30 Istilah dalam Cerita Fanfiction/AU, dari Mpreg, PWP, hingga Mary Sue

Kamis, 15 Agustus 2024 - 18:41 WIB
loading...
30 Istilah dalam Cerita...
Istilah dalam fanfiction atau AU sangat banyak dan perlu juga diketahui oleh pembaca pemula. Foto/The Guardian
A A A
JAKARTA - Fanfiction atau Alternate Universe (AU) adalah sebuah cerita yang terinspirasi dari karakter asli maupun fiksi, atau dari cerita original di novel, anime, film, maupun serial.

Fanfiction atau AU disebarkan dengan banyak cara. AU kini banyak ditemui di platform X, menyebabkan istilah AU lebih dikenal daripada fanfiction.

Sedangkan, fanfiction yang berupa tulisan pendek lebih banyak diunggah ke situs fandom, seperti FanFiction.net, Archive of Our Own (AO3), hingga Wattpad.



Fanfiction biasanya memiliki berbagai macam jenis cerita. Bagi kamu yang masih baru untuk membaca sebuah fanfiction, tentu akan ada banyak istilah-istilah aneh yang membingungkan.

30 Istilah dalam Cerita Fanfiction/AU


1. Crossover


Ini adalah sebuah cerita dari dua fandom yang berbeda. Misalnya crossover Naruto/Harry Potter. Ceritanya tentang Severus Snape yang terkena sihir kuno lalu pindah ke dunia Naruto, atau imajinasi liar yang belum pernah ada seperti menggabungkan Samurai X dengan Teletubbies.

2. F/F, f/f


Kisah yang melibatkan hubungan seksual antara dua karakter perempuan. “F” biasanya menunjukkan seorang perempuan wanita dewasa, sementara “f” menunjukkan seorang gadis di bawah umur.

3. Mpreg


Mpreg adalah fanfiction yang melibatkan kehamilan laki-laki. Biasanya dalam kisah yang menceritakan tokoh laki-laki yang mengalami kehamilan pada awalnya tidak selalu diterima dengan baik.

4. Gender Switch (-Bender, atau –Flip)


Pertukaran jenis kelamin. Misalnya karakter yang aslinya berjenis kelamin pria berubah menjadi perempuan dan sebaliknya.

5. Mary Sue


Mary Sue adalah sebutan untuk tokoh perempuan yang dibuat dalam sebuah fanfiction atau orifict yang dibuat terlalu sempurna, tanpa cela, sehingga cenderung membosankan.

Contohnya karakter perempuan yang cantik, pintar, kaya, digemari banyak pria, dan tidak memiliki kekurangan.

6. Boys Love (BL)

Ini adalah kisah percintaan antara pria dan pria. Namun lebih menekankan kepada hubungan perasaan antara dua pria yang dipasangkan.

7. Noncon


Noncon adalah kependekan dari Non-Consensual Sexual Act atau dengan kata sebuah pemerkosaan.

8. Bishounen


Bishounen yaitu sebuah istilah yang mengacu pada laki-laki tampan yang cantik yang sering terlihat di anime populer.

9. Kleenex Warning, Tissue Warning


Peringatan di awal FF bahwa FF itu akan sangat sedih, sehingga sebaiknya pembaca bersiap dengan tisu di tangan untuk mengusap air mata.

Sebagai penjelas lebih lanjut, istilah Kleenex diambil dari merek tisu, sehingga hal ini sangat cocok menggambarkan kisah cerita fanfiction yang sangat sedih.

10. Lolicon


Lolicon adalah sebuah kisah percintaan dengan salah satu pasangannya adalah gadis muda dengan pasangan yang perbedaan usianya lebih dari 15 tahun.

11. LoC


LoC adalah singkatan dari Letter of Comment, yaitu pesan singkat yang berisi apresiasi dari pembaca yang diberikan untuk penulis. Kata lainnya adalah feedback.

12. M/M, m/m


Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kisah percintaan antara dua karakter laki-laki. Biasanya “M” menunjukkan pria dewasa, sedangkan “m” menunjukkan laki-laki di bawah umur.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)