10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!

Minggu, 08 Oktober 2023 - 22:32 WIB
loading...
10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!
Film horor bukanlah genre yang memakan banyak anggaran. Tapi, sejumlah film horor yang sukses dibuat dengan dana besar yang setara dengan film fantasi action. (Foto: Bloody Disgusting)
A A A
Film horor biasanya bukanlah film yang dibuat dengan dana besar. Sering kali, film genre ini dibuat dengan dana sederhana meski punya efek yang mengerikan dan bikin merinding penontonnya. Tapi, film-film ini tetap laku keras di antara para penggemarnya.

Film horor paling laris di dunia, IT, dibuat dengan dana yang lumayan kecil, yaitu USD35 juta. Tapi, film itu kemudian menjadi film horor paling laris sepanjang sejarah dengan meraup USD701 juta atau 20 kali dari modalnya. Prestasi ini membuat produsernya menambah anggaran untuk sekuelnya. Sayang, film itu tak sesukses pendahulunya.

Sejumlah produser film horor juga tak jarang bertaruh dengan biaya produksi. Inilah yang membuat sejumlah film horor dibuat dengan biaya yang fantastis. Sebagian film horor berdana besar ini memang mampu meraup angka lumayan di box office. Tapi, tidak semuanya mereguk sukses besar. Apa saja film horor paling mahal yang pernah dibuat? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



10. The Haunting — 1999

10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!

Foto: Amblin

The Haunting adalah remake film horor dengan judul sama yang dirilis pada 1963. Remake itu dipenuhi bintang-bintang tenar saat itu, seperti Catherine Zeta-Jones, Owen Wilson, Liam Neeson, dan Lili Taylor. Film itu mengisahkan tentang sekelompok pakar paranormal yang menginvestigasi penampakan di sebuah rumah berhantu. Tapi, mereka malah berjuang bertahan hidup karena rumah itu melawan.

Film itu disutradarai Jan De Bont, yang menukangi sejumlah film sukses, termasuk Speed dan Twister. Jadi, studio pembuatnya mungkin merasa percaya diri untuk menggelontorkan USD80 juta untuk remake itu. Meski tidak sukses secara kritis, film itu berhasil meraup lebih dari USD177 juta di box office.

9. Hannibal — 2001

10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!

Foto: USA Today

Hannibal adalah sekuel The Silence of the Lambs. Di film itu, Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) tinggal di pengasingan di Italia. Dia menghubungi agen FBI Clarice Starling (Julianne Moore), tapi malah menemukan dirinya menjadi target seorang mantan korban yang kuat.

Sekuel itu dibuat dengan anggaran USD87 juta. Film itu lantas meraup USD351,6 juta di box office atau lebih dari empat kali modal pembuatannya. Film itu menjadi salah satu film horor terlaris pada 2000-an.

8. Hollow Man — 2001

10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!

Foto: Little White Lies

Setelah sekelompok ilmuwan menemukan kalau mereka bisa membuat hewan jadi tak kasat mata, mereka mengujinya pada manusia. Dr. Sebastian Caine, yang diperankan Kevin Bacon, bersuka rela menjadi subyeknya. Tapi, ketika eksperimen itu tidak bisa dikembalikan, kepribadiannya pun jadi korban. Dia lantas memburu dan membunuh koleganya.

Hollow Man dicaci kritikus. Tapi, film itu meraup hampir setara dengan anggarannya. Film itu dibuat dengan anggaran USD95 juta dan meraup USD190 juta di box office. Film itu bahkan meraih nominasi Oscar untuk Visual Effect Terbaik.

7. Alien: Coventant — 2017

10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!

Foto: Bloody Disgusting

Alien: Covenant dilihat sebagai kekacauan. Film itu memberikan Xenomorph klasik lebih banyak dari Prometheus, tapi kurang perkembangan baru yang menyenangkan. Dengan Alien begitu berharga bagi Fox, studio itu menggelontorkan dana besar untuk film Covenant.

Alien: Covenant dibuat dengan anggaran USD97 juta, tanpa menghitung biaya marketing. Film itu tidak laku di pasar domestik dengan hanya meraup USD74,3 juta. Tapi, film itu meraup total USD240,9 juta dari seluruh dunia. Meski begitu, angka itu masih mengecewakan karena jauh dari pencapaian Prometheus.

6. End of Days — 1999

10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!

Foto: Google Play

Pada akhir abad, Iblis memutuskan mengunjungi New York City untuk merasuki tubuh seorang pria dan mencari mempelai wanita terpilihnya, Christine York (Robin Tunney). Kalau dia melahirkan sebelum tengah malam pada malam Tahun Baru, maka dunia akan kiamat. Seorang polisi atheis, Jerico Cane (Arnold Schwarzenegger), harus menghentikannya.

Meski Arnold adalah salah satu bintang yang menghasilkan uang banyak pada era 80 dan 90-an, peran itu sebenarnya ditulis untuk Tom Cruise, yang menolak peran itu demi film Magnolia. Tapi, film itu tetap diberi anggaran besar, yaitu USD100 juta. Film itu dicaci maki kritikus dan meraup USD211,9 juta di box office.

5. What Lies Beneath — 2000

10 Film Horor Paling Mahal, Ada yang Enggak Laku di Bioskop!

Foto: Plugged In
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)