9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU

Selasa, 24 Oktober 2023 - 21:21 WIB
loading...
9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU
Kecerdasan buatan (AI) paling canggih Marvel sudah ada yang tampil di Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebagian besar membantu para jagoan menghadapi ancaman. (Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki - Fandom)
A A A
Ada banyak Kecerdasan Buatan (AI) unik di dunia komik Marvel yang telah dipakai di Marvel Cinematic Universe (MCU). Tapi, sebagian terbukti jauh lebih menarik dan kuat dibanding yang lain. AI-AI ini juga punya pengaruh besar terhadap aksi para superhero kesayangan penggemar.

Kehadiran AI di film-film superhero MCU ini bukanlah sesuatu ang aneh. Karena genre superhero berakar dari science fiction, maka MCU pun punya teknologi masa depan. Jadi, AI bukan sesuatu yang aneh untuk tampil di franchise itu karena di sana selalu ada satu tipe teknologi yang tampil di hampir setiap proyek.

Ada banyak sistem AI berbeda yang dipakai di MCU yang punya berbagai macam tujuan. Masing-masing AI ini muncul dengan kepribadian berbeda, yang membuat AI ini bisa menjadi antagonis, protagonis, atau di tengah-tengahnya. Seperti karakter utama, tidak ada dua AI yang sama persis, meski dibuat orang yang sama. Di sepanjang MCU, sebagian besar AI adalah buatan Tony Stark. Apa saja AI paling canggih yang pernah tampil di MCU? Simak ulasannya berikut!



9. Arnim Zola

9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Arnim Zola adalah salah satu penjahat utama di Captain America: The First Avenger. Dia bekerja sama Red Skull sebagai ilmuwan Hydra dan menggunakan Tesseract untuk mendayai senjata. Zola kemudian tampil di Captain America: The Winter Soldier ketika Steve Rogers dan Natasha Romanoff mengunjungi Camp Lehigh, di mana mereka tahu kalau Zola mulai bekerja dengan SHIELD setelah ditangkap.

Audiens tahu kalau Zola telah menciptakan algoritme untuk Hydra untuk menyingkirkan semua ancaman potensial. Mereka juga tahu kalau Zola telah mengunggah pikirannya di 60,97 km bank data, dengan mengubah dirinya menjadi AI setelah tahu kalau dia sekarat. AI itu akhirnya hancur ketika anggota Hydra di SHIELD meluncurkan rudal ke Camp itu untuk membunuh Steve dan Natasha.

8. Griot

9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Griot adalah AI yang diciptakan dan digunakan Shuri di laboratoriumnya di Wakanda. AI itu membantu Agen Ross memiloti Pesawat Tempur Talon Wakanda dari jarak jauh. Saat itu, dia mengejar dan menembak jatuh tiga pesawat penuh senjata yang dikirimkan Killmonger ke London, New York, dan Hong Kong.

7. Karen

9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Karen adalah sebuah interface yang dipasang di kostum Spider-Man. Kostum itu dirancang dan diberikan Tony Stark kepada Peter Parker di Captain America: Civil War. Tapi, kemampuan itu baru bisa dibuka di Spider-Man: Homecoming setelah Peter dan Ned melewati Protokol Roda Latihan.

Fitur utamanya adalah membuat Peter dengan mudah memilih satu dari 576 kombinasi penembak jaring, termasuk jaring taser dan kejut. Dia juga memberinya akses ke fitur pengawasan mutakhir dan juga mode pembunuhan instan. Kemampuan ini membuat Peter dengan cepat membunuh siapa pun yang dia sentuh. Fitur ini tidak dia pakai sampai menghadapi lawan di Avengers: Endgame.

6. Edith

9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU

Foto: ScreenGeek

Edith adalah singkatan dari Even Dead, I’m The Hero (Meski sudah Mati, Akulah Sang Pahlawan). Dia adalah sistem pertahanan yang diberikan kepada Peter Parker di Spider-Man: Far from Home. Talos, yang menyamar sebagai Nick Fury, adalah orang yang memberikannya.

Sistem itu ditempatkan di sepasang kacamata hitam dan bisa mengakses sejumlah pertahanan Satelit Stark Industries, termasuk sejumlah drone dan rudal. Peter sempat memberikan kacamata itu kepada Quentin Beck, karena percaya dia lebih layak mendapatkannya. Tapi, Peter bisa mendapatkannya kembali setelah mengalahkan penjahat itu di London. Dia pun kembali mendapatkan kendali atas AI itu.

5. Friday

9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU

Foto: Heroes Wiki – Fandom

Friday adalah singkatan dari Female Replacement Intelligent Digital Assistant Youth (Asisten Muda Digital Kecerdasan Pengganti Wanita). Dia adalah AI yang diciptakan dan diciptakan Tony Stark untuk menggantikan Jarvis setelah dia diunggah menjadi Vision di Avengers: Age of Ultron. Seperti Jarvis, Friday bisa mengendalikan sistem di berbagai zirah Iron Man. Dia digunakan Tony sampai dia mati di Avengers: Endgame.

4. Ultron

9 Kecerdasan Buatan Paling Canggih Marvel di Film MCU

Foto: Slash Film

Ultron adalah program penjaga perdamaian yang awalnya diciptakan Tony Stark dari batu pikiran dengan harapan bisa menggantikan Avengers untuk melindungi bumi. Sayang, Ultron terkorupsi dan memutuskan kalau umat manusia adalah penyebab kurangnya perdamaian di bumi. Begitu lahir, dia lantas menyerang Jarvis, kabur lewat internet, menciptakan tubuh dari Vibrarium, dan mengambil alih robot ciptaan Hydra.

Setelah gagal mengakses kode nuklir dunia, Ultron mengangkat Sokovia dan menggunakannya untuk menghancurkan bumi. Sementara Sokovia tidak bisa diselamatkan, Avengers bisa menyelamatkan warga sipil dan Wanda Maximoff mencabut jantung Ultron sebagai balas dendam atas kematian kakaknya. Sentry terakhir Ultron di dunia utama MCU dihancurkan Vision. Sementara, di Doctor Strange in the Multiverse of Madness menunjukkan versi Ultron yang tidak jahat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)