5 Aktor yang Mengantongi Rp1,47 Triliun dari Satu Film Saja

Senin, 08 Mei 2023 - 22:58 WIB
loading...
5 Aktor yang Mengantongi Rp1,47 Triliun dari Satu Film Saja
Sejumlah aktor mampu mengantongi pendapatan besar hingga USD100 juta hanya dari satu film atau franchise. Kesuksesan box office adalah salah satu faktornya. (Foto: British GQ)
A A A
Kesuksesan sebuah film di box office juga berpengaruh pada pendapatan aktor yang terlibat di dalamnya. Bergantung pada kesepakatan mereka dengan studio pembuatnya, aktor itu bisa mengantongi banyak uang hanya dari satu film. Bahkan, ada aktor yang mampu meraup USD100 juta atau Rp1,47 triliun dengan kurs sekarang hanya dari satu film atau franchise.

Pendapatan itu memang bukan murni dari gaji pokok mereka. Sebagian besar aktor ini memulai semuanya dengan bayaran USD10 juta sebagai gaji pokok. Tapi, mereka kemudian melakukan kesepakatan yang bisa membuat mereka kecipratan laba film yang mereka bintangi itu.

Bayaran itu tentu layak mereka dapatkan karena mereka juga turut bekerja keras. Terlebih, para aktor ini adalah wajah dari film-film tersebut. Makanya, mereka pun banyak yang melakukan kesepakatan agar tidak hanya mendapatkan gaji pokok, tapi juga turut menikmati hasil kesuksesan film itu dengan angka yang layak. Siapa saja aktor yang meraup USD100 juta hanya dalam satu film? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



5. Keanu Reeves — Franchise The Matrix

5 Aktor yang Mengantongi Rp1,47 Triliun dari Satu Film Saja

Foto: People.com

Keanu Reeves memulai The Matrix dengan gaji pokok USD10 juta. Film pertamanya itu sukses dan meraup USD467,2 juta dari dana sekitar USD63 juta. Sebagai pemeran utama, Keanu meraup sekitar USD156 juta dari empat film pertama The Matrix. Uang itu berasal dari pembayaran back-end setelah tayang di bioskop, artinya dia diberi kompensasi atas kesuksesan film itu di bioskop, iklan, dan promosi.

4. Tom Cruise — Top Gun: Maverick

5 Aktor yang Mengantongi Rp1,47 Triliun dari Satu Film Saja

Foto: NPR

Tidak mengejutkan kalau Tom Cruise menjadi salah satu aktor yang mengantongi USD100 juta untuk satu film saja. Bayaran itu layak diterima aktor yang tidak butuh pemeran pengganti untuk adegan berbahaya itu. Dengan gaji pokok USD13 juta, Tom mendapatkan tambahan gaji sebesar USD100 juta atas perannya sebagai instruktur terbang Maverick di Top Gun: Maverick. Film itu meraup sekitar USD1,5 miliar di box office dan menjadi film terlaris kedua pada 2022.

3. Sam Worthington — Avatar: The Way of Water

5 Aktor yang Mengantongi Rp1,47 Triliun dari Satu Film Saja

Foto: CinemaBlend

Sam Worthington mungkin tidak pernah menyangka kalau Avatar akan sukses besar dan memberinya banyak uang. Sekuelnya, Avatar: The Way of Water meraup lebih dari USD2,3 miliar di box office. Di film itu, dia menerima gaji pokok sebesar USD10 juta. Dia juga mendapatkan 5% dari laba film itu. Jadi, kalau dihitung, 5% dari USD2 miliar adalah USD100 juta. Ini membut Sam sebagai salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di dunia.

2. Will Smith — Men in Black 3

5 Aktor yang Mengantongi Rp1,47 Triliun dari Satu Film Saja

Foto: Hollywood.com

Will Smith adalah aktor lain yang meraup USD100 juta dari satu film dan layak mendapatkannya. Meski sudah punya jutaan dolar dari perannya sebagai Agen J di Men in Black 3 pada 2012, dia terus mendapatkan 10% dari pendapatan film itu yang mencapai USD654,2 juta. Bayaran itu adalah bayaran tertingginya di balik pendapatannya yang diperkirakan mencapai USD71,4 juta dari The Pursuit of Happyness.



1. Bruce Willis — The Sixth Sense

5 Aktor yang Mengantongi Rp1,47 Triliun dari Satu Film Saja

Foto: CinemaBlend

Membintangi The Sixth Sense pada 1999, Bruce Willis mendapatkan USD14 juta sebagai bayaran dasar untuk perannya sebagai psikolog Dr. Crowe. Film itu berkisah tentang seorang bocah laki-laki yang dikunjungi arwah dan terlalu takut untuk menceritakannya kepada orang lain, selain Dr. Crowe. Film itu ditulis dan disutradarai M. Night Shyamalan dan meraup USD672,8 juta dari anggaran USD40 juta. Bruce pun mendapatkan untung berkat kesuksesan itu. Selain gaji pokok, dia total membawa pulang USD100 juta dari kesepakatan bayarannya dengan produksi.

Meski hanya ada lima orang yang meraup USD100 juta dari satu film, ada banyak aktor yang mendapatkan pendapatan tinggi. Tom Hanks meraup lebih dari USD60 juta dari perannya di Forrest Gump. Begitu juga Harrison Ford di Indiana Jones dan Johnny Depp sebagai Mad Hatter di Alice in Wonderland. Sandra Bullock meraup USD70 juta di Gravity. Sementara, Robert Downey Jr. meraup setidaknya USD75 juta atas perannya sebagai Iron Man di Avengers: Infinity War.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)