Daftar Pekerjaan Idaman Anak Muda di Korea, dari Anak SD sampai SMA

Senin, 27 November 2023 - 11:23 WIB
loading...
Daftar Pekerjaan Idaman Anak Muda di Korea, dari Anak SD sampai SMA
Pekerjaan menjadi guru jadi profesi idaman anak-anak SMP dan SMA di Korea Selatan. Foto/Jung Yeon-je, AFP, Getty Images
A A A
SEOUL - Daftar pekerjaan idaman anak muda di Korea Selatan pada 2023 berbeda-beda, bergantung pada tingkat pendidikan mereka saat ini. Namun guru dan atlet jadi salah satu yang terdepan.

Hasil tersebut diperoleh dari survei Kementerian Pendidikan Korea Selatan bersama Korean Research Institute for Vocational Education yang dirilis pada 26 November 2023. Survei dilakukan pada 5-18 Juli 2023 pada 38.302 siswa SD, SMP, dan SMA.

Dalam memilih profesi tersebut, mereka mempertimbangkan prinsip "mengerjakan sesuatu yang disukai" serta "besaran gaji". Selain itu, terdapat beberapa perbedaan antara hasil survei pada tahun ini dengan tahun-tahun ke belakang.



Berikut ini adalah profesi idaman para murid SD, SMP, dan SMA di Korea Selatan pada 2023.

Pekerjaan Idaman Para Murid SD


1. Atlet

Posisi pertama untuk profesi idaman para murid SD adalah atlet. Mengutip Korea Herald, Kementerian Pendidikan menduga hal ini bisa jadi karena banyaknya perhelatan olahraga yang diadakan pada 2023, mulai dari Asian Games hingga kualifikasi Piala Dunia.

Meski begitu, profesi atlet sebenarnya sudah menjadi pekerjaan idaman anak-anak SD sejak 2018. Ini terjadi saat digelarnya Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, tepatnya di PyeongChang.

2. Dokter

Profesi idaman berikutnya adalah dokter, yang kembali naik posisinya pada 2023. Pada 2020 dan 2021, pekerjaan ini ada di posisi 2, tapi turun ke peringkat 4 pada 2022.

3. Guru

Profesi guru tak hanya diminati oleh para murid SD, tapi juga dari level pendidikan di atasnya. Perlu dicatat, survei ini dilakukan sebelum terjadinya aksi bunuh diri oleh seorang guru SD di Seoul pada akhir Juli lalu, akibat perisakan dari orang tua murid.

4. Kreator Konten Digital

Sempat populer pada tahun-tahun sebelumnya, menjadi kreator konten digital seperti youtuber turun ke posisi keempat pada 2023 untuk profesi idaman para murid SD.

Daftar Pekerjaan Idaman Anak Muda di Korea, dari Anak SD sampai SMA

Atlet Son Heung-Min. Foto:Chung Sung-Jun/Getty Images

Pekerjaan Idaman Para Murid SMP

1. Guru
2. Dokter
3. Atlet

Hasil ini sama dengan tahun lalu.

Pekerjaan Idaman Para Murid SMA

1. Guru
2. Perawat
3. Ahli sains
4. Rekayasawan komputer (computer engineer) atau pembuat perangkat lunak (software developer)
5. Dokter

Profesi idaman lainnya yang menonjol adalah menjadi 3D printing specialist, ahli drone, pembuat robot, dan analis big data dan statistik.

Yang menarik, minat untuk menjadi PNS atau tentara menyusut pada 2023. Pada 2022, para murid SMP masih menempatkan pekerjaan sebagai PNS di peringkat 10. Namun pada tahun ini turun ke posisi 17.



Sementara di tingkat para murid SMA, menjadi tentara atau berkarier di dunia militer tak lagi menjadi idaman utama. Pada 2022, profesi itu ada di peringkat 3, dan tahun ini merosot ke posisi 11.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3047 seconds (0.1#10.140)