10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Kamis, 08 Juni 2023 - 20:09 WIB
loading...
10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?
Film horor membawa penontonnya mengalami petualangan menegangkan penuh teror ketika menontonnya. Sejumlah film ini mampu meraup pendapatan yang lumayan besar. (Foto: GQ)
A A A
Film horor selalu menemukan penggemarnya kapan saja. Banyak orang yang menonton film genre ini karena penasaran dengan ketegangannya atau sekadar mencari hiburan. Cerita film horor terkadang tidak setebal jump scare atau ketegangan yang ditampilkan, tapi ini tidak membuat penonton tidak bersemangat.

Selama bertahun-tahun, film horor selalu punya tempat khusus di sejarah sinema. Genre ini membuka jalannya sendiri untuk menjadi legenda. Sejumlah film horor bahkan menjadi sebuah kultus yang punya banyak pengikut dan terus dipuji kehadirannya. Beberapa bahkan menjadi franchise besar dengan banyak film.

Meski begitu, dari sisi pendapatan, film horor mungkin tidak sespektakuler genre action, petualangan, superhero, fantasi, atau bahkan animasi. Sampai sekarang, belum ada film horor yang mampu menembus USD1 miliar di box office. Namun, tetap saja, genre ini sangat dinantikan penggemarnya setiap saat. Apa saja film horor terlaris sepanjang masa? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



10. Hannibal — USD351,6 juta

10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Foto: Letterboxd

Sutradara: Ridley Scott
Pemeran: Anthony Hopkins dan Julianne Moore
Tanggal Rilis: Februari 2001
Tayang: -

Hannibal adalah sekuel Silence of the Lamb. Film ini berkisah tentang agen FBI, Clarice Starling, yang berusaha menangkap Hannibal Lecter sebelum seorang korbannya yang berhasil bertahan hidup melakukannya. Di film ini, Clarice Starling tidak lagi diperankan Jodie Foster yang menolak kembali ke film ini karena materi sumbernya terlalu kejam. Meski begitu, antisipasi terhadap film ini masih tinggi dan penampilan Hannibal tidak mengecewakan.

9. The Nun — USD365,5 juta

10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Foto: Syfy

Sutradara: Corin Hardy
Pemeran: Demian Bichir, Taissa Farmiga, dan Jonas Bloquet
Tanggal Rilis: September 2018
Tayang: HBO Go

Seri kelima di The Conjuring Universe, The Nun, adalah spin off The Conjuring 2. Film ini berkisah tentang seorang biarawati yang berusaha menguak rahasia tidak suci di Rumania pada 1952. Sementara dikritik karena plotnya yang leman, film ini dipuji atas atmosfir mengerikannya dan penampilan yang bagus. Audiens memadati bioskop demi melihat biarawati iblis, Valak, yang menyebabkan The Nun menjadi film terlaris di seluruh franchise ini.

8. Prometheus — USD403,3 juta

10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Foto: No Film School

Sutradara: Ridley Scott
Pemeran: Noomi Rapace, Michael Fassbender, Charlize Theron, Logan Marshall-Green, Idris Elba, dan Guy Pearce
Tanggal Rilis: Juni 2012
Tayang: Disney+ Hotstar

Prometheus adalah kuasi-prekuel Alien, yang dirilis pada 1979. Film ini membuka jalan dan ceritanya sendiri, terpisah dari apa yang sudah muncul sebelumnya meski terjadi di semesta yang sama. Film ini mengisahkan tentang kru penjelajah antariksa yang berusaha menguak asal usul manusia. Alih-alih, mereka malah menemukan ancaman mengerikan yang bisa mengakhiri spesies manusia. Meski gagal memenuhi harapan studio, film ini disukai penonton. Prometheus dinominasikan untuk Visual Effect Terbaik di Oscar.

7. Signs — USD408,2 juta

10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Foto: WordPress.com

Sutradara: M. Night Shyamalan
Pemeran: Mel Gibson dan Joaquin Phoenix.
Tanggal Rilis: Agustus 2002
Tayang: -

Signs mengisahkan tentang seorang mantan pendeta dan keluarganya yang menemukan serangkaian crop circles yang menyebabkan invasi alien ke bumi. Film ini melaju dengan baik, diselingi humor dan dipenuhi suspense yang cukup membuat penonton tegang di sepanjang filmnya. Film ini paling diingat atas adegan pesta ulang tahun yang dianggap sebagai salah satu adegan paling mengerikan dalam sejarah film.

6. The Exorcist — USD441,3 Juta

10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Foto: Lolo Loves Film

Sutradara: William Friedken
Pemeran: Linda Blair, Jason Miller, Max von Sydow, Vasiliki Maliaros, dan Jack MacGowran
Tanggal Rilis: Oktober 1973
Tayang: CatchPlay

The Exorcist diangkat dari novel karya William Peter Blatty. Film ini berkisah tentang seorang gadis kecil yang dirasuki iblis dan pengusiran setan yang dilakukan dua orang pastor Katolik. Dipuji sebagai salah satu film horor paling menakutkan sepanjang masa, film ini duduk sebagai film horor dewasa paling laris selama hampir 45 tahun sebelum dilengserkan IT: Chapter One pada 2017. Efek budaya The Exorcist masih dirasakan sampai hari ini. The Exorcist adalah film horor pertama yang dinominasikan untuk film terbaik Oscar.

5. IT: Chapter Two — USD473 juta

10 Film Horor Paling Cuan Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Foto: Entertainment Weekly
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2657 seconds (0.1#10.140)