10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 09:49 WIB
loading...
10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office
Sejumlah film horor populer dibuat dengan anggaran yang tergolong minim. Tapi, film itu mampu tampil luar biasa di box office dan meraup ratusan juta dolar. (Foto: Esquire)
A A A
Film horor sudah menjadi salah satu genre paling populer. Genre ini menawarkan pengalaman menonton dengan membuat penontonnya penasaran dan merasakan sensasi ketakutan di sepanjang film. Efek makeup, visual, dan suara sangat berpengaruh pada jalannya plot yang mampu menimbulkan ketakutan.

Sebagian besar film horor tidak dibuat dengan dana besar seperti film action atau fantasi. Bahkan, sejumlah film horor yang menjadi populer malah dibuat dengan anggaran minim, tidak sampai USD1 juta. Tapi, itu tidak membuat film ini kurang bagus atau terkena caci maki.

Dana pembuatan yang minim itu tidak membuat film itu tidak bisa tampil maksimal. Sejumlah film membuktikan, anggaran cekak tetap membuat mereka bisa tampil baik di box office. Bahkan, ada yang modalnya hanya ratusan ribu dolar bisa meraup ratusan juta di box office. Film horor apa saja yang dibuat dengan dana minim tapi hasilnya luar biasa di box office? Simak ulasannya berikut!



10. The Invisible Man — 2020

10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: USA Today

The Inivisible Man dibuat dengan anggaran USD7 juta. Dana itu dianggap sebagai biaya murah untuk film produksi Blumhouse Productions. Dirilis menjelang pengumuman pandemi Covid-19, film itu berhasil meraup USD143,1 juta. Angka ini bahkan melampaui ekspektasi.

Angka itu berhasil diraup The Invisible Man dalam waktu tiga pekan penayangan sebelum bioskop ditutup secara global. Film ini berkisah tentang seorang ilmuwan gila yang menggunakan kemampuan tidak kasat matanya untuk menguntit dan meneror mantan ceweknya. Ketika polisi tidak mempercayai ceritanya, cewek itu memutuskan mengatasi sendiri masalah itu.

9. Unfriended — 2014

10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: ReelRunDown

Unfriended menjadi film horor screenlife utama pertama. Film itu dibuat seluruhnya dengan layar MacBook. Film itu berkisah tentang enam anak SMA bertemu pengguna misterius saat sesi Skype. Pengguna itu ternyata teman sekelas mereka yang tewas bunuh diri karena perundungan yang melibatkan mereka.

Film itu tayang perdana di Fantasia International Film Festival sebelum dirilis ke bioskop oleh Universal Pictures. Dibuat dengan dana USD1 juta, film itu meraup USD62 juta. Angka itu tergolong lumayan untuk film dengan dana tak besar. Unfriended bisa ditonton di Netflix.

8. Annabelle — 2014

10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Radio Times

Sejak diperkenalkan di The Conjuring pada 2013, Annabelle telah menghantui benak para audiens film horor itu. Setahun kemudian, film tentang boneka itu pun dirilis dan penonton tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Hasilnya memang tidak mengecewakan.

Annabelle dibuat dengan dana “hanya” USD6,5 juta, jauh di bawah The Conjuring yang dibaut dengan dana USD20 juta. Tapi, pendapatannya di box office sungguh luar biasa. Annabelle meraup USD257,6 juta. Annabelle bisa ditonton di CatchPlay+.

7. Split — 2017

10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Salon.com

M Night Shyamalan memutuskan membuat Split hanya dengan dana USD9 juta. Ini terbukti menjadi keputusan bagus. Shyamalan membuat Split sebagai sekuel tak langsung dari filmnya sebelumnya, The Unbreakble (2000). Split kemudian meraup USD278,5 juta dari seluruh dunia.

Split mengisahkan tentang seorang pria yang diperankan James McAvoy. Dia menderita dissociative identity disorder (DID) alias berkepribadian ganda dan menculik tiga orang cewek ABG. Film ini mendapatkan ulasan positif dan dinominasikan untuk Film Thriller Terbaik di Saturn Award. Split bisa ditonton di HBO Go.

6. Insidious — 2010

10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Good Housekeeping

Insidious telah tumbuh menjadi salah satu franchise horor paling populer di dunia. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga yang menemukan kalau roh jahat telah merasuki rumah mereka. Akibatnya, anak mereka jadi koma. Ketika mereka berusaha meninggalkan rumah itu, mereka baru tahu kalau bukan rumah mereka yang dihantui.

Kritikus menyukai dan memuji film ini. Seri pertama film ini dibuat dengan dana yang bisa dibilang minim, yaitu USD800.000 (per Collider). Sementara, film ini berhasil meraup USD100 juta (per Wikipedia).

5. Saw — 2004

10 Film Horor Modal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Cinemascope
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2603 seconds (0.1#10.140)