Ini Cara Ospek Daring di Kampus Luar Negeri, dari Harvard sampai Oxford

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 11:00 WIB
loading...
Ini Cara Ospek Daring di Kampus Luar Negeri, dari Harvard sampai Oxford
Delft University of Technology di Belanda juga menerapkan ospek daring untuk para mahasiswa barunya. Foto/Mecanoo
A A A
JAKARTA - Pandemi bukan cuma menyerang Indonesia aja, tapi seluruh dunia, makanya kampus-kampus di seluruh dunia juga memutar otak untuk bisa membuat orientasi untuk mahasiswa barunya saat masa pandemi.

Kayak apa kampus-kampus tersebut melakukan ospek daringnya? Ini rangkumannya.

1. HARVARD UNIVERSITY, AMERIKA SERIKAT


Ini Cara Ospek Daring di Kampus Luar Negeri, dari Harvard sampai Oxford

Foto: Boston Business Journal

Seluruh rangkaian acara dikemas dan dilakukan dalam berbagai bentukan kegiatan seperti diskusi dalam kelompok kecil, open house, live webinar, dan rekaman video serta presentasi. Setiap mahasiswa bisa mengakses modul yang tersedia secara mandiri dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, untuk menjaga komunikasi antara mahasiswa, Program Common Reading dan Community Conversations juga diselenggarakan secara daring.

Program Commong Reading memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk membaca satu dari empat buku yang direkomendasikan, kemudian berbekal reading guide yang disediakan, mereka akan berdiskusi mengenai isu yang diangkat oleh buku-buku tersebut. Tahun ini tema yang diangkat adalah mengenai perubahan iklim.

Sementara itu, program Community Conversations yang bertujuan untuk menjadi wadah perkenalan mahasiswa baru dari berbagai latar belakang juga digelar secara daring.

Pada program ini, mahasiswa disuguhkan enam buah isu yang berkaitan dengan identitas dan latar belakang seseorang. Harapannya nantinya, mahasiswa baru bisa beradaptasi dan menyikapi perbedaan di Harvard dengan baik.

2. UNIVERSITY OF OXFORD, INGGRIS

Ini Cara Ospek Daring di Kampus Luar Negeri, dari Harvard sampai Oxford

Foto: Carl Court/Getty Images

Terdapat program "Know Your Oxford: Guided Audio Tour for New and Prospective Students". Program ini berupa pengenalan lingkungan kampus yang dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di ponsel atau dapat diakses secara langsung melalui situs web University of Oxford.

Lewat aplikasi tersebut, mahasiswa baru dikenalkan dengan kehidupan di University of Oxford lewat teknologi berbasis 3D dan augmented reality.

Program tersebut selain bertujuan untuk mengenalkan lingkungan kampus, juga berisi tips-tips praktis menjadi mahasiswa di University of Oxford, di antaranya tentang organisasi mahasiswa, layanan universitas, toko, dan supermarket yang ramah untuk mahasiswa.

3. NATIONAL UNIVERSITY OF SINGAPORE (NUS)

Ini Cara Ospek Daring di Kampus Luar Negeri, dari Harvard sampai Oxford

Foto: sholarship-positions.com

Menyediakan situs web yang bisa diakses oleh seluruh mahasiswa barunya. Orientasi mahasiswa baru tahun ini diberi nama NEXUS.

NEXUS terdiri dari beberapa program seperti, pengenalan kampus dan komunitas, Student Life Fair, dan disediakan juga buku panduan berjudul Freshmen 101 yang berisi informasi-informasi penting untuk digunakan selama menjadi mahasiswa NUS.

4. DELFT UNIVERSITY OF TECHNOLOGY, BELANDA

Ini Cara Ospek Daring di Kampus Luar Negeri, dari Harvard sampai Oxford

Foto: tudelft.nl

Kampus ini punya rangkaian kegiatan daring berupa upacara pembukaan, forum asosiasi mahasiswa, lokakarya memasak, dan tur kampus. Selain itu, disediakan pula e-book berjudul BINAS yang berisi segala informasi baik primer maupun sekunder yang sekiranya diperlukan selama berkuliah di Delft.

Yang unik, acara orientasi mahasiswa baru ini akan ditutup dengan penampilan DJ di atap EWI, yang merupakan gedung tertinggi di DELFT.

5. FLORIDA INTERNATIONAL UNIVERSITY, AMERIKA SERIKAT

Ini Cara Ospek Daring di Kampus Luar Negeri, dari Harvard sampai Oxford

Foto: fiu.edu

Di sini, diadakan orientasi untuk mahasiswa barunya melalui beberapa sesi yang diselenggarakan di aplikasi Zoom. Sesi-sesi tersebut meliputi pengenalan kampus, pembekalan mengenai kurikulum, pemilihan kelas, dan keuangan.

Selain itu, mahasiswa juga akan bertemu dengan pembimbing akademiknya yang akan membantu mereka dalam pemilihan kelas pertamanya. Untuk memperkenalkan lingkungan kampusnya, kampus ini juga membuat sebuah video virtual campus tour yang dapat diakses di situs webnya.

GenSINDO
Iffah Sulistyawati Hartana
Institut Teknologi Bandung
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)