8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

Rabu, 26 Juli 2023 - 22:15 WIB
loading...
8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland
Disney dikenal sering berusaha mengangkat wahana populer di Disneyland sebagai film. Tak kurang dari 8 film telah diproduksi dan masih ada yang dikembangkan. (Foto: Los Angeles Guide)
A A A
Haunted House menjadi usaha terbaru Disney untuk mengadaptasi wahana populer mereka di Disneyland menjadi film. Sejauh ini, Disney telah merilis lebih dari 8 film yang diangkat dari wahana di taman hiburan itu. Usaha ini bahkan sudah ada sejak 1997.

Usaha untuk membuat film dari wahana itu tentu tidak mudah. Orang di baliknya dituntut untuk punya pengetahuan mendalam tentang wahana itu dan juga latar belakangnya sehingga terciptalah sebuah film yang menarik. Dana yang digelontorkan untuk film-film seperti ini pun biasanya lumayan besar.

Di sisi lain, tidak semua film itu laku di bioskop. Tapi, Disney bukannya menyerah dengan hasil tersebut. Setelah Haunted Mansion, Disney telah 4 film baru dan 2 sekuel dari berbagai wahana di Disneyland. Apa saja film yang diangkat dari wahana populer di Disneyland? Simak ulasannya berikut!



8. Tower of Terror — 1997

8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

Foto: PopSugar

Berlokasi di Disney World’s Hollywood Studios, Tokyo Disneyland, dan Disneyland Paris, Tower of Terror adalah wahana menegangkan yang dikenal atas penurunan elevator dalam kecepatan tinggi. Atraksi populer ini menjadi wahana pertama yang diadaptasi menjadi film. Namun, film ini tidak tayang di bioskop melainkan diproduksi untuk televisi.

Dibintangi Kirsten Dunst dan Steve Guttenberg, film ini berkisah tentang seorang wartawan dan asistennya yang menginvestigasi hilangnya lima orang yang tiba-tiba menghilang di elevator Hollywood Tower Hotel. Setelah Walt Disney Company menyelesaikan gugatan dengan Scarlet Johansson, mereka mengembangkan film Tower of Terror baru dengan Scarlet sebagai bintang utamanya.

7. The Country Bears — 2002

8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

Foto: Screen Crush

Country Bear Jamboree bukanlah sebuah wahana, tapi menjadi salah satu atraksi terakhir yang dibantu pengembangannya secara pribadi oleh Walt Disney. Awalnya, wahana itu direncanakan menjadi bagian ski resort yang tidak pernah dibuka. Karena Walt Disney World dibuka pada 1971, atraksi itu akhirnya beroperasi di sana. Atraksi itu juga ada di Tokyo Disneyland dan pernah ada di Disneyland di Anaheim.

Pada 2002, wahana ini diadaptasi menjadi komedi musikal berjudul The Country Bears. Sayangnya, film ini jeblok dan tidak laku. Meskipun film itu menampilkan musisi terkenal seperti Queen Latifah dan Elton John serta penampilana aktor kelas wahid seperti Christopher Walken, kritikus tidak terkesan. Dari anggaran USD35 juta, film ini hanya menghasilkan USD10 juta.

6. Mission to Mars — 2000

8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

Foto: Maze.fr

Awalnya disebut sebagai Flight to the Moon di Disney World dan Rocket to the Moon di Disneyland, Mission to Mars adalah stimulasi misi antariksa yang membawa pengunjung bepergian ke luar angkasa. Pada 1993, kedua resort itu sudah menutup atraksi tersebut. Tapi, pada 2000, Disney merilis film berdasarkan wahana itu.

Dibintangi Gary Sinise, Tim Robbins, dan Don Cheadle, Mission to Mars berkisah tentang misi penyelamatan. Misi itu diluncurkan untuk menginvestigasi tragedi yang melibatkan bencana besar yang terjadi selama misi berawak pertama ke Mars. Sayang, film itu tidak diterima dengan baik selain dipuji karena visualnya.

5. The Haunted Mansion — 2003

8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

Foto: Midwest Film Journal

Haunted Mansion adalah salah satu atraksi paling disukai dan favorit di Disneyland. Wahana ini ada di Disney World’s Magic Kingdom, Disneyland, Tokyo Disneyland, Hong Kong Disneyland, dan Disneyland Paris. Wahana ini benar-benar terjadi di dalam sebuah wastu. Begitu pengunjung masuk, mereka akan dibawa ke Ruang Melar di mana mereka akan ditunjukkan apa yang terjadi pada bekas penghuninya. Meski desainnya agak berbeda di tiap taman hiburan, setiap wahana ini membawa tamu memasuki rumah berhantu yang mengerikan.

Pada 2003, Walt Disney Studios mengadaptasi wahana ini menjadi film yang dibintangi Eddie Murphy dengan judul The Haunted Mansion. Film ini berkisah tentang seorang agen real estate yang membawa keluarganya berlibur dan menyewa sebuah wastu. Mereka kemudian tahu kalau wastu itu berhantu. Film ini tidak mendapatkan respons yang baik dari kritikus, tapi tetap menjadi salah satu adaptasi wahana yang lebih baik dari Disney. Film ini kemudian di-reboot pada tahun ini dengan judul Haunted Mansion dan dinilai lebih baik dari film pertamanya.

4. Tomorrowland — 2015

8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

Foto: DisKingdom

Sementara bukan benar-benar wahana atau atraksi, Tomorrowland adalah tempat bertema futuristic di Disney World’s Magic Kingdom. Tapi, tempat ini juga ada di lima resort Disney lain. Tempat ini kemudian diadaptasi menjadi film pada 2015 yang menyentuh aspek tempat itu.

Sayang, film ini mendapatkan review yang bercampuran dari kritikus karena kiasan singkat ke kota inovatif itu bukannya langsung fokus ke Tomorrowland. Film ini merujuk langsung ke Walt Disney dan menyebut salah satu wahana paling populer di Disneyland, It’s a Small World. Tomorrowland dibintangi George Clooney, Britt Robertson, Kathryn Hahn, Keegan Michael-Key, dan Hugh Laurie.

3. Jungle Cruise — 2021

8 Film yang Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

Foto: Syfy
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)