10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Senin, 05 Juni 2023 - 21:06 WIB
loading...
10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse
Akhir Spider-Man: Across the Spider-Verse meninggalkan banyak implikasi yang membangun fondasi untuk kelanjutan cerita di Beyond the Spider-Verse tahun depan. (Foto: IndieWire)
A A A
Spider-Man: Across the Spider-Verse membangun banyak fondasi untuk kelajutan ceritanya di Beyond the Spider-Verse. Rentetan cerita, pengungkapan, dan akhir film itu punya sejumlah implikasi besar yang sangat berpengaruh. Film itu telah mengungkap banyak tentang dunia Spider-Man.

Perhatian: Mengandung Spoiler Spider-Man: Across the Spider-Verse!

Spider-Man: Across the Spider-Verse mengikuti kelanjutan kisah Miles Morales, setahun setelah peristiwa di Into the Spider-Verse. Di sekuel ini, Miles mengikuti Gwen Stacy untuk bepergian ke multiverse demi menghentikan Spot. Dia kemudian bertemu Spider-Society yang dipimpin Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099.

Spider-Man: Across the Spider-Verse berakhir dengan cliffhanger atau menggantung. Ceritanya akan berlanjut ke Beyond the Spider-Verse yang akan dirilis pada Maret 2024. Film itu meninggalkan banyak petunjuk atas apa yang akan terjadi, baik untuk franchise Spider-Verse dan multiverse Marvel yang lebih besar. Apa saja implikasi dari Spider-Man: Across the Spider-Verse? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



10. Across the Spider-Verse Menolak Teori Besar Venom

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: Mens XP

Semesta Venom Sony kehilangan versi Spider-Man-nya sendiri. Padahal, sejumlah referensi terhadap superhero itu muncul di semua filmnya. Dengan begitu, sebuah teori penggemar mengindikasikan kalau Andrew Garfield atau Tobey Maguire bisa secara retroaktif diungkap sebagai Spider-Man di semesta Venom.

Tapi, Across the Spider-Verse menolak teori ini. Film itu mengungkapkan kalau Venomverse terjadi di Earth-838. Spider-Man Tobey eksis di Earth-96283 dan Spider-Man Andrew ada di Earth-120703. Tidak satu pun Spider-Man ini ada di Vemomverse, yang meninggalkan franchise itu menginginkan varian Spider-Man-nya sendiri.

9. Spider-Verse 2 Perkenalkan Kanon Multiverse

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: Animation World Network

Ketika Marvel Cinematic Universe (MCU) memperkenalkan konsep Lini Masa Keramat, Across the Spider-Verse mengambil pendekatan yang agak berbeda. Film ini mendirikan Kanon multiverse. Kanon ini memutuskan peristiwa tertentu akan terjadi dalam hidup setiap Spider-Man dan, ketika peraturan itu dilanggar, bisa menyebabkan seluruh lini masa hancur.

Kanon multiverse ini adalah tambahan besar pad cerita Spider-Man. Ini mengindikasikan kalau setiap versi superhero ini harus mengalami sejumlah peristiwa penting, di semesta mana pun dia muncul. Ini menjelaskan mengapa setiap varian Spider-Man kehilangan sosok orang tua di awal tahun mereka, dan juga sejumlah kesamaan di seluruh lini masa.

8. Jefferson Morales Mungkin Meninggal di Beyond the Spider-Verse

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: Marvel Animated Universe Wiki – Fandom

Menurut Kanon multiverse, Spider-Man ditakdirkan kehilangan, di semesta mana pun dia berada. Di Across the Spider-Verse, Miles menemukan kalau dia akan kehilangan ayahnya, Jefferson Davis-Morales. Takut atas pengungkapan ini, Miles berusaha habis-habisan menyelamatkan ayahnya sebelum telat.

Meski Jeff masih hidup di akhir Across the Spider-Verse, film itu mengimplikasikan kalau dia tidak akan selamat di Beyond the Spider-Verse. Sekuat apa pun Miles berusaha menyelamatkan ayahnya, lini masa itu sudah punya cara mengikuti strukturnya apa pun caranya. Sepertinya, Jeff akan mati dalam waktu dekat.

7. Across the Spider-Verse Bisa Menjelaskan Inkursi MCU

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: MCU Wiki – Fandom

Marvel Cinematic Universe (MCU) baru-baru ini memperkenalkan konsep Inkursi, yang terjadi ketika dua realitas alternatif bertabrakan. Tapi, MCU belum selalu konsisten dengan penjelasannya tentang Inkursi, termasuk bagaimana itu dimulai. Untungnya, Across the Spider-Verse mungkin menawarkan jawaban atas pertanyaan ini.

Sementara MCU mengimplikasikan kalau Inkursi terjadi ketika varian dari semesta lain mengintervensi dunia selain dunianya sendiri, Across the Spider-Verse menawarkan alasan yang lebih spesifik. Mungkin kalau Inkursi itu tidak terjadi sepenuhnya akibat perjalanan multiverse, tapi akibat perjalanan multiverse yang mengambil lini masa itu dari rel metaforik Kanon. Kalau varian itu mengintervensi Kanon, seperti yang dilakukan Miles di Mumbattan, itu bisa memicu Inkursi, yang menghancurkan semesta itu secara keseluruhan.

6. Spider-Verse 2 Bisa Menjelaskan Adegan Pascakredit Morbius

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: ComicBook.com

Sementara Morbius adalah salah satu film paling memeable pada 2022, adegan pascakreditnya menjadi subyek olok-olokan. Adegan itu secara tidak masuk akal menggambarkan Vulture dari MCU tiba di lini masa Morbius. Tapi, Across the Spider-Verse menawarkan penjelasan mengapa itu bisa terjadi.

Across the Spider-Verse mengungkapkan kalau varian tertentu, terutama penjahat seperti Vulture dan Prowler, telah terpindah oleh peristiwa multiverse. Miguel O’Hara terkonfirmasi menghabiskan beberapa bulan terakhir membersihkan varian nakal dan mengembalikan mereka ke lini masa yang pas. Dengan begitu, Vulture mungkin adalah salah satu anomali ini di daftar Spider-Man 2099.

5. Across the Spider-Verse Membangun Perlintasan Live-Action

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: Outlook India

Salah satu teori terbesar Across the Spider-Verse adalah film ini akan menampilkansatu atau lebih varian Spider-Man live-action dari No Way Home. Tobey Maguire, Andrew Garfield, dan Tom Holland tidak merekam adegan baru di film tersebut. Tapi, Across the Spider-Verse membangun panggung untuk penampilan masa depan karakter-karakter ini.

Baik Tobey dan Andrew muncul lewat cuplikan arsip di Across the Spider-Verse, yang membangun eksistensi mereka di multiverse. Spider-Man versi Tom Holland juga dirujuk Miguel O’Hara, yang secara spesifik menyebut peristiwa di No Way Home. Referensi ini jelas membangun fondasi bagi sejumlah atau semua karakter ini muncul di Beyond the Spider-Verse.

4. Ending

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: The Wrap

Baik komik Marvel dan awal Across the Spider-Verse memperlakukan Spot seperti penjahat kelas C yang tidak memberikan ancaman besar ke semua orang. Tapi, supervillain yang bisa teleportasi itu terus mendapatkan kekuatan di seluruh peristiwa di Across the Spider-Verse. Ini terjadi sampai momen terakhir film itu di mana dia sepertinya lebih berbahaya dari sebelumnya.

Setela menyerap energi multiverse dari berbagai semesta berbeda, Spot mungkin menjadi supervillain terkuat di film Spider-Man apa pun. Meski Across the Spider-Verse belum menggambarkan kekuatan penuh Spot, film itu menunjukkan betapa menghancurkannya penjahat itu ketika dia tampil di Beyond the Spider-Verse. Apa yang terjadi saat ini sepertinya baru permulaan.

3. Beyond the Spider-Verse Mungkin Menampilkan Spider Civil War

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: ComicBook.com

Across the Spider-Verse menampilkan sejumlah varian Spider-Man mengagumkan, semuanya adalah bagian dari Spider-Society multiverse pimpinan Miguel O’Hara. Tapi, Miles Morales menyebabkan keretakan di antara anggota Spider-Society. Ini pada akhirnya menyebabkan Gwen menemukan faksi terpisah yang berseberangan dengan Miguel dan pengikutnya.

Dengan betapa temperamental-nya Miguel, tidak akan mengejutkan kalau Spider-Society dan pemberontakan Gwen bisa meledak di pertemuan mereka berikutnya. Dengan varian Spider-Man berperang satu sama lain di Beyond the Spider-Verse, penjahat seperti Spot bisa bebas mengacau seluruh multiverse. Ini akan menyebabkan kekacauan dan kehancuran.

2. Across the Spider-Verse Membuat Spider-Man Integral ke Lini Masa

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: Marvel Database – Fandom

Across the Spider-Verse mengungkapkan kalau laba-laba yang menggigit Miles aslinya berasal dari lini masa berbeda, yaitu Earth-42. Karena laba-laba itu tidak ada untuk menggigit Peter Parker, Earth-42 tidak punya Spider-Man untuk membelanya. Ketika Miles akhirnya tiba di lini masa ini, dia menemukan betapa besarnya perbedaan yang bisa dibuat satu superhero ramah lingkungan.

Tanpa Spider-Man, Earth-42 telah dikuasai kejahatan, dengan Kartel Sinister Six mengendalikan New York City. Pengungkapan ini mengindikasikan kalau kehadiran Spider-Man itu benar-benar penting bagi setiap bumi di multiverse. Tanpa Spider-Man, bumi apa pun bisa jatuh dalam jurang korupsi dan keserakahan.



1. Mungkin Mengindikasikan Avengers: Secret Wars

10 Implikasi Besar Ending Spider-Man: Across the Spider-Verse

Foto: Den of Geek

Tema berulang di Across the Spider-Verse adalah ada yang salah di multiverse. Sementra Miguel O’Hara teralihkan dengan membersihkan gejala masalah ini, sesuatu yang lebih besar sedang berjalan, ancaman yang belum disebut di film itu. Dengan arah proyek Marvel dalam beberapa tahun, ini bisa menjadi cara franchise Spider-Man membangun Avengers: Secret Wars.

Perlintasan Secret Wars 2015 di komik Marvel dimulai dengan cara yang sama dengan lini cerita Spider-Verse di tahun sebelumnya hanya bertindak sebagai pertanda kehancuran yang akan datang. Varian Spider-Man seperti Spider-UK penting dalam mengenali ancaman yang akan datang di komik dan sudah mengikuti jalur yang sama di film. Dengan begitu, Beyond the Spider-Verse sepertinya akan menjadi tontonan penting bagi penggemar MCU dan Spider-Man.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)