20 Istilah Bahasa Jaksel yang Sering Dipakai dalam Percakapan

Selasa, 23 Januari 2024 - 13:38 WIB
loading...
20 Istilah Bahasa Jaksel yang Sering Dipakai dalam Percakapan
Bahasa ala anak Jaksel adalah istilah untuk menyebut menyampurkan bahasa Inggris dan Indonesia dalam satu kalimat. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Bahasa Jaksel adalah istilah gaul yang dipakai untuk menyebut bahasa yang sering digunakan oleh anak muda di Jakarta Selatan, kawasan yang kerap dianggap elite di Jakarta.

Sebagian orang beranggapan bahwa dengan menyelipkan "bahasa Jaksel" dalam percakapan, maka si pembicara terkesan modern atau kekinian. Dengan campuran kata-kata slang, singkatan, dan ekspresi khas Jakarta, bahasa ini menjadi simbol kekinian yang sering digunakan oleh anak muda dan komunitas kreatif.

Meski begitu, sebagian lainnya justru merasa mencampurkan bahasa ala anak Jaksel dalam percakapan menandakan orang tersebut kesulitan dalam menyampaikan pernyataannya dalam satu bahasa saja, dalam hal ini artinya kurang cakap berbahasa Indonesia. Ada juga yang menganggapnya sebagai tren yang overrated.



Apa pun itu, tren tetaplah tren yang akan diikuti oleh mereka yang memang senang mengikuti segala yang baru. Nah, buat kamu yang tak ingin ketinggalan hal-hal baru, berikut ini daftar beberapa bahasa khas anak Jaksel.

20 Istilah Bahasa Jaksel yang Sering Digunakan Anak Muda


1. Literally

Kata ini artinya "secara harfiah" atau "sesungguhnya/sebenarnya" atau ungkapan untuk menegaskan sesuatu. Contoh penggunaannya, "Gue tuh literally di tahap yang udah muak gitu sama kelakuan dia”.

2. Basically

Basicallyberarti "pada dasarnya". Penggunaannya, "Basically, pekerjaan ini tuh gampang, tapi kenapa kelihatan susah, ya?".

3. Which is

Artinya kurang lebih "yang mana" atau "di mana". Contoh penggunaannya, "Dia tuh bawa banyak barang, which is bikin dia kesulitan untuk bergerak dengan leluasa."

4. Like - Unlike

Artinya "seperti-tidak seperti". Contoh penggunaannya, "Dia selalu tersenyum setiap hari, tapi hari ini unlike dia yang biasanya”.

5. Somehow

Somehow berarti "Bagaimana pun". Contoh penggunaannya, "Walaupun cuacanya sangat buruk, somehow dia tiba-tiba muncul sambil memberikan senyuman di wajahnya".

6. Perhaps later

Artinya "mungkin nanti". Contoh penggunaannya, "Gue belum yakin apakah gue bisa datang ke acara malam ini, perhaps later gue kabarin, ya."

20 Istilah Bahasa Jaksel yang Sering Dipakai dalam Percakapan

Foto: Freepik

7. Figuratively

Ini berarti "secara kiasan". Contoh kalimatnya, "Dia gak lagi bawa beban fisik, sih, tapi figuratively, dia ngerasa sangat lelah".

8. Normally

Ini artinya "normalnya". Contoh penggunaannya, "Normally, dia gak terlalu suka makanan pedas, tapi hari ini dia mau mencoba sesuatu yang berbeda".

9. You know

You know bisa diartikan "Kamu tahu, kan". Contoh kalimatnya, "Dia, tuh, sering banget terlambat, you know dia, kan, selalu terjebak dalam waktu".

10. That is

Artinya "Itu". Dalam penggunaannya misalnya adalah, "Dia memberikan penjelasan panjang lebar, that is alasan mengapa dia terlambat".

11. Ever

Artinya "pernah".atau "selamanya" atau "kapan pun". Contoh penggunaannya, "Dia tuh kayak the best person ever yang pernah gue temuin”.

12. Seldom

Artinya "jarang". Contoh penggunaannya, "Dia seldom, sih, memberikan komentar, tapi waktu dia memberikan komentar, kata-katanya selalu bermakna".

20 Istilah Bahasa Jaksel yang Sering Dipakai dalam Percakapan

Foto: Shutterstock

13. Better

Ini artinya "lebih baik". Contoh kalimatnya adalah, "Hari ini cuacanya better, sih, daripada kemarin, setidaknya tidak hujan terus-menerus".

14. Because why

Berarti "karena apa". Contoh penggunaannya, "Dia gak hadir, because why? Dia bilang ada urusan mendesak".

15. Whereas

Whereas berarti "sedangkan". Contoh penggunaannya, "Dia suka musik klasik, whereas saudaranya lebih suka musik rock".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)