5 Film Korea Terlaris di Indonesia, Exhuma Salip The Moon

Selasa, 05 Maret 2024 - 17:03 WIB
loading...
5 Film Korea Terlaris di Indonesia, Exhuma Salip The Moon
Film Exhuma menjadi film Korea terlaris kedua di Indonesia sepanjang sejarah per awal Maret 2024. Foto/Showbox
A A A
JAKARTA - Posisi lima besar film Korea terlaris di Indonesia sepanjang sejarah telah terjadi pergeseran setelah film horor Exhuma mencatat angka penonton yang fantastis dalam waktu singkat.

Penayangan film-film Korea di Indonesia umumnya masih terbatas, yaitu hanya dirilis di jaringan bioskop CGV yang memang berasal dari Korea Selatan. Satu lagi adalah di Cinepolis yang berasal dari Meksiko.

Adapun jaringan bioskop XXI pada 2024 mulai membuka pintunya untuk film Korea Selatan, setidaknya untuk Exhuma yang direspons positif oleh penikmat film di Indonesia. Jaringan bioskop terbesar di Indonesia ini mulai menayangkan film tersebut pada 4 Maret, setelah sebelumnya film dirilis perdana di CGV dan Cinepolis pada 28 Februari.



Berikut ini adalah lima film Korea terlaris di Indonesia sepanjang sejarah.

5 Film Korea Terlaris di Indonesia

1. Parasite (2019)

5 Film Korea Terlaris di Indonesia, Exhuma Salip The Moon

Foto: CJ Entertainment

Parasite masih memegang rekor sebagai film Korea terlaris sepanjang sejarah di Indonesia. Distributornya di Indonesia, yaitu CBI Pictures, pernah mempublikasikan bahwa jumlah penontonnya telah menembus angka 700 ribu penonton.

Parasite saat itu hanya tayang di CGV dan Cinepolis. Selain itu, filmnya juga mendapatkan kesempatan ditayangkan kembali setelah berhasil meraih predikat film terbaik, skenario asli terbaik, dan sutradara terbaik dari Academy Awards 2020.

Parasite adalah kisah thriller kriminal yang mempertemukan keluarga kaya dengan keluarga miskin dalam cerita penuh intrik, tipuan, dan kejutan. Kisahnya menyorot masalah jurang sosial yang jauh antara kedua golongan itu.

Di Korea, Parasite mencetak 10,3 juta penonton. Film ini bisa ditonton di Viu.

2. Exhuma (2024)

5 Film Korea Terlaris di Indonesia, Exhuma Salip The Moon

Foto: Showbox

Exhuma berhasil mencatat rekor impresif dengan mengumpulkan 300 ribu penonton hanya dalam waktu 11 hari, berdasarkan publikasi dari Feat Pictures di akun Instagram resminya. Adapun di Korea Selatan, film horor misteri thriller ini kini duduk di posisi puncak box office dengan 6,3 juta penonton berdasarkan data dari Korean Film Council.

Exhuma mengisahkan dua dukun muda Hwa-rim (Kim Go-eun) dan Bong-gil (Lee Do-hyun) yang harus memindahkan makam atas permintaan seorang klien. Tak disangka, aksi mereka ini membuat sebuah kekuatan jahat yang amat kuat lepas dari liang lahat.

Film Exhuma masih tayang di seluruh jaringan bioskop di Indonesia. Pemain lainnya ada Choi Min-sik dan Yoo Hae-jin.

3. The Moon

5 Film Korea Terlaris di Indonesia, Exhuma Salip The Moon

Foto: CJ Entertainment

The Moon dibawa ke Indonesia oleh CBI Pictures, dan publikasinya sempat menyebut jumlah penontonnya adalah 313 ribu orang. The Moon sukses sedikit banyak berkat dorongan para penggemar Do Kyungsoo yang juga member grup K-pop EXO.

The Moon berlatar masa depan, kala Korea Selatan menjalankan misi ke bulan untuk kedua kalinya setelah misi pertama berakhir tragis. Sayangnya, misi kedua ini juga mengalami kecelakaan.

Astronaut yang dikirim, yaitu Sun-woo (Kyungsoo) terkatung-katung di luar angkasa. Naro Space Center lantas meminta mantan direkturnya, Kim Jae-guk (Sol Kyung-gu) untuk membantu Sun-woo bisa kembali ke Bumi dengan selamat.

Berbeda dengan di Indonesia, di negara asalnya, The Moon tak menunjukkan taringnya. Film ini ditutup dengan perolehan jumlah penonton hanya 516.556 menurut data Korean Film Council. Filmnya bisa ditonton di Viu.

4. The Childe

5 Film Korea Terlaris di Indonesia, Exhuma Salip The Moon

Foto: Next Entertainment World
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)