Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Senin, 18 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU
Sejumlah penjahat utama di dunia komik Marvel telah disinggung keberadaannya di Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun, mereka belum tampil secara utuh di film. (Foto: IGN SEA)
A A A
Ada banyak penjahat Marvel yang telah disinggung di Marvel Cinematic Universe (MCU), tapi belum digunakan sepenuhnya. Di antara penjahat-penjahat itu, ada supervillain yang kehadirannya telah dinantikan para penggemar. Beberapa di antaranya sudah berkali-kali disinggung.

Para penjahat ini bahkan ada yang sudah diperkenalkan di awal MCU. Tapi, dia belum punya kesempatan untuk tampil menghadapi para superhero kesayangan penggemar ini. Sementara, beberapa karakter yang telah diperkenalkan, sebenarnya adalah penjahat. Tapi, mereka belum berubah ke jalan kejahatan itu.

Meski begitu, beberapa di antara penjahat yang telah disinggung ini sepertinya akan tampil di proyek terbaru MCU. Mereka telah dijadwalkan muncul dalam kapasitas sebagai lawan karakter utama di franchise ini. Sementara yang lainnya masih ditunggu kehadirannya secara fisik. Siapa saja penjahat Marvel yang sudah disinggung tapi belum tampil di MCU secara utuh? Simak ulasannya berikut!



10. Sharon Carter/Power Broker

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: Syfy

Sharon Carter sudah lama beredar di MCU dan punya hubungan baik dengan Captain America, Falcon, dan Bucky. Tapi, setelah jentikan jari Hulk, nasibnya berubah. Setelah tidak lagi menjadi agen SHIELD dan agen CIA, Sharon akhirnya masuk ke jalan kejahatan. The Falcon and the Winter Soldier mengungkapkan Sharon sebagai Power Broker.

Dia beroperasi di Madripoor sebagai penjual senjata di pasar gelap. Sebagai agen ganda, dia kini punya akses ke rahasia pemerintah setelah dia kembali dijadikan agen CIA di akhir serial itu. Dia mengonfirmasi niatnya untuk menggunakan rahasia dan sumber daya itu demi kepentingannya. Tapi, MCU belum melihat Power Broker lagi dan apa kemampuannya.

9. Dark Mordo

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: MCU Wiki – Fandom

Karl Mordo diperkenalkan sebagai teman Doctor Strange di film pertamanya pad 2016. Tapi, di akhir film itu, Mordo berevolusi ke jalan gelap dan tidak lagi terlihat. Di adegan pascakredit itu, Mordo dibangun sebagai ancaman besar yang mencuri sihir di lini masa utama MCU.

Tapi, Mordo versi Earth-616 ini tidak tampil di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Alih-alih, film itu malah menampilkan Mordo dari Earth-838 yang telah mengambil alih tempat Strange sebagai Penyihir Agung. Dengan begitu, Mordo MCU asli masih ada di luar sana dan mencuri sihir dari orang lain.

8. The Leader

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: MCU Wiki – Fandom

Samuel Sterns tampil di salah satu film pertama MCU, The Incredible Hulk. Dia telah dibangun menjadi penjahat besar Hulk dari komik dengan nama The Leader. Di The Incredible Hulk, kening Sterns terkena satu tetesan darah terkontaminasi Gamma Hulk.

Insiden ini segera mulai memutasi otaknya. Tapi, The Leader belum pernah terlihat di MCU sejak film itu. Meski begitu, penggemar akan bertemu karakter ini dalam waktu dekat karena The Leader telah dijadwalkan muncul sebagai penjahat di Captain America: Brave New World.

7. Nightmare

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: Syfy

Nightmare adalah penjahat dari dunia Doctor Strange. Tapi, namanya disinggung di serial Loki. Di season 1, Agen Mobius M Mobius menyinggung keberadaan departemen mimpi buruk di Otoritas Variasi Waktu (TVA).

Omongan Mobius itu mengindikasikan kalau Nightmare mungkin sudah menjadi ancaman yang sedang berlangsung di MCU. Tapi, dia belum memperlihatkan sosoknya secara utuh. Ada kemungkinan kalau dia akan dijadikan penjahat utama di Doctor Strange 3.

6. Scorpion

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: Villains Wiki – Fandom

Akhir Spider-Man: Homecoming memperkenalkan Mac Gargan alias Scorpion, yang merupakan salah satu penjahat di dunia Spider-Man. Di adegan pascakredit, dia berusaha menggali siapa Spider-Man ketika bertemu Adrian Toomes alias Vulture di penjara. Tapi, Vulture malah melindungi identitas asli Spider-Man.

Gargan ingin balas dendam kepada Spider-Man yang telah menjebloskannya ke penjara. Namun, sejak saat itu, Gargan belum tampil lagi di MCU. Ini mengindikasikan kalau Scorpion harus keluar dari penjara kalau memang ingin berhadapan dengan Spider-Man.

5. Venom

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: Vulture

Spider-Man: No Way Home menyinggung debut Venom di MCU. Meskipun Eddie Brock dan simbiotnya itu tiba di MCU bersama penjahat multiverse lainnya, mereka dikirim pulang ke semesta SSU di akhir film tersebut. Keduanya belum sempat bertemu Spider-Man di film tersebut.

Tapi, Venom meninggalkan satu bagian simbiotnya di film tersebut. Ini menyinggung Venom dan wadah baru simbiot itu di MCU. Terlebih, ini bisa mengindikasikan kalau Peter Parker bisa mengalami evolusi gelap dengan simbiot itu, seperti ceritanya di komik.

4. Ares

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: CBR

Thor: Ragnarok menampilkan Kontes Juara yang digelar Grandmaster di Sakaar. Meski pemenang saat itu adalah Hulk, tapi sejumlah pemenang sebelumnya terlihat dijadikan patung di tempat itu. Salah satunya adalah Ares.

Di komik, Ares merupakan karakter utama. Meski sudah disinggung, sampai saat ini, karakter itu belum ditampilkan. Tapi, penggemar mungkin tidak perlu menunggu lama. Thor: Love and Thunder telah memperkenalkan Zeus dan Hercules. Ares bisa saja menyusul untuk tampil.

3. Red Hulk

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: CinemaBlend

Thaddeus “Thunderbolt” Ross dijadwalkan kembali tampil di MCU, kini diperankan Harrison Ford menyusul meninggalnya aktor asli pemeran karakter itu, William Hurt. Ross bakal menjadi presiden Amerika Serikat (AS) di franchise itu. Di komik, Ross kemudian berubah menjadi Red Hulk.

Ada kemungkinan kalau Ross, yang ingin menangkap dan memanfaatkan Hulk sejak tampil di The Incredible Hulk, bakal mengalami evolusi sebagai Red Hulk. Kalau memang begitu, bukan sebuah kebetulan kalau Sterns tampil sebagai penjahat di film terbaru karena The Leader terlibat langsung dalam terciptanya Red Hulk. Baik Ross dan Sterns akan tampil di Captain America: Brave New World.

2. Prowler

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: Polygon

Spider-Man: Homecoming memperkenalkan Aaron Davis yang diperankan Donald Glover. Saat itu, dia adalah penjahat yang ditangkap dan ditanyai Spider-Man. Di komik, Aaron adalah Prowler, seorang penjahat besar dan juga paman Miles Morales, yang kemudian menjadi Spider-Man. Di film itu, Aaron sepertinya belum berubah menjadi Prowler.

Karakter ini kemudian muncul di film animasi produksi Sony, Spider-Man: Into the Spider-Verse. Di film itu, dia sudah mengenakan kostum canggih. Tapi, dia tewas di sana. Yang menarik, di Spider-Man: Across the Universe, Aaron muncul dalam bentuk live-action dengan masih diperankan Donald dengan kostum canggih itu. Ini mengisyaratkan kalau Prowler ada di MCU, tinggal menunggu debut saja.



1. Mephisto

Sudah Disinggung, 10 Penjahat Marvel Ini Belum Tampil di MCU

Foto: Den of Geek

Mephisto berpotensi menjadi prank terbesar di MCU. Karakter ini sudah disinggung sejak 2012 ketika sebuah file SHIELD di The Avengers merujuk langsung pada Raja Iblis. Tapi, sampai saat ini, karakter itu belum kunjung debut di MCU.

Meski begitu, MCU sudah meninggalkan banyak elemen ikonografi iblis itu yang bisa mengarah ke debut Mephisto. Elemen itu terlihat di WandaVision, Loki, dan bahkan di She-Hulk yang melibatkan iblis kambing. Sementara, aktor Sacha Baron Cohen dikabarkan telah di-cast untuk peran itu terkait serial Agatha dan Ironheart.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)