Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede

Minggu, 06 Agustus 2023 - 12:37 WIB
loading...
Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede
Film berdana besar dan overhype yang digadang-gadang cuan gede di box office tidak semuanya tampil memuaskan. Ada yang malah bikin kecewa dan akhirnya rugi. (Foto: The Hollywood Reporter)
A A A
Sejumlah film biasanya akan membangun hype sebelum akhirnya dirilis ke layar lebar. Studio besar sering kali melakukan ini. Para pemerannya pun turut berperan dalam membentuk antusiasme penonton dengan membuat mereka penasaran dengan film tersebut. Namun, tidak semuanya berhasil.

Ada sejumlah faktor yang berkontribusi pada kesuksesan atau kegagalan sebuah film. Kadang, premisnya, kadang bintangnya atau trailer-nya yang menarik. Tapi, meski hype sudah dibangun, sejumlah film gagal memenuhi ekspektasi penonton dan janji mereka sendiri.

Sebagian besar film ini dibuat dengan biaya besar dan kampanye marketing yang luar biasa. Tapi, penampilan mereka di bioskop gagal memuaskan audiens. Kata dari mulut ke mulut pun berperan besar. Film yang awalnya digadang-gadang bakal laris manis itu, malah bikin studionya gigit jari. Apa saja film yang overhype dan diprediksi untung besar, tapi malah rugi di box office? Simak ulasannya berikut!



7. Steve Jobs — 2015

Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede

Foto: Engadget

Perilisan film Steve Jobs, yang mengisahkan cerita tentang salah satu pendiri Apple itu, mendapatkan ekspektasi tinggi. Film itu dibintangi Michael Fassbender sebagai Steve Jobs. Trailer-nya sangat menarik dan menjanjikan penyelaman mendalam ke pikiran salah satu sosok paling inovatif di dunia teknologi itu.

Tapi, ketika film itu dirilis, ulasannya brecampuran dan gagal menarik penonton di box office. Meski para bintangnya tampil bagus, Steve Jobs gagal menangkap imajinasi publik dan akhirnya menjadi sebuah kekecewaan. Film itu hanya meraup USD34,4 juta di box office dari anggaran USD30 juta.

6. John Carter — 2012

Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede

Foto: Ted Gideonse

John Carter awalnya dirancang untuk memulai sebuah franchise baru yang dirasa akan megah. Film ini mengisahkan tentang John Carter yang dikirim ke Mars. Pada 2012, ini adalah film yang sangat diantisipasi. Dengan anggaran lebih dari USD300 juta dan dibintang aktor kelas A, film ini menjanjikan tontonan yang spektakuler.

Trailer-nya mengagumkan secara visual dan mengindikasikan petualangan epik. Sayang, film ini gagal membawa penggemar ke box office. Kritikus dan audiens sama-sama kecewa dengan film itu. John Carter juga terlihat tidak bisa berkoneksi dengan audiens meskipun anggarannya tinggi dan pemerannya pun terkenal semua. Film itu hanya meraup USD284 juta di box office.

5. Hugo — 2011

Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede

Foto: High on Films

Hugo yang disutradarai Martin Scorsese digadang-gadang menjadi film yang mengagumkan secara emosional dan berdampak emosional. Diangkat dari buku populer anak-anak, film ini menjanjikan petualangan ramah anak, lengkap dengan deretan bintang kelas A. Hugo sangat diantisipasi dengan banyak yang berharap ini akan menjadi hit besar. Tapi, meski ekspektasinya tinggi, Hugo malah mengecewakan.

Kritikus terpecah pada film itu. Ada yang memuji pencapaian teknisnya, tapi, ada yang mengkritik lajunya yang lambat dan cerita yang berbelit-belit. Audiens juga sama kecewanya dengan banyak merasa kalau film itu gagal memenuhi janjinya sebagai petualangan yang menghangatkan hati. Di box office, film itu hanya menghasilkan USD185,8 juta dari anggaran USD150—170 juta.

4. Ghostbusters — 2016

Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede

Foto: Vox

Ghostbuster 2016 sangat dipromosikan dan bis menjadi remake yang terlupakan dengan pendapatan lumayan. Tapi, film ini sudah gagal sejak awal dengan berbagai masalah produksi. Sony Pictures membuat tim dari alumni SNL seperti Melissa McCarthy, Kristen Wiig, Kate McKinnon, dan Leslie Jones, menggantikan karakter klasik yang dibuat Dan Aykroyd dan Harold Ramis. Chris Hemsworth tampil sebagai sekretaris tim versi plonga plongo.

Pemilihan casting itu terbukti tidak populer di antara penggemar. Yang lebih aneh, tim media dan kreatif di balik film ini malah menyerang fandom karena kritis. Yang membuat semuanya jadi panas adalah film itu dirilis di tahun pemilu dan sebagian besar pemerannya menentang kandidat presiden dari Republikan. Film yang dibuat dengan anggaran USD145 juta itu akhirnya hanya bisa menutup box office mereka dengan USD229,1 juta, jauh dari break-even point-nya yang mencapai USD300 juta.

3. Indiana Jones and the Dial of Destiny — 2023

Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede

Foto: Mashable

Disney akan mengingat 2023 sebagai tahun di mana mereka terjun bebas dari mata audiens. Produser Kathleen Kennedy memasukkan James Mangold dan memberinya babak terakhir saga Indiana Jones. Skripnya ditulis James, bersama David Koepp, Jez Butterworth, dan John-Henry Butterworth. Film ini pun jadi lebih mahal dari aslinya.

The Dial of Destiny disebut memakan anggaran produksi hingga USD300 juta (Rp4,5 triliun) sebagai angka terendahnya, angka akhirnya belum terungkap. Film ini pun menjadi kegagaln besar dengan hanya meraih USD335 juta (Rp5 triliun) di box office. Bahkan, kehadiran Harrison Ford di film ini tidak membuat penonton cukup antusias untuk menonton film ini di bioskop.

2. The Flash — 2023

Overhype dan Diprediksi Cuan, 7 Film Ini Malah Rugi Gede

Foto: Deadline
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)