7 Anime yang Punya Pengaruh Kuat dari Mitologi Buddha

Minggu, 03 September 2023 - 19:08 WIB
loading...
A A A
Jujutsu Kaisen punya banyak elemen dan pengaruh Buddha yang sangat kuat di serialnya. Yang paling mencolok adalah penampilan Suguru Geto yang mirip seperti pendeta Buddha. Sementara, SMA Jujutsu Tokyo mewakili dirinya sebagai kuil Buddha. Di masa Edo, rakyat jelata mendapatkan pendidikan dari terakoya atau sekolah kuil yang sering dijalankan para biksu dan bahkan samurai.

Sementara, para karakter kuat bisa menciptakan “domain” yang merupakan dunia kecil yang berisi diri mereka sendiri. Ide kalau setiap orang berada di dunia dalam demi mengendalikan diri itu sudah umum di ajaran Buddha. Perhatian penuh dalam meditasi menuntut seseorang untuk mengenal dirinya sendiri. Sebagian besar orang mengenai pepatah yang mendeskripsikan tubuh sebagai kuil. Serial ini benar-benar menerjemahkannya secara harafiah.



1. Jigokuraku

7 Anime yang Punya Pengaruh Kuat dari Mitologi Buddha

Foto: Jigokuraku Wiki – Fandom

Jigokuraku mengisahkan tentang sekelompok narapidana yang dihukum mati. Mereka ditugaskan pergi ke Pulau Shinsenkyou yang misterius untuk mendapatkan Ramuan Keabadian. Di pulau itu, mereka berhadapan dengan makhluk kuat bernama Tensen.

Anime ini mengandung banyak mitologi ajaran Buddha dan Taoisme. Sistem kekuatan di serial ini disebut Tao, yaitu energi yang ada di semua hal yang eksis, mau itu makhluk hidup atau tidak hidup seperti air, tanaman, jiwa, daging, udara, dan lain-lain. Dalam ajaran Buddha, Tao adalah cara Buddhisme, kembali pada sumber universal, dharma, meditasi yang layak, dan nirvana, di antara asosiasi lainnya.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)