CERMIN: Perjuangan Menjadi Orisinal

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:27 WIB
loading...
CERMIN: Perjuangan Menjadi Orisinal
Film biopik Flamin Hot menceritakan kisah Richard Montanez dari seorang petugas kebersihan menjadi eksekutif perusahaan. Foto/Disney+
A A A
JAKARTA - Tahun 2017. Adam Grant menulis buku Original yang kelak mengguncang dunia. Padahal ia hanyalah menuliskan hal-hal yang sesungguhnya sudah kita ketahui sejak lama.

Dalam buku tersebut, Adam mengemukakan fakta bahwa bertahun-tahun lalu para psikolog menemukan ada dua jalan menuju keberhasilan: konformitas dan orisinalitas. Konformitas artinya mengikuti orang kebanyakan di jalur konvensional dan menjaga status quo.

Sedangkan orisinalitas adalah memilih jalur yang lebih jarang dilalui, memperjuangkan ide-ide baru yang melawan arus, tetapi akhirnya membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.



Menjadi orisinal adalah sebuah perjuangan melalui jalan sunyi. Dengan risiko ditertawakan orang, dilecehkan orang, bahkan sering kali dianggap gila. Maka menjadi orisinal mungkin memang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang 'gila' dengan tekad kuat seperti Richard Montanez.

CERMIN: Perjuangan Menjadi Orisinal


Dalam film yang menjadi debut penyutradaraan film cerita panjang dari Eva Longoria itu, Richard menjadi sosok sentral dari cerita. Sebuah kisah klasik tentang zero to hero. Tapi ini juga sebuah kisah dari mereka yang melihat peluang, berani memperjuangkannya dan pada akhirnya menjadi orisinal karenanya.

Flamin’ Hot yang tayang di Disney+ Hotstar membawa kita masuk ke dalam dunia Richard. Dunia sebagaimana manusia kebanyakan. Sebuah dunia ketika kemiskinan dianggap menjadi default, kebodohan menjadi status quo dan pada akhirnya tak ada yang cukup berani keluar dari lingkaran setan kemiskinan.

Tapi Richard berbeda. Mungkin pada awalnya tidak tapi perlahan ia berubah. Ketika masih muda, Richard seperti kebanyakan dari kita. Memandang hidup cuma hari ini hingga ketika ia diberitahu Judy, kekasihnya, bahwa ia hamil.

Perlahan dunia Richard berubah. Apalagi setelah anak-anaknya lahir. Mungkin ia terlambat memahami bahwa dunia bergerak begitu cepat di sekelilingnya sementara ia seperti berjalan di tempat.

Dan Richard punya Judy. Perempuan hebat yang selalu memompa motivasi suaminya ketika motivasi itu mendadak lenyap dari dirinya. Perempuan hebat yang selalu percaya bahwa suaminya kelak akan menjadi seseorang yang sukses dan membanggakan komunitas Latin. Memang hanya perempuan hebat seperti Judy yang bisa membawa Richard ke puncak karier dari level terbawah: sebagai petugas kebersihan di sebuah pabrik makanan ringan.

CERMIN: Perjuangan Menjadi Orisinal


Tapi nasib selalu bisa berubah. Dan tak ada seorang manusia pun yang tahu takdirnya. Richard bekerja sepenuh hati dan belajar banyak hal karena ia ingin maju dan kelak sukses. Tapi Richard tak pernah membayangkan dirinya menjadi seorang orisinal.

Mungkin memang keterbatasan yang kelak memompa dirinya melihat segala peluang. Termasuk peluang yang selama ini ada di depan matanya. Setelah bekerja selama 10 tahun di pabrik tersebut, Richard melihat satu hal dengan jelas: tak ada makanan ringan yang memang dibuat untuk melayani komunitasnya yang begitu besar. Tapi siapa yang mau mendengar ide genius dari seseorang yang 'hanya' petugas kebersihan?

Tentu saja tak semudah itu bisa menjangkau puncak tertinggi dari perusahaannya agar mau mendengarkan idenya. Bayangkan berapa banyak level yang harus ia lewati agar idenya minimal bisa didengarkan? Terutama bagaimana seorang petugas kebersihan bisa meyakinkan sebuah perusahaan makanan ringan yang berada di bawah naungan Pepsi Co mau menerima sarannya?

Sebagaimana yang kita lihat dalam sejumlah film biopik sejenis mulai dari Tetris hingga Air, tak mudah untuk menjadi orisinal. Risikonya terlalu besar. Sebelum menandatangani Proklamasi Emansipasi, Abraham Lincoln harus tersiksa selama enam bulan demi memikirkan apakah keputusannya membebaskan budak atau tidak sudahlah tepat.

CERMIN: Perjuangan Menjadi Orisinal

Foto:

Bagi Abraham, pertaruhannya terlalu besar. Keputusan tersebut bisa membuatnya kehilangan dukungan, bisa menyebabkan kekalahan perang dan juga potensial menghancurkan negerinya sendiri.

Sebagaimana Abraham, Richard pun mengalami hal serupa walau tak lebih dramatis. Keinginannya menjadi orisinal bisa jadi menyebabkannya kehilangan pekerjaan. Namun yang lebih menakutkan adalah bisa membuat rekan-rekannya juga kehilangan pekerjaan dan berisiko membuat pabrik tempatnya bekerja ditutup.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)