Peran 11 Seleb yang Terlibat dalam Burning Sun dan Kabarnya Kini, Jung Joon-young akan Comeback

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:51 WIB
loading...
Peran 11 Seleb yang Terlibat dalam Burning Sun dan Kabarnya Kini, Jung Joon-young akan Comeback
Jung Joon-young yang menjadi tersangka utama Burning Sun/Molka Chatrooms dikatakan akan comeback sebagai produser. Foto/via Soompi
A A A
JAKARTA - Sejumlah seleb Korea terlibat langsung dalam kasus Burning Sun dan Molka Chatrooms, dan sebagian lainnya dirumorkan ikut terlibat.

Film dokumenter BBC Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups mengungkap tiga nama idol K-pop yang terlibat langsung dalam dua kasus tersebut. Mereka terlibat dalam ruang grup obrolan KakaoTalk yang dibuat oleh Jung Joon-young dengan nama “Ruang Obrolan KakaoTalk Joon-young”.

Ruang obrolan ini bukan hanya sekadar untuk berdiskusi ataupun membahas pekerjaan, melainkan untuk membagikan video seks perempuan yang direkam tanpa sepengetahuan korban dan video kekerasan seksual lainnya terhadap para perempuan.



Nah, berikut ini peran dari nama-nama yang terlibat, serta nama lainnya yang dirumorkan terlibat atau mengetahui, serta nasib mereka kini.

Peran Nama-Nama yang Terlibat Kasus Burning Sun dan Nasibnya Kini


1. Seungri - Mantan member BIGBANG

Peran 11 Seleb yang Terlibat dalam Burning Sun dan Kabarnya Kini, Jung Joon-young akan Comeback

Foto:via Soompi

Seungri memiliki peran besar dalam skandal ini, karena dirinya merupakan pemilik klub Burning Sun yang didirikannya pada 2018. Dalam film dokumenter yang dirilis oleh BBC juga dijelaskan bahwa Seungri mengorganisir acara-acara besar dan melayani para tamu VIP dan investornya dengan menyediakan para perempuan untuk dibuat mabuk dan dilecehkan atau diperkosa.

Atas perbuatannya Seungri didakwa atas tuduhan pelacuran untuk dirinya dan orang lain, menyebarkan gambar dan video secara ilegal, penggelapan, perjudian, dan transaksi uang terlarang. Seungri dijatuhi hukuman denda sebesar 1,15 miliar won (Rp13,5 miliar) dan hukuman 3 tahun penjara yang dikurangi menjadi hanya 18 bulan penjara.

Setelah keluar dari penjara pada Februari 2023, Seungri memang tidak lagi aktif di media sosial. Namun ia masih aktif datang ke acara pesta atau privat, terutama di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

2. Jung Joon-young - Penyanyi, Pembuat Lagu, Produser

Peran 11 Seleb yang Terlibat dalam Burning Sun dan Kabarnya Kini, Jung Joon-young akan Comeback

Foto:Hankook Ilbo

Menjadi orang yang membuat obrolan grup KakaoTalk, Jung Joon-young memiliki peran penting dalam kasus ini. Ia secara aktif merekam dan menyebarkan video dan foto perempuan yang dibuatnya mabuk, lantas diperkosa.

Jung Joon-young divonis hukuman enam tahun penjara, tapi mendapat potongan menjadi lima tahun atas kasus pemerkosaan beramai-ramai dan merekamnya secara ilegal. Selain itu banyak video lainnya yang ditemukan bahkan sejak 2015.

Setelah lima tahun menjalani masa tahanannya, Jung Joon-young akhirnya bebas pada 19 Maret 2024 lalu. Setelah bebas Joon-young tidak diharuskan untuk menggunakan monitor pergelangan kaki elektronik, tapi dirinya tidak diperbolehkan untuk bekerja yang berkaitan dengan anak dan penyandang disabilitas selama lima tahun.

Yang mengejutkan, XportsNews pada 22 Mei menurunkan laporan bahwaJung Joon-young mulai mendekati para pelaku dalam industri musik dan menyampaikan keinginannya untuk menjadi produser. Ia disebutkan tak ingin kembali menjadi menyanyi karena melihat respons negatif masyarakat setelah ia keluar dari penjara.

3. Choi Jong-hoon - Mantan Gitaris FT Island

Peran 11 Seleb yang Terlibat dalam Burning Sun dan Kabarnya Kini, Jung Joon-young akan Comeback

Foto: Ilgan Sports

Nama selanjutnya yaitu Choi Jong-hoon yang mengakui perannya dengan menyuap pihak berwenang untuk menyembunyikan kelakuan buruk dari anggota grup tersebut. Dirinya juga sempat terlibat dalam kecelakaan karena mengemudi saat keadaan mabuk, tapi hal tersebut tidak diungkap kepada media.

Jong-hoon akhirnya mendapat hukuman 2,5 tahun penjara atas dakwaan menyebarkan video dan foto secara ilegal, merekam video perempuan korban pelecehan seksual secara terlarang, dan terbukti melanggar Undang-Undang tentang Kasus Khusus Mengenai Hukuman Kejahatan Seksual.

Setelah bebas dari penjara Choi Jong-hoon sempat absen dari dunia hiburan di Korea, tapi pada Januari 2024 dirinya memutuskan untuk kembali. Dilansir dari Vnexpress,Choi Jong-hoon membuat saluran pribadinya yaitu HUNIYA lewat platform Fanicon Jepang.

4. Yong Jun-hyung - Mantan Member Highlight

Peran 11 Seleb yang Terlibat dalam Burning Sun dan Kabarnya Kini, Jung Joon-young akan Comeback

Foto: Topstarnews

Rumor keterlibatannya dengan skandal ini membuat Yong Jun-hyung memutuskan mundur dari Highlight pada 14 Maret 2019. Diketahui bahwa dirinya juga merupakan anggota dari grup obrolan tersebut.

Namun Jun-hyung menegaskan bahwa hanya menjadi penonton dan tidak ikut merekam video apa pun.Meskipun tidak mendapat sanksi secara hukum, tapi Jun-hyung tetap mendapat sanksi sosial berupa kritik dan komentar pedas dari publik.

Dirinya bahkan dijuluki sebagai pengamat yang mengabaikan tindak kriminal. Kini Jun-hyung menjalani kehidupannya dengan normal, bahkan menjalin hubungan asmara dengan solois HyunA

5. Roy Kim - Penyanyi dan Presenter Radio

Peran 11 Seleb yang Terlibat dalam Burning Sun dan Kabarnya Kini, Jung Joon-young akan Comeback

Foto: Instagram @roykimmusic

Nama Roy Kim juga ikut terseret sebagai tersangka dalam kasus ini. Dirinya dituduh ikut menyebarkan video yang diperoleh secara ilegal. Roy juga mengakui bahwa dia telah mengirimkan foto eksplisit kepada Seungri dan Joon-young pada 2016 silam.

Namun Roy mengatakan bahwa foto tersebut dia dapat secara daring dan bukan dirinya yang mengambil secara langsung. Namun dikutip dari Soompi putusan akhir atas dakwaan terhadap Roy Kim berupa penangguhan dakwaan yang disampaikan langsung oleh agensinya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)
pixels