6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Selasa, 12 September 2023 - 21:21 WIB
loading...
6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan
Sejumlah kreator anime kondang pernah mendapatkan ancaman pembunuhan karena karya mereka. Keputusan yang dianggap kontroversial menjadi salah satu pemicunya. (Foto: Polygon)
A A A
Animator anime Bleach: Thousand Year Blood War – The Separation baru saja mendapatkan ancaman pembunuhan. Ancaman itu mereka terima dari para penggemar yang tidak suka karena kualitas animasi serial itu. Para penggemar itu bahkan melangkah terlalu jauh dengan mengancam anggota keluarga para staf itu dengan meminta mereka berhenti dari serial itu.

Para penggemar itu juga mengganggu para staf anime itu di Twitter alias X sebagai usaha untuk memaksakan perbaikan pada kualitas anima itu. Akibatnya, sejumlah anggota kunci tim animator Bleach: Thousand Year Blood War sampai mempertimbangkan untuk hengkang. Namun, sejumlah penggemar kemudian menyatakan dukungan untuk para staf itu dan mendorong mereka untuk terus berkarya.

Ancaman pembunuhan yang menimpa para staf anime Bleach: Thousand Year Blood War ini bukanlah yang pertama. Faktanya, sejumlah kreator animanga kondang pun pernah mendapatkan ancaman pembunuhan. Dalam sejumlah kasus, ancaman pembunuhan itu berasal dari fandom garis keras yang tidak suka keputusan yang diambil sang kreator. Siapa saja kreator anime yang pernah mendapatkan ancaman pembunuhan? Simak ulasannya berikut!



6. Tsukasa Fushimi — My Little Sister Can't Be This Cute

6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Foto: Fanpop

Pada 2012, kreator My Little Star Sister Can’t Be This Cute, Tsukasa Fushimi, mendapatkan ancaman pembunuhan dari seorang penggemar. Pasalnya, penggemar itu tidak senang dengan cara kreator itu memperlakukan karakter favoritnya. Menurut laporan, pria pengangguran berusia 32 tahun itu mengirikan 10 pesan mengancam kepada Fushimi.

“Mati, kamu brengsek,” “Aku akan temukan tempat tinggalmu”, dan “Aku akan membuatmu menyesali perbuatanmu”, adalah sejumlah pernyataan yang dikirimkan pria tersebut. Penggemar itu bahkan mengaku mengirim foto Fushimi yang sudah diedit yang memperlihatkan seolah Fushimi dipenggal kepalanya. Nama karakter yang membuat penggemar itu kecewa tidak disebutkan polisi, tapi penggemar menduga kalau itu adalah Kirino Kousaka. Fushimi kemudian mengungkapkan pengalamannya itu lewat alur manga karyanya tersebut.

5. Eiichiro Oda — One Piece

6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Foto: SportsKeeda

Fandom One Piece dikenal sangat menghormati Eiichiro Oda sebagai kreator serial ini. Meski sebagian ada yang kesal padanya karena tidak kunjung menamatkan serial ini, tapi tidak ada yang pernah melakukan tindakan nekat terhadap Oda. Namun, itu tidak membuat Oda terlepas dari ancaman pembunuhan.

Pada 2007, Oda menerima pesan teks di telepon selulernya selama dua bulan dari September sampai Desember tahun itu. Dia menerima sekitar 100 pesan teks yang semuanya berbunyi, “Mati. Mati.” Ternyata, pengirimnya bukan penggemar yang kesal padanya, tapi, istri asistennya sebelumnya yang kesal karena suaminya dipecat.

4. Kohei Horikoshi — My Hero Academia

6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Foto: CBR

Endeavor adalah salah satu karakter paling dibenci di My Hero Academia. Penggemar membenci pahlawan bernama asli Enji Todoroki itu karena kelakuannya pada anak-anaknya yang membuat mereka tersiksa. Istrinya, Rei, bahkan masuk rumah sakit jiwa karena ulahnya.

Ketika kreator serial ini, Kohei Horikoshi, membuat busur pertobatan Endeavor, penggemar malah tidak terima. Para penggemar tidak bisa memahami mengapa Endeavor harus mendapatkan kesempatan kedua karena kejahatannya dianggap tidak bisa dimaafkan. Saking tidak terimanya, sejumlah penggemar mengirimkan ancaman pembunuhan kepada Horikoshi.

3. Studio Gainax — Neon Genesis Evangelion

6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Foto: IGN

Animator dan staff pembuat anime Bleach: Thousand Year Blood War bukan yang pertama mendapatkan ancaman pembunuhan atas hasil kerja mereka. Sebelumnya, animator dan staf di studio Gainax juga mendapatkan ancaman serupa setelah merilis ending Neon Genesis Evangelion. Dua episode terakhir anime itu berfokus pada rusaknya mentalitas Shinji Ikari yang berusaha mengatasi konsekuensi berat Dampak Ketiga.

Penceritaan di dua episode terakhir itu mengecewakan penggemar, yang mengharapkan happy ending yang jelas. Penggemar yang tidak suka mengirimkan surat kebencian dan ancaman pembunuhan terhadap para kreator serial ini. Kantor Gainax, studio anime yang membuat serial ini, dirusak karena ending yang kontroversial itu. Tapi, ancaman itu tidak membuat para kreatornya gentar dengan finale-nya, The End of Evangelion, lebih meningkatkan surealisme-nya. Film itu juga memasukkan segmen yang menampilkan surat kebencian yang diterima para kreator itu.

2. Tite Kubo — Bleach

6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Foto: Epicstream

Sebelum animator dan staf pembuat anime Bleach: Thousand Year War Blood mendapatkan ancaman pembunuhan, kreator serial ini, Tite Kubo, dikabarkan sudah pernah mendapatkan ancaman serupa. Kubo diancam dibunuh pada 2012 ketika Byakuya Kuchiki tewas saat berhadapan dengan Quincy. Menurut sejumlah rumor, penggemar tidak terima kalau karakter ganteng itu mati begitu saja.

Namun, itu bukan satu-satunya kabar ancaman pembunuhan yang diterima Kubo. Mangaka itu juga dikabarkan mendapatkan ancaman pembunuhan karena tidak menjadikan Rukia sebagai pacar Ichigo. Hubungan asmara antara Ichigo dan Orihime masih menjadi salah satu keputusan paling kontroversial di akhir serial itu. Fandom bahkan terpecah karena hal tersebut.



1. Hajime Isayama — Attack on Titan

6 Kreator Anime yang Mendapatkan Ancaman Pembunuhan

Foto: Dexerto

Attack on Titan telah menjadi salah satu serial animanga terpopuler sepanjang masa. Sepanjang perjalanannya, serial ini telah mengalami berbagai kontroversi yang menyebabkan kreatornya, Hajime Isayama, menerima ancaman pembunuhan. Bahkan, ancaman itu sudah dia terima ketika serial itu dirilis pada 2013.

Ketika itu, Isayama bahkan mendapatkan lebih dari 1.000 ancaman pembunuhan. Sebagian besar ancaman itu disebabkan karena pemilihan karakter di serial itu yang dinilai terkait tokoh kontroversial Jepang di Perang Dunia II. Selain Isayama, staf Mappa juga sempat dicaki maki penggemar karena kualitas anime season 3 ketika serial itu pindah dari Wit. Sejumlah seiyuu-nya juga mendapatkan ancaman pembunuhan dari penggemar.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)