alexametrics
Pengembangan Diri
Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion
Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion
Najwa Shihab dan Podkesmas ngomongin soal passion dan bisnis dalam pre-event Playfest Series ke-2. Foto/Dok Narasi
Jakarta - Sering banget kita mendengar kata passion, tapi masih bingung gimana mencarinya. Atau udah tahu passion-nya, tapi masih bingung juga gimana mau mengembangkannya.

Nah, dalam "Podcast Day" yang menjadi bagian dari pre-event PlayFest 2020 yang digelar Narasi, jurnalis senior Najwa Shihab berbagi pengalamannya soal passion - dalam bahasa Indonesianya berarti "renjana" -  dalam kaitannya mencari peluang yang menghasilkan materi.

Menurut Najwa, saat-saat seperti ini kita semua dituntut untuk mengeksplorasi kreativitas kita dalam beradaptasi supaya bisa mendapatkan penghasilan di tengah situasi yang sulit saat ini. (Baca Juga: Rekomendasi Podcast Lokal untuk Segala Suasana Hatimu, dari yang Kocak sampai Politis)



“Sampai pada satu titik, kita itu memang harus pinter-pinter nyari peluang, tapi bukan berarti dengan mudah berganti. Tapi juga jangan membatasi diri," katanya dalam podcast Podkesmas.

Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion
Foto: Podkesmas/podbay.fm

"Kita harus berangkat dari sesuatu yang kita pahami atau minimal kita cintai, karena dari situ, kita gak akan asal, bukan terjun sana-sini. Berangkat dari sesuatu yang kita tahu, kita penasaran banget, suatu problem yang bisa diselesaiin dengan cara ini, nih. Jadi berangkat dari concern, gak bisa ujug-ujug, mau melakukan sesuatu yang gak ada awal mulanya,” katanya panjang lebar.

Nah, pembawa acara "Mata Najwa" ini juga bilang bahwa menemukan renjana gak segampang mencari wangsit, tapi harus dilakukan dengan tekun.

Passion itu sebenarnya merawat ketertarikan pada hal kecil. Jadi kalo lo telaten, cari tahu, misalnya hal yang tadinya lo anggep gak biasa tapi lo suka, terus lo belajar banyak, lo baca, lo tanya orang. Jadi lo rawat ketertarikan itu sampai akhirnya jadi passion. Menurut gue ngikutin tren bukan berarti latah atau plek-ketiplek,” katanya lagi.

Sementara Sabda PS, Chief Education Officer Zenius Education, dalam sesi "Back in the Fundamentals" menceritakan pentingnya integritas dalam menjalankan sebuah bisnis. (Baca Juga: MilenialFest Tebar 2.000 Beasiswa untuk Anak Muda, Bakal Berlangsung Agustus 2020)

Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion
Foto: Narasi

“Harus bener-bener ngeh apa impact-nya terhadap masyarakat, sekitarnya. Preferensi gue pribadi, gue prefer bisnis yang punya integritas,” tegasnya.

Playfest Series ke-2 akan diadakan pada September mendatang, dan kali ini akan digelar secara daring. (Baca Juga: Film Animasi Netflix Over The Moon Diangkat dari Mitos yang Jadi Hari Libur Nasional)

Playfest 2020 tetap akan mengusung semangat ekosistem kreatif dengan tiga pilar utama, yaitu Ideas, Art, Entertainment.



(it)
Redaksi SINDOnews
SINDOnews
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss