Profil 11 Jenis Kyojin yang Ada di Sepanjang Attack on Titan

Senin, 30 Oktober 2023 - 21:01 WIB
loading...
Profil 11 Jenis Kyojin yang Ada di Sepanjang Attack on Titan
Di sepanjang Attack on Titan, terdapat 11 jenis Titan yang punya bentuk dan kemampuan berbeda. Mereka berbentuk seperti manusia dan suka memakan manusia. (Foto: Crunchyroll)
A A A
Titan atau Kyojin alias Raksasa adalah spesies raksasa, humanoid pemakan manusia yang menjadi katalis di Attack in Titan . Orang-orang yang tinggal di dalam Tembok tahu kalau mereka kali pertama muncul sekitar 107 tahun sebelum tahun 850 dan dengan cepat membinasakan umat manusia sampai nyaris punah. Faktanya, mereka adalah manusia yang diubah dan dikenal sebagai Subyek Ymir. Mereka sudah eksis selama hampir 2.000 tahun.

Titan ini muncul setelah seorang budak bernama Ymir menemukan pohon besar. Ymir tidak tahu kalau di dalamnya ada lubang penuh air. Dia masuk dan jatuh ke lubang itu. Ketika dia tenggelam, entitas mirip tulang belakang menempelkan dirinya ke punggung Ymir dan menjadikannya sebagai Titan pertama.

Dengan kekuatan baru, Ymir kembali ke Eldia dan melayani Raja Fritz. Dia akhirnya mengandung tiga putri raja itu. Ketika Ymir meninggal, Fritz memerintahkan anak-anaknya memakan Ymir untuk mendapatkan kekuatannya. Tindakan itu memecah kekuatan Ymir. Pada akhirnya kekuatan itu pecah menjadi sembilan Titan. Selain Sembilan Titan itu, masih ada dua jenis Titan lain. Apa saja jenis Titan yang ada di Attack on Titan? Simak ulasannya berikut!



1. Founding Titan

Profil 11 Jenis Kyojin yang Ada di Sepanjang Attack on Titan

Foto: Giant Freaking Robot

Nama: Shiso no Kyojin
Pengguna: Eren Jaeger, Grisha Jaeger, Frieda Reiss, Uri Reiss, Ayah Rod dan Uri, Karl Fritz, Ymir Fritz
Tinggi: 13 Meter
Kemampuan Khusus: Menciptakan Titan

Founding Titan atau Titan Pendiri juga dikenal sebagai Titan Nenek Moyang dan Koordinat. Titan ini adalah yang pertama dari semua jenis Titan dengan kemampuan menciptakan dan mengendalikan yang lain. Titan ini juga bisa memodifikasi ingatan dan tubuh Subyek Ymir dengan Kemampuan Koordinasi-nya. Meski Founding Titan saat ini dikuasia Eren, kekuatannya secara sejarah hanya bisa didapatkan anggota keluarga kerajaan. Titan ini punya sejumlah kemampuan, termasuk menciptakan dan mengendalikan Titan, pengubahan memori, dan komunikasi telepati.

Kekuatannya untuk memerintah Titan lain digunakan Eren dalam usahanya melindungi Mikasa. Sementara, manipulasi anatominya digunakan Raja Eldia untuk membuat Subyek Ymir kebal terhadap epidemi. Titan ini bisa lebih tinggi dari ukuran aslinya ketika kemampuan penuhnya diketuk. Di Perang untuk Paradis, Jean pergi ke kepala Founding Titan dan meledakkan peledak setelah memasangnya di leher Titan itu. Ledakan itu memenggal kepala Titan dan Sumber semua materi hidup.

2. Titan Murni

Profil 11 Jenis Kyojin yang Ada di Sepanjang Attack on Titan

Foto: Game Rant

Nama: Muku no Kyojin
Pengguna: Varis, Dot Pixis, Nile Dok, Roeg
Tinggi: 15 Meter
Kemampuan Khusus: -

Titan Murni mirip manusia tapi dengan bentuk yang besarnya berbeda-beda. Mayoritas Titan yang tampil di manga dan anime masuk kategori ini. Meski dibuat mirip dengan tipe Titan lain, Titan Murni tidak bisa berpikir dan cenderung menyerang manusia tanpa pilih-pilih. Mereka sering kali berbahaya karena jumlah, kekuatan besar, dan ukurannya.

Titan Murni sudah digunakan sebagai senjata perang sejak mereka muncul. Pertama, digunakan Eldia dan sekarang Marley. Titan ini hanya bisa dibunuh dengan cara memotong tengkuk mereka dengan dua pedang. Salah satu Titan Murni yang berhasil ditangkap Pasukan Pengintai dinamakan Bean. Dia adalah satu dari dua Titan yang dibiarkan hidup demi eksperimen untuk memahami sifat dan kelemahan mereka.

3. Titan Abnormal

Profil 11 Jenis Kyojin yang Ada di Sepanjang Attack on Titan

Foto: Attack on Titan Wiki – Fandom

Nama: Kikou-shu no Kyojin
Pengguna: Dina Fritz, Ms. Springer, Rod Reiss
Tinggi: 120 Meter
Kemampuan Khusus: Bicara, Berjalan Cepat, Melompat, Ukuran, dll

Titan Abnormal adalah salah satu jenis Titan paling aneh. Abnormal adalah Titan Murni yang menampakkan perilaku aneh dan kecerdasan, yang membuat mereka bisa melakukan langkah tak terduga saat bertarung. Abnormal cenderung mengabaikan manusia di dekatnya dan pindah ke lokasi stategis demi menciptakan lebih banyak kerusakan. Titan ini bisa melakukan lompatan besar, berlari, berjalan cepat, dan, dalam beberapa kasus, berkomunikasi dengan lidah manusia.

Kemampuan Titan Abnormal dalam membentuk pikiran dan berbicara dikisahkan di buku harian Ilse Langnar, yang bertemu Titan di tengah pembantaian massal. Titan itu menyebut Ilse sebagai Lady Ymir karena mengira dia sebagai Ymir Fritz dan menyapanya dengan hormat. Bingung, Ilse jadi frustrasi saat berusaha berkomunikasi. Eksistensi Titan Abnormal memaksa manusia mendekatinya dengan prespektif yang lebih bernuansa karena tidak semua Titan adalah pembunuh tanpa otak yang ingin makan daging manusia.

4. Titan Zirah

Profil 11 Jenis Kyojin yang Ada di Sepanjang Attack on Titan

Foto: SportsKeeda

Nama: Yoroi no Kyojin
Pengguna: Reiner Braun
Tinggi: 15 Meter
Kemampuan Khusus: Plat zirah keras di kulit

Titan Zirah mirip Superstar WWE Brock Lesnar. Titan ini punya plat tebal dan keras di seluruh tubuhnya, yang bertindak sebagai pertahanan alamiah terhadap serangan eksternal termasuk tembakan meriam, pedang baja, dan perlengkapan manuver vertika. Ini membuatnya menjadi tipe Titan dengan pertahanan terkuat.

Selain itu, Titan ini juga bisa mengeraskan tangan dan kakinya, yang menciptakan cakar tajam. Kelemahan Titan ini adalah bagian belakang sendinya yang tidak berzirah. Fakta kalau zirah ini tidak mampu melawan persenjataan bertenaga tinggi juga menjadi titik lemahnnya. Pada akhirnya, Titan Zirah ini menghilang begitu semua Titan Murni kembali ke bentuk manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)