10 Film Korea Terbaik Pemenang Blue Dragon Film Awards Sedekade Terakhir

Rabu, 06 September 2023 - 09:12 WIB
loading...
A A A
A Taxi Driver diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada 1980. Kisahnya tentang sopir taksi bernama Kim Man-sun (Song Kang-ho) yang mengantar seorang jurnalis asal Jerman Peter (Thomas Kretschmann), menuju Provinsi Gwangju. Man-sun tidak tahu bahwa di sana telah menunggu demonstrasi yang nantinya tercatat sebagai salah satu yang terbesar dan paling berpengaruh di Korea Selatan.

6. 1987: When the Day Comes (Tahun 2018)

10 Film Korea Terbaik Pemenang Blue Dragon Film Awards Sedekade Terakhir

Foto: CJ Entertainment

Film ini juga masih terkait dengan gelombang protes para pemuda, terjadi pada masa June Democratic Uprising. Dalam 39th The Blue Dragon Awards, 1987: When the Day Comes mengalahkan The Spy Gone North, Along with the Gods: The Two Worlds, Little Forest, dan Dark Figure of Crime. Penontonnya di bioskop saat itu mencapai 7,2 juta orang.

Film 1987: When the Day Comes diawali dengan cerita tewasnya Park Jong-cheol, pelajar yang menjadi peserta demo saat diinterogasi polisi. Rakyat yang marah lantas berusaha membongkar kebenaran yang berusaha ditutupi oleh aparat. Kim Yoon-seok, Ha Jung-woo, Yoo Hae-jin, Kim Tae-ri, Park Hee-soon, dan Lee Hee-joon didapuk sebagai para pemainnya.

7. Parasite (Tahun 2019)

10 Film Korea Terbaik Pemenang Blue Dragon Film Awards Sedekade Terakhir

Foto: CJ Entertainment

Parasite mengalah Extreme Job, Exit, House of Hummingbird, dan Swing Kids. Lebih menakjubkan lagi, film thriller bercampur dark comedy ini juga memenangkan film terbaik dari Grand Bell Awards, Baeksang Arts Awards, Korean Association of Film Critics Awards, Busan Film Critics Awards, Academy Awards, dan British Academy Film Awards.

Parasite yang ditonton oleh lebih dari 10 juta orang di Korea ini mengisahkan tentang dua keluarga dengan status sosial yang jauh berbeda. Kehidupan mereka lantas bersinggungan, melibatkan penipuan dan intrik yang mendebarkan. Film ini dibintangi oleh Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam, serta tayang di Viu.

8. The Man Standing Next (Tahun 2020)

10 Film Korea Terbaik Pemenang Blue Dragon Film Awards Sedekade Terakhir

Foto: Showbox

Film drama politik ini menumbangkan Voice of Silence, Kim Ji-young: Born 1982, Moving On, dan Moonlit Winter. Filmnya ditonton oleh 4,7 juta penonton di bioskop Korea.

The Man Standing Next bercerita tentang peristiwa di sekitar 40 hari sebelum peristiwa pembunuhan Presiden Park (Lee Sung-min). Konfliknya seputar antara Presiden dengan para pejabat di Badan Intelijen Korea (KCIA), yang terdiri dari Kim Gyu-pyeong (Lee Byung-hun), Park Yong-gak (Kwak Do-won), dan Kwak Sang-cheon (Lee Hee-joon). Film ini bisa ditonton di KlikFilm.

9. Escape from Mogadishu (Tahun 2021)

10 Film Korea Terbaik Pemenang Blue Dragon Film Awards Sedekade Terakhir

Foto: Lotte Entertainment

Film laga ini mengalahkan Space Sweepers, The Day I Died: Unclosed Case, Hostage: Missing Celebrity, dan The Book of Fish. Film yang juga meraih piala yang sama dalam Baeksang Arts Awards ini ditonton hingga 4,3 juta orang di pasar domestik.

Escape from Mogadishu berlatar pada tahun 1991, dalam masa perang saudara di Somalia. Karena perang tersebut, para staf kedutaan besar Korea Selatan dan Korea Utara saling bantu untuk pergi dari negara itu. Kim Yoon-seok, Jo In-sung, Heo Joon-ho, dan Kim So-jin menjadi para pemainnya. Film ini bisa ditonton di Vidio.


10. Decision to Leave (Tahun 2022)

10 Film Korea Terbaik Pemenang Blue Dragon Film Awards Sedekade Terakhir

Foto: CJ Entertainment

Decision to Leave harus bersaing dengan Broker, Hunt, Hansan: Rising Dragon, dan Kingmaker untuk mendapat predikat film Korea terbaik dari Blue Dragon Film Awards. Film ini juga meraih predikat yang sama dari Grand Bell Awards. Di Korea, filmnya ditonton hingga 1,8 juta orang.

Decision to Leave adalah kisah misteri romantis tentang detektif Jang Hae-jun (Park Hae-il) yang menyelidiki kasus kematian seorang pria di pegunungan. Kasus ini lantas membuatnya harus bertemu dengan istri pria itu, yaitu Song Seo-rae (Tang Wei) yang misterius, tapi sekaligus memikat Hae-jun hingga membuatnya jatuh cinta.
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)