Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion

Senin, 27 Juli 2020 - 21:41 WIB
loading...
Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion
Najwa Shihab dan Podkesmas ngomongin soal passion dan bisnis dalam pre-event Playfest Series ke-2. Foto/Dok Narasi
A A A
JAKARTA - Sering banget kita mendengar kata passion, tapi masih bingung gimana mencarinya. Atau udah tahu passion-nya, tapi masih bingung juga gimana mau mengembangkannya.

Nah, dalam "Podcast Day" yang menjadi bagian dari pre-event PlayFest 2020 yang digelar Narasi, jurnalis senior Najwa Shihab berbagi pengalamannya soal passion- dalam bahasa Indonesianya berarti "renjana" - dalam kaitannya mencari peluang yang menghasilkan materi.

Menurut Najwa, saat-saat seperti ini kita semua dituntut untuk mengeksplorasi kreativitas kita dalam beradaptasi supaya bisa mendapatkan penghasilan di tengah situasi yang sulit saat ini. ( )

“Sampai pada satu titik, kita itu memang harus pinter-pinter nyari peluang, tapi bukan berarti dengan mudah berganti. Tapi juga jangan membatasi diri," katanya dalam podcast Podkesmas.

Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion

Foto: Podkesmas/podbay.fm

"Kita harus berangkat dari sesuatu yang kita pahami atau minimal kita cintai, karena dari situ, kita gak akan asal, bukan terjun sana-sini. Berangkat dari sesuatu yang kita tahu, kita penasaran banget, suatu problem yang bisa diselesaiin dengan cara ini, nih. Jadi berangkat dari concern, gak bisa ujug-ujug, mau melakukan sesuatu yang gak ada awal mulanya,” katanya panjang lebar.

Nah, pembawa acara "Mata Najwa" ini juga bilang bahwa menemukan renjana gak segampang mencari wangsit, tapi harus dilakukan dengan tekun.

Passion itu sebenarnya merawat ketertarikan pada hal kecil. Jadi kalo lo telaten, cari tahu, misalnya hal yang tadinya lo anggep gak biasa tapi lo suka, terus lo belajar banyak, lo baca, lo tanya orang. Jadi lo rawat ketertarikan itu sampai akhirnya jadi passion. Menurut gue ngikutin tren bukan berarti latah atau plek-ketiplek,” katanya lagi.

Sementara Sabda PS, Chief Education Officer Zenius Education, dalam sesi "Back in the Fundamentals" menceritakan pentingnya integritas dalam menjalankan sebuah bisnis. ( )

Saran Najwa Shihab Buat Kamu yang Masih Bingung Soal Passion

Foto: Narasi

“Harus bener-bener ngeh apa impact-nya terhadap masyarakat, sekitarnya. Preferensi gue pribadi, gue prefer bisnis yang punya integritas,” tegasnya.

Playfest Series ke-2 akan diadakan pada September mendatang, dan kali ini akan digelar secara daring. ( )

Playfest 2020 tetap akan mengusung semangat ekosistem kreatif dengan tiga pilar utama, yaitu Ideas, Art, Entertainment.
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2576 seconds (0.1#10.140)