7 Fakta Film Haunted Mansion yang Harus Kamu Ketahui

Rabu, 26 Juli 2023 - 11:11 WIB
loading...
7 Fakta Film Haunted Mansion yang Harus Kamu Ketahui
Haunted Mansion diangkat dari wahana populer di Disneyland dan merupakan reboot dari film gagal pada 2003. Film ini dikembangkan selama lebih dari 10 tahun. (Foto: Slate.com)
A A A
Haunted Mansion yang mulai tayang di seluruh Indonesia pada hari ini, Rabu (26/7), mengangkat cerita tentang rumah hantu. Film ini bergenre horor komedi yang membuat penontonnya bisa tertawa meski melihat penampakan hantu. Ini adalah usaha terakhir Disney untuk mengangkat cerita yang original.

Disutradarai Justin Simien, film ini dibuat dari skrip yang ditulis Katie Dippold. Film ini berdurasi 2 jam 3 menit atau 123 menit dengan diperankan sederet aktor dan aktris yang sudah dikenal atas kepiawaian akting mereka. Selain itu, sebagian juga sering tampil di genre komedi.

Haunted Mansion bisa menjadi tontonan alternatif bagi mereka yang suntuk dan mencari hiburan. Film ini ringan, meski di beberapa bagian punya kedalaman emosi tersendiri. Tapi, secara keseluruhan, komedinya cukup menyegarkan. Fakta apa saja di balik Haunted Mansion? Simak ulasannya berikut!



1. Sinopsis Haunted Mansion

7 Fakta Film Haunted Mansion yang Harus Kamu Ketahui

Foto: CNN

Haunted Mansion berkisah tentang seorang ibu tunggal, Gabbie, yang membawa anaknya, Travis, pindah ke New Orleans. Dia membeli sebuah wastu yang terlihat megah. Tapi, ternyata, tempat itu banyak hantunya. Kedua orang itu pun terus menerus terganggu.

Gabbie lantas meminta bantuan seorang pendeta bernama Kent untuk melakukan exorcism atau pengusiran roh. Tapi, Kent kemudian merekrut Ben, seorang pemandu wisata yang pernah menjadi investigator aktivitas paranormal. Meski sudah berempat, kekuatan mereka tidak cukup untuk mengusir hantu di tempat itu.

Kent kemudian merekrut Harriet, seorang cenayang terkenal yang mengklaim bisa berkomunikasi dengan arwah. Profesor Bruce Davis, seorang dosen sejarah, bergabung dengan mereka. Tapi, hantu yang mereka hadapi ini ternyata bukan hantu biasa.

2. Diangkat dari Wahana Populer di Disneyland

7 Fakta Film Haunted Mansion yang Harus Kamu Ketahui

Foto: YouTube

Haunted Mansion diangkat dari wahana populer di Disneyland dengan nama yang sama. Atraksi ini sering menjadi incaran para pengunjung taman hiburan tersebut. Wahana ini ada di empat Disneyland di seluruh dunia, yaitu di New Orleans, Florida, Tokyo, dan Paris.

Di dalamnya, pengunjung akan disuguhi suasana mencekam. Berbagai ornamen horor akan menyambut mereka. Sementara, hantu juga akan muncul kapan saja. Suasana rumah hantu ini menjadi favorit orang yang penasaran dengan sensasi menakutkan.

3. Karakter Haunted Mansion

7 Fakta Film Haunted Mansion yang Harus Kamu Ketahui

Foto: Disney Movies

Haunted Mansion berpusat pada Ben Matthias, meski premisnya menyebut Gabbie dan Travis. Dulunya, Ben adalah seorang insinyur yang menciptakan kamera untuk merekam aktivitas paranormal. Tapi, setelah istrinya meninggal, hidupnya berubah dan dia kemudian menjadi pemandu wisata.

Film ini menampilkan karakter dari wahana Haunted Mansion di Disneyland. Mereka adalah Madame Leota dan Hantu Kotak Topi. Sementara Madame Leota tampil di banyak atraksi di Disneyland, Hantu Kotak Topi tidak. Karena masalah teknis, hantu itu tidak bisa ditampilkan di Haunted Mansion.

4. Pernah Difilmkan pada 2003

7 Fakta Film Haunted Mansion yang Harus Kamu Ketahui

Foto: DisneyTips.com

Pada 2003, Disney merilis usaha pertamanya memfilmkan wahana ini lewat The Haunted Mansion yang dibintangi Eddie Murphy. Film ini dirilis setelah studio itu menayangkan seri pertama Pirates of the Caribbean, The Curse of the Black Pearl. Sementara Pirates of the Caribbean sukses besar di box office, The Haunted Mansion tidak.

Dibuat dengan anggaran USD90 juta, The Haunted Mansion meraup USD182,3 juta. Film itu juga hanya mendapatkan rating 14% di Rotten Tomatoes. Konsensus di situs itu menyatakan, The Haunted Mansion sama sekali tidak lucu atau menakutkan. Padahal, film ini dibintangi aktor komedi terkenal.

5. Ceritanya Berbeda dari Film Pertamanya

7 Fakta Film Haunted Mansion yang Harus Kamu Ketahui

Foto: People

Gagal dengan usaha pertamanya, Disney lantas me-reboot The Haunted Mansion. Berjudul Haunted Mansion, film ini sama sekali berbeda dengan film aslinya. Perbedaan paling menonjol adalah pada karakter dan ceritanya.

The Haunted Mansion berpusat pada keluarga agen real estate yang sibuk. Mereka kemudian pergi berlibur dan menyewa wastu yang ternyata berhantu di New Orleans. Sementara, Haunted Mansion berkisah pada seorang ibu tunggal yang membawa anaknya pindah ke New Orleans. Dia membeli sebuah wastu yang ternyata berhantu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2814 seconds (0.1#10.140)