17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 20:39 WIB
loading...
17 Detail dalam Deadpool...
Detail dalam Deadpool & Wolverine salah satunya adalah nama toko tempat Deadpool dan Wolverine bertarung melawan varian Deadpool. Foto/Walt Disney Studios Motion Pictures
A A A
JAKARTA - Film Deadpool & Wolverine menyimpan banyak detail serta easter egg yang biasanya hanya disadari oleh pembaca komik atau penggemar setia film-film Marvel.

Deadpool & Wolverine mengisahkan Deadpool (Ryan Reynolds) dan Wolverine (Hugh Jackman) yang disatukan dalam petualangan multiverse. Deadpool harus menemukan Wolverine untuk menggantikan Wolverine lain di alam semestanya yang telah meninggal dan statusnya sebagai "mahluk jangkar".

Nah, berikut ini beberapa detail atau easter egg dalam adegan yang mungkin terlewatkan olehmu saat menonton film ini, mengutip dari Looper.


17 Detail dalm Film Deadpool & Wolverine


1. Varian Wolverine Terinspirasi dari Komiknya

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures


Pada awal film diperlihatkan Deadpool sedang mencari Wolverine dari berbagai multiverse lain untuk membantu dirinya menjalankan misi.

Hampir sebagian besar tidak mau membantu Deadpool, tapi ada beberapa Logan dalam kelompok itu yang akan dikenali oleh penggemar berat Marvel karena sesuai seperti dalam komiknya. Salah satunya adalah varian Wolverine, termasuk yang diperankan oleh Henry Cavill.

Varian Wolverine yang pertama muncul adalah versi karakter yang sangat pendek. Ini karena merujuk pada fakta bahwa Logan dalam komik tingginya hanya sekitar 5 kaki 3 inci atau tak lebih dari 160 cm.

Ada juga Old Man Logan yang menembak Deadpool dengan senapan yang ia simpan di balik selimutnya. Wolverine ini mengenakan kostum warna cokelat dari tahun 1980 saat melawan Hulk.

Kemudian ada Wolverine dari alur cerita Age of Apocalypse dengan rambutnya yang bergaya glam-rock dan kehilangan satu tangannya.

Wolverine yang keempat ditampilkan sedang tergantung di salib sesuai dengan sampul Uncanny X-Men #251. Setelahnya ada Patch, alter-ego Wolverine yang suka berjudi dengan kostum tuksedo putih dan penutup mata.

Dari semua varian itu, tidak ada satu pun yang dipilih Deadpool sebagai jagoannya. Ia justru memilih versi terakhir yaitu Wolverine yang mengecewakan dunianya dan suka mabok.

2. Helm yang Melemahkan Kekuatan Cassandra Milik Juggernaut

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures


Ketika Deadpool dan Wolverine masuk ke sarang Cassandra, tujuan pertama mereka adalah mendapatkan helm pereda kekuatan Juggernaut untuk memotong kekuatan psikis Cassandra.

Helm itu berhasil didapatkan oleh Deadpool dan dipakaikan secara diam-diam ke kepala Cassandra. Seketika kekuatannya melemah dan tidak dapat membaca pikiran Wolverine.

Adanya helm ini mengingatkan kita pada helm yang digunakan dalam komik The Uncanny Avengers: Red Skull. Dalam komiknya, Deadpool membiarkan dirinya dipukuli oleh Rogue sehingga ia dapat mengenakan helm di kepalanya.

Helm itu menghalangi kekuatan Red Skull yang telah diambilnya dari Charles Xavier. Kemudian pikiran Rogue bebas dan ia dapat mengalahkan Red Skull selama mengenakan helm tersebut.

Film Deadpool & Wolverine sedikit mengubah konsepnya yaitu dengan mengenakan helmnya di kepala Cassandra, sehingga kekuatannya melemah. Namun masih memiliki fungsi yang sama.

3. Salah Satu Nama Toko yang Dihancurkan Memiliki Makna Khusus

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures


Saat Wade dan Logan sedang bertempur melawan pasukan varian Deadpool di depan sebuah toko bernama Liefeld Just Feet, banyak penonton yang tidak sadar bahwa sebenarnya nama toko itu memiliki makna khusus.

Nama toko itu digunakan untuk mengejek salah satu kreator bernama Rob Liefeld yang tidak bisa menggambar kaki. Lelucon ini memang sudah dilontarkan dari awal jauh sebelum film Deadpool.

Bahkan kreator tersebut juga memposting di X bahwa ia menyetujui nama toko film tersebut untuk mengejeknya. Namun ia merasa terhormat karena diejek oleh pelawak atau bintang besar terbaik.

4. Iklan Bus Menampilkan Gambar Stan Lee

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Selama pertarungan Deadpool dan Wolverine melawan varian Deadpool, ada bus yang menampilkan iklan layanan binatu Stanley Streamer yang memasang wajah Stan Lee.

Meskipun Stan Lee sudah meninggal, mereka sengaja menampilkan fotonya karena Stan Lee muncul dalam hampir semua film Marvel termasuk Deadpool.

Dalam film Deadpool pertama tahun 2016, ia berperan sebagai MC di sebuah klub striptis. Kemudian dalam film Deadpool 2 pada 2018, ia digambarkan dalam grafiti sebagai domino yang terbang di udara.

Untuk melanjutkan tradisi itu, kali ini ditampilkan foto sang legenda tersebut. Ini adalah cara yang lucu dan manis bagi Marvel Studios untuk menghormati salah satu kreator utama di balik seluruh jagat Marvel.

5. Salah Satu Varian Deadpool adalah Referensi dari Klub Sepak Bola

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Ada satu varian Deadpool yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan komik, yaitu Deadpool yang memakai logo naga di bagian depan seragamnya. Logo dua naga itu sangat mirip dengan bendera Wales.

Ternyata logo itu adalah simbol Wales yang terinspirasi dari logo klub sepak bola Wales, Wrexham United milik Ryan Reynolds dan Rob McElhenney.

Meskipun tidak memakai logo klubnya, pemeran Deadpool itu dimainkan oleh Paul Mullin, seorang striker yang bermain untuk klub Wrexham.

6. Void Merupakan Perjalanan Sejarah Film Marvel

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Saat adegan Deadpool dan Wolverine dibuang ke Void, penonton bisa melihat banyak benda bersejarah milik Marvel. Ternyata tempat ini memang berfungsi sebagai penyimpanan harta karun untuk film-film Marvel MCU dan 20th Century Fox.

Mungkin ada yang menyadari di situ tergeletak logo 20th Century Fox yang telah hancur. Masih ada benda lain seperti mobil Hydra milik Red Skull dalam film Captain America: The First Avenger, truk cupcake yang dikomando oleh Steven Grant alias Marc Spector dalam Moon Knight, dan kendaraan lama Guardians of the Galaxy, Milano.

Selain benda, ada juga peninggalan lainnya yaitu bangkai Ant-Man raksasa yang digunakan sebagai markas Cassandra, Chitauri Leviathan yang terlihat di pasir dan sedikit rusak, Helicarrier SHIELD, dan jembatan Golden Gate tepat di tengah Void yang terlihat melayang di udara berkat Magneto dalam X-Men: The Last Stand.

7. Barang Penting di Kantor Petinggi Stark Industries

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Wade sangat ingin bergabung dengan Avengers dan membuktikan bahwa dirinya layak menyandang gelar tersebut. Ia nekat mendatangi kantor petinggi Stark Industries dan diwawancarai oleh Happy Hogan.

Sayangnya, ia ditolak mentah-mentah karena Wade membutuhkan sesuatu untuk diperjuangkan, bukan hanya untuk mendapatkan kepercayaan saja. Selama durasi yang cukup lama di kantor itu, penonton bisa melihat beberapa barang penting yang dipajang.

Sebagian besar barang yang diperlihatkan sudah pasti berkaitan dengan Stark. Penonton dapat melihat hadiah Pepper untuk Tony yang membuktikan ia punya hati.

Lalu ada tutup kepala perak mengkilat MK II yang diletakkan di belakang calon majikan Wade, helm mainan yang dikenakan oleh Peter Parker muda saat mencoba menjadi pahlawan dalam Iron Man 2, dan foto mendiang Tony Stark bersama Peter Parker (Tom Holland).

Selain itu ada koleksi kartu perdagangan Captain America yang memiliki noda darah dari Agen Coulson (Clark Gregg) dalam The Avengers dan prototipe awal perisai Steve yang ada di lemari.

8. Cassandra Nova Memiliki Barang Aneh

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Ketika kita melihat tempat persembunyian Cassandra, ada beberapa barang yang terhubung dengan hal mistis. Hal ini ditunjukkan saat Cassandra membuka portal sihir dari cincin yang hanya dapat dikenakan oleh penyihir berbakat seperti Benedict Wong.

Namun apabila kita lihat beberapa helai pakaian yang terhampar di tempat itu, sepertinya yang dikalahkan adalah varian Wong lainnya.

Kalau penonton memperhatikan dengan teliti, di bagian lubang portal itu kita bisa melihat sekilas jubah Levitasi yang dikenakan Stephen Strange (Benedict Cumberbatch). Ini menegaskan bahwa "si penyihir" yang sebelumnya dikalahkan berada di Void.

Kemunculan varian Strange dimulai dari pertarungan dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

9. Lelucon Deadpool tentang Perceraian Aktor

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Deadpool dikenal dengan humornya yang khas dan tidak berlebihan, seperti ketika ia mengolok Disney sebagai majikan barunya di perusahaan.

Namun di antara lelucon itu, ada yang merujuk pada perceraian aktor dalam kehidupan nyata sehingga mungkin terdengar sedikit menyakitkan.

Saat Deadpool mengatakan "Biasanya dia bertelanjang dada, tetapi dia bersikap santai sejak perceraiannya", kalimat ini merujuk pada Hugh Jackman yang menceraikan istrinya bernama Deborra-lee Jackman.

Lelucon berikutnya muncul saat Deadpool bertemu Elektra (Jennifer Garner) dengan menyebutkan bahwa Daredevil telah meninggal. Rupanya lelucon ini dilontarkan untuk menyampaikan belasungkawa karena pemeran Daredevil merupakan mantan suami Garner, yaitu Ben Affleck.

10. Perseteruan Ryan Reynold dan Wesley Snipes

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto: New Line Cinema

Wesley Snipes yang berperan sebagai Blade memiliki konflik yang belum kelar dengan Ryan Reynolds, karena Snipes sulit diajak bekerja sama untuk film Blade: Trinity.

Selama proses syuting, Snipes hanya berkomunikasi dengan sutradara, David S. Goyer melalui catatan tempel yang ditandatangani "Dari Blade". Akhirnya masalah ini berdampak pada hubungan kerjanya dengan Reynolds, bahkan Reynolds sempat menolak bekerja sama dengan Snipes lagi.

Dalam film Deadpool & Wolverine, terdapat beberapa adegan mereka bersama sambil melemparkan ejekan tentang hubungan mereka. Ejekan itu menyatakan bahwa Blade tidak menyukai Merc with a Mouth.

Kemudian Deadpool memberikan tanggapan "Kau tidak pernah menyukainya". Ini adalah cara yang lucu untuk memberitahu kontroversi yang sedang terjadi.

11. Blake Lively Baru Melahirkan

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Blake Lively yang memerankan Lady Deadpool adalah istri Ryan Reynolds dalam kehidupan nyata. Tahun lalu, ia baru saja melahirkan anak keempat mereka.

Nah, dalam film terdapat adegan saat Nicepool (yang diperankan oleh Reynolds) memberi tahu Deadpool dan Wolverine untuk berhati-hati terhadap Lady Deadpool karena tahun lalu perempuan itu baru melahirkan seorang anak.

Nicepool juga mengatakan bahwa meskipun baru saja melahirkan bayi, tubuh Lady Deadpool masih sangat bagus, apalagi saat mengenakan kostum Deadpool.

12. Deadpool & Wolverine Melanjutkan Rangkaian Film WIzard of Oz di MCU

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Deadpool selalu melontarkan lelucon yang mengkritik keadaan MCU saat ini. Ia bahkan memberi tahu Wolverine bahwa ia masuk ke waralaba tersebut pada titik terendahnya.

Wade Wilson juga berpidato panjang tentang bagaimana seluruh multiverse yang dilakukan MCU tidak dapat berjalan dengan baik. Hal ini merujuk pada The Wizard of Oz melakukan serangkaian cerita multiverse dengan sangat baik, jadi tidak ada gunanya untuk menjadi lebih unggul.

Dapat dilihat melalui trailer untuk Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang menampilkan Goodbye Yellow Brick Road milik Elton John, yang judulnya merupakan kiasan untuk kisah Dorothy dalamWIzard of Oz.

Lalu ada Werewolf by Night diakhiri dengan Over the Rainbow, yang diputar tepat saat acara spesial Disney+ berubah menjadi warna warni.

Dari Quantumania hingga Doctor Strange in the Multiverse of Madness, fase empat dan lima MCU memiliki banyak contoh karakter yang bepergian ke dunia baru, dan bertemu dengan mahluk yang dapat mengendalikan realitas.

Pertanyaannya, apakah Captain America: Brave New World akan melanjutkan tren ini atau tidak.

13. Lelucon The Avengers yang Menemukan Shawarma Pertama Kali

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Kalau penonton ingat, salah satu adegan pasca-credit dalam The Avengers (2012) ada Avengers yang nongkrong di toko shawarma (makanan khas Arab) dan Iron Man mengatakan bahwa mereka semua harus makan shawarma setelah invasi alien besar-besaran.

Deadpool dan Wolverine juga memutuskan untuk ikut bersenang-senang dengan melontarkan ajakan menikmati shawarma menjelang akhir film. Deadpool membuat lelucon tentang Avengers yang menemukan shawarma, dan jelas itu tidak benar.

Setelah perilisan film The Avengers, banyak penjual makanan shawarma yang melaporkan bahwa ada peningkatan sangat tajam dalam jumlah orang yang membeli makanan itu. Gara-gara ini muncul lelucon bahwaThe Avengers menjadi penemu shawarma.

Karena itulah Deadpoolmengatakan bahwa shawarma telah ada selama berabad-abad, jadi jelas Tony Stark sebenarnya penasaran dan ingin membagikannya kepada teman-temannya.

14. Deadpool & Wolverine Mengejek Kisah X-Men yang Paling Menyedihkan

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Dalam film ini, mereka berdua mengolok-olok kisah X-Men yaitu saat adegan Merc with a Mouth meminta Logan untuk membocorkan masa lalunya.

Adegan ini lebih dari sekadar mengolok-olok biasa, karena anggota X-Men itu juga membuat pengakuan tentang Wolverine membunuh X-Men dalam saga Old Man Logan karya Mark Millar dan Steve McNiven.

Deadpool & Wolverine terinspirasi dari serial itu, karena X-Men sudah lama musnah saat bertemu Logan di multiverse tersebut. Ia menyalahkan dirinya sendiri atas kehancuran mereka.

15. Adegan Melarikan Diri Deadpool Mirip Gaya Pegulat Profesional

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto: Lee South/AEW

Saat Deadpool mencoba melarikan diri dari markas TVA untuk mencari Wolverine, ia mengecoh Mr. Paradox dan langsung meninju hidungnya supaya dapat mengambil alat pembuka portal.

Apabila dilihat sekilas, hal ini mirip dengan jurus pamungkas salah satu pegulat profesional, AEW Darby Allin "Coffin Drop".

Ternyata Deadpool dan pegulat itu memang memiliki sejarah satu sama lain. Mantan bintang WCW Vampiro, Raven, dan Insane Clow Posse adalah bagian dari kelompok yang disebut The Deadpool pada akhir tahun 90-an.

16. Deadpool dan Wolverine Mengalami Momen Armageddon

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto:Walt Disney Studios Motion Pictures

Para penggemar yang sudah menonton film ini mengetahui bahwa Deadpool dan Wolverine mengesampingkan perbedaan mereka saat harus menyelamatkan dunia. Bahkan keduanya rela mengorbankan nyawa demi satu sama lain.

Adegan ini seolah memberi penghormatan pada adegan paling memilukan dari filmArmageddon karya Michael Bay.

Deadpool menyelinap di belakang Wolverine dan menguncinya dari dalam. Ini mirip dengan yang dilakukan karakter Bruce Willis terhadap Ben Affleck, karena salah satu dari mereka harus tetap berada di luar angkasa untuk menghancurkan asteroid yang akan menghancurkan bumi.

Untungnya, Deadpool dan Wolverine tetap selamat dan memastikan bahwa mereka berdua tidak akan pernah kehilangan apa pun.


17. Film Deadpool & Wolverine Memiliki Dedikasi yang Istimewa

17 Detail dalam Deadpool & Wolverine yang Mungkin Kamu Lewatkan

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Sebenarnya film ini banyak mengenang beberapa peristiwa berharga yang terjadi di balik layar. Salah satunya adalah kisah nyata tragis yang melibatkan kematian anak dari Rob Delaney, aktor yang memerankan Peter dalam Deadpool & Wolverine.

Anak laki-lakinya yang bernama Henry meninggal pada 2018 karena tumor otak saat usianya masih 2,5 tahun.

Dedikasi lain yang ditunjukkan dalam kreditnya yaitu meninggalnya Ray Chan, seorang pekerja bagian direktur seni pengawas untuk film Marvel seperti Guardians of the Galaxy, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame.

Ray Chan meninggal pada 23 April 2024 dalam usia 56 tahun, setelah ia menjadi desainer produksi untuk film Deadpool & Wolverine. Ryan Reynolds membagikan informasinya dengan mengatakan bahwa "Ia membangun dunia dari awal dan melakukannya dengan cara yang paling kolaboratif dan inklusif. Ray tak tertandingi".

MG/Theresa Grace Nadia
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)