adalah sebuah cerita dari dua fandom yang berbeda. Misalnya crossover Naruto/Harry Potter. Ceritanya tentang Severus Snape yang terkena sihir kuno lalu pindah ke dunia Naruto, atau imajinasi liar yang belum pernah ada seperti menggabungkan Samurai X dengan Teletubbies.

2. F/F, f/f


Kisah yang melibatkan hubungan seksual antara dua karakter perempuan. “F” biasanya menunjukkan seorang perempuan wanita dewasa, sementara “f” menunjukkan seorang gadis di bawah umur.

3. Mpreg


Mpreg adalah fanfiction yang melibatkan kehamilan laki-laki. Biasanya dalam kisah yang menceritakan tokoh laki-laki yang mengalami kehamilan pada awalnya tidak selalu diterima dengan baik.

4. Gender Switch (-Bender, atau –Flip)


Pertukaran jenis kelamin. Misalnya karakter yang aslinya berjenis kelamin pria berubah menjadi perempuan dan sebaliknya.

5. Mary Sue


Mary Sue adalah sebutan untuk tokoh perempuan yang dibuat dalam sebuah fanfiction atau orifict yang dibuat terlalu sempurna, tanpa cela, sehingga cenderung membosankan.

Contohnya karakter perempuan yang cantik, pintar, kaya, digemari banyak pria, dan tidak memiliki kekurangan.

6. Boys Love (BL)

Ini adalah kisah percintaan antara pria dan pria. Namun lebih menekankan kepada hubungan perasaan antara dua pria yang dipasangkan.

7. Noncon


Noncon adalah kependekan dari Non-Consensual Sexual Act atau dengan kata sebuah pemerkosaan.

8. Bishounen


Bishounen yaitu sebuah istilah yang mengacu pada laki-laki tampan yang cantik yang sering terlihat di anime populer.

9. Kleenex Warning, Tissue Warning


Peringatan di awal FF bahwa FF itu akan sangat sedih, sehingga sebaiknya pembaca bersiap dengan tisu di tangan untuk mengusap air mata.

Sebagai penjelas lebih lanjut, istilah Kleenex diambil dari merek tisu, sehingga hal ini sangat cocok menggambarkan kisah cerita fanfiction yang sangat sedih.

10. Lolicon


Lolicon adalah sebuah kisah percintaan dengan salah satu pasangannya adalah gadis muda dengan pasangan yang perbedaan usianya lebih dari 15 tahun.

11. LoC


LoC adalah singkatan dari Letter of Comment, yaitu pesan singkat yang berisi apresiasi dari pembaca yang diberikan untuk penulis. Kata lainnya adalah feedback.

12. M/M, m/m


Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kisah percintaan antara dua karakter laki-laki. Biasanya “M” menunjukkan pria dewasa, sedangkan “m” menunjukkan laki-laki di bawah umur.

13. Official Pairing


Official pairing adalah pairing yang sudah resmi dan sah pada suatu fandom karena pairing tersebut dibuat oleh pengarang anime/manga/buku/film. Contohnya AsumaKurenai, MinatoKushina, dan FugakuMikotto di fandom Naruto.

14. OC (Original Character)


OC adalah karakter tambahan yang diciptakan oleh seorang penulis. Biasanya diciptakan untuk melengkapi atau membantu jalannya cerita. Terkadang ada juga penulis yang menjadikan OC sebagai tokoh utamanya.

15. OOC (Out of Character)


Perwatakan karakter yang dibuat berbeda atau melenceng jauh dari perwatakan di canon atau cerita aslinya. Misalnya dalam karakter Naruto, ia digambarkan sebagai pekerja keras dan tidak mudah menyerah.

Namun ketika seorang penulis memberikan watak yang OOC, maka Naruto akan digambarkan sebagai orang yang pemalas dan menjadi pemarah.

16. PWP (Plot, What Plot?)


Pertama, Plot, What Plot? bisa diartikan sebagai cerita yang lebih menonjolkan pada adegan seksual dibanding alur ceritanya. Bahkan plot sebenarnya hanyalah mengenai adegan seksual tokoh-tokohnya. Sering juga disebut sebagai Porn Without Plot.

Yang kedua, Plot, What Plot dapat diartikan sebagai fanfic yang hanya terdiri dari satu atau dua skenario tanpa ada latar belakang cerita yang jelas.

17. NC-17


NC-17 atau No Children-17 adalah rating yang diberikan penulis, yang berarti ceritanya hanya untuk pembaca berusia 17 tahun ke atas. Menurut istilahnya, NC-17 berisi konten eksplisit yang erotis, atau kekerasan yang berlebihan.

18. Yaoi


Yaoi adalah kisah percintaan antara laki-laki dan laki-laki, biasanya hanya untuk orang dewasa. Yaoi lebih mendeskripsikan mengenai adegan seksual (biasanya eksplisit).

19. Shounen-ai


Shounen-ai sebenarnya sama dengan boys love, hanya saja kadarnya lebih rendah daripada yaoi. Shounen-ai lebih menekankan ceritanya kepada hubungan perasaan daripada fisik.

20. Yuri


Istilah yuri sebenarnya sama dengan yaoi, hanya saja yuri percintaan antara sesama perempuan.

21. Vignette


Vignette adalah sebuah fanfiction pendek yang terdiri dari tidak lebih dari 3000 kata.

22. Spew Warning


Peringatan yang diletakkan di awal cerita fanfiction yang sangat lucu, hingga dikhawatirkan bila seseorang membacanya sambil makan sesuatu, akan tertawa hingga menyemburkan makanan yang sedang dimakannya.

23. Alternate Ending


Alternate ending adalah fanfic yang isinya ending dari sebuah kisah yang ditulis lagi oleh penulis lain. Biasanya ditulis karena adanya ketidakpuasan atas akhir dari cerita aslinya.

24. AU (Alternate Universe)


AU adalah istilah untuk fanfiction yang dibuat dengan situasi dunia yang berbeda dengan cerita aslinya. Contohnya Naruto yang hidup di Afrika dan menjadi kepala suku.

25. Bishoujo


Bishoujo adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang tokoh dengan perawakan seperti gadis cantik

26. Beta Reader


Istilah ini digunakan untuk menunjukkan seseorang yang mengomentari dan mengedit hasil karya orang lain sebelum selesai atau dipubllikasikan. Kurang lebih dapat dianggap sebagai editor dari suatu fanfict.

27. C&C (Comment and Criticism)



C&C adalah umpan balik (review) setelah membaca sebuah fanfiction. Berisi komentar dan kritik atau saran untuk fanfic tersebut.

28. Canon


Istilah canon dipakai untuk mengacu pada sifat, karakter, peristiwa, plotline aslidi sumber resmi yang mendasari suatu fanfiction.


29. Cross-generational


Cross generational adalah sebuah istilah yang menampilkan cerita-cerita dengan perbedaan usia pasangan yang terlampau besar. Biasanya digambarkan dengan hubungan khusus antara guru dan murid.

30. Cookie


Cookie adalah istilah untuk menunjukkan fanfiction yang singkat, atau ringkasan dari fanfiction panjang, yang bila dibaca bisa jadi merupakan fanfiction tersendiri.

Itulah 30 istilah dalam cerita fanfiction atau AU, semoga bisa menambah wawasanmu.

MG/ Priscilla Waworuntu
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)