10 Prekuel Anime Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Kamu Suka?

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:02 WIB
loading...
10 Prekuel Anime Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Kamu Suka?
Prekuel adalah sesuatu yang langka di dunia anime. Sebagian menggunakan prekuel untuk memberikan pemahaman lebih terhadap karakter atau sejarah di serial itu. (Foto: Newsweek)
A A A
Prekuel menjadi sesuatu yang langka di dunia anime . Ketika sebagian besar serial atau film membahas cerita latar karakter atau sejarah dunia fiktif, biasanya itu akan dilakukan lewat flashback atau obrolan. Ini bisa jadi efektif, tapi ada banyak informasi yang tidak bisa diceritakan hanya dalam satu flashback pendek. Di sinilah peran prekuel dibutuhkan.

Prekuel bisa muncul dalam bentuk film, OVA, atau serial utuh. Prekuel anime terbaik tidak hanya memberikan konteks tambahan, tapi juga mengisahkan cerita yang menarik yang membuat penonton tetap tertarik tanpa harus merujuk ke serial utamanya. Dari sinilah penggemar akan lebih memahami seperti apa karakter favorit mereka atau apa yang terjadi sebelum serial utamanya disajikan.

Sebagian besar prekuel di anime berfokus pada karakter pendamping utama yang punya pengaruh besar pada cerita utamanya. Meski, ada juga yang mengisahkan tentang latar belakang karakter utamanya sebelum cerita di serial utamanya dimulai. Prekuel ini pun tak kalah seru dari serial utamanya dengan penonton diperkenalkan ke dunia yang belum disajikan sebelumnya. Prekuel anime terbaik apa saja yang pernah ada? Simak ulasannya berikut!



10. High Speed! Free! Starting Days — 2015

10 Prekuel Anime Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Kamu Suka?

Foto: IMDb

Episode: 1 (Film)
MyAnimeList: 7,87
Tayang: -

Free! adalah tontonan tentang perjalanan klub renang Iwatobi dan Samezuka. Mereka tidak hanya berusaha menjadi perenang hebat, tapi juga tumbuh dewasa di saat bersiap memasuki langkah berikut kehidupan mereka. Film ini membawa penonton kembali ke masa SMP Haruka Nanase dan Makoto Tachibana.

Tanpa Nagisa dan Rei, yang setahun lebih muda ketimbang Haruka dan Makoto, serta Rin, yang berlatih di Australia, film ini memperkenalkan dua anggota tim baru mereka. Asahi Shiina dan Ikuya Kirishima berjuang bersama Haruka dan Makoto untuk mengatasi masalah mereka dan bekerja sama sebagai tim. Film ini juga membangun latar bagi Asahi dan Ikuya utuk bergabung bersama teman-teman lamanya di kampus.

9. Mobile Suit Gundam: The Origin — 2015

10 Prekuel Anime Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Kamu Suka?

Foto: AstroNerdBoy's Anime & Manga Blog

Episode: 6 (OVA)
MyAnimeList: 8,33
Tayang: -

Di seri terakhir Gundam, Witch from Mercury, Prospera Mercury bergabung dengan Char Aznable seabgai salah satu penjahat anime paling manipulatif sepanjang masa. Char tetap menjadi salah satu penjahat dan karakter klasik terbaik Mobile Suit Gundam. Serial OVA ini mengisahkan tentang asal usulnya sebelum serial Mobile Suit Gundam 1979.

Dulunya, Char dikenal sebagai Casval Rem Deikun, yang dibesarkan dengan ambisi menghancurkan keluarga Zabi yang otoriter. Ketika dia mencuri Gundam untuk pasukan Zeon, dia segera menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Dia membunuh secara membabibuta demi balas dendam. Dia bahkan mau menjadi musuh adiknya sendiri, Sayla, pilot White Base bersama Amuro Ray.

8. Rurouni Kenshin: Trust & Betrayal — 1999

10 Prekuel Anime Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Kamu Suka?

Foto: MUBI

Episode: 4 (OVA)
MyAnimeList: 8,71
Tayang: -

Ketika Rurouni Kenshin dimulai, Kenshin Himura sudah menjadi seorang pasifis yang meninggalkan kehidupan lamanya. Dulunya, dia adalah salah satu tentara bayaran legendaris di eranya dan ditakuti banyak orang. Karena masa lalunya inilah, Kenshin layak mendapatkan prekuel.

Rurouni Kenshin: Trust & Betrayal dimulai dengan Kenshin menyaksikan para bandit yang berusaha memperbudaknya dibantai. Penyelamatnya membawanya dan mengajarinya agar menjadi pendekar pedang yang kuat. Kenshin terlalu baik untuk menjalani hidup dengan kekerasan. Tapi, dia sangat ingin membantu orang lain.

7. Fruits Basket: Prelude — 2022

10 Prekuel Anime Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Kamu Suka?

Foto: Popverse

Episode: 1 (Film)
MyAnimeList: 8,44
Tayang: -

Di keseluruhan Fruits Basket, terutama reboot 2019 yang loyal pada manga-nya, orang tua Tohru Honda, Kyouko dan Katsuya, sudah seperti hantu di ceritanya. Tohru punya perasaan yang rumit terhadap kedua orang itu dan penonton hanya tahu tentang latar belakang mereka seperti Tohru. Film ini mengadaptasi manga prekuel-nya, dengan mengisahkan kisah cinta Kyouko dan Katsuya dari awal sampai akhir.

Ibu Tohru, Kyouko Katsunuma, berasal dari latar belakang yang keras, dia bergabung dengan geng berandalan demi menjauhi keluarganya yang abusive. Katsuya Honda yang baik dan sensitif tahu kalau Kyouko kesepian dan menjawab keinginannya untuk punya hubungan. Versi animasi ini juga memasukkan adegan pasca-kanon antara Tohru dan Kyo yang tidak ada di manga-nya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)