10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?

Minggu, 07 Mei 2023 - 12:36 WIB
loading...
10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?
Sejumlah film prekuel tampil lebih baik dari film aslinya. Film itu memberikan pandangan lain dari cerita asli dengan memaparkan cerita sebelum film aslinya. (Foto: IGN Nordic)
A A A
Film prekuel biasanya dibuat berkat kesuksesan film aslinya. Prekuel ini dibuat dengan tujuan memberikan pandangan masa lalu atau mengisi plot hole dari konflik yang dihadirkan di film aslinya. Prekuel bisa menjadi pelengkap untuk film aslinya.

Film prekuel ini biasanya akan menjawab rasa penasaran para penggemar terkait masa lalu atau apa yang terjadi di balik film aslinya. Inilah yang membuat banyak film prekuel sukses. Bahkan, tidak sedikit prekuel yang justru lebih disukai dari film aslinya.

Tak hanya memberikan gambaran masa lalu, prekuel juga tidak jarang digunakan untuk mengisahkan cerita baru ketimbang membuat sekuel yang belum pasti. Sejumlah film bahkan punya lebih dari sekuel dengan titik entri yang berbeda. Ini tentu memperkaya cerita film aslinya. Apa saja film prekuel terbaik yang pernah dibuat? Simak ulasannya berikut!



10. The Good, The Bad, And The Ugly

10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?

Foto: Daily Nebraskan

Film yang rilis pada 1966 ini merupakan prekuel A Fistful of Dollars dan For a Few Dollars More yang rilis pada tahun 1964 dan 1965. Film koboi produksi Italia ini dibintangi Clint Eastwood, Lee Van Cleef, dan Eli Wallach. Tidak hanya menjadi film prekuel terbaik, The Good, The Bad, And The Ugly juga menjadi film terbaik.

Prekuel itu mengisahkan tentang pertemuan tiga karakter utama ikonis di film itu. Mereka adalah Mengisahkan tentang pertemuan pertama tiga karakter utama ikonik yakni Blondie (The Good), Angel Eyes (The Bad), dan Tuco (The Ugly). Perjalanan tiga karakter yang punya latar belakang yang berbeda-beda ini sukses mendapat banyak pujian dari kritikus film.

9. Indiana Jones and the Temple of Doom

10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?

Foto: American Cinematographer

Indiana Jones adalah franchise petualangan sukses yang punya banyak penggemar. Indiana Jones and the Temple of Doom dirilis tiga tahun setelah film utamanya, Raiders of the Lost Ark, muncul pada 1981. Dalam prekuel ini Indiana Jones harus berurusan dengan bos kriminal Shanghai, Lao Che.

Ketika tengah melarikan diri dari kejaran Lao Che, pesawat yang ditumpangi Indy disabotase. Akibatnya, pesawat itu jatuh di lereng Gunung Himalaya. Indy dan kawan-kawan yang berhasil selamat harus terdampar dan menjalani petualangan di Desa Mayapore, India Utara.

8. Puss in Boots

10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?

Foto: YouTube

Shrek telah menjadi salah satu karya DreamWorks yang paling populer dan fenomenal. Kepopuleran film makhluk hijau itu memunculkan banyak karakter yang disukai para fans. Salah satu karakter yang curi perhatian adalah Puss in Boots, kucing berpenampilan sangar yang jago berpedang layaknya Zorro.

Memanfaatkan kepopuleran karakter Puss in Boots, Dreamworks langsung buat prekuel karakter kucing ini tujuh tahun berselang. Film ini berfokus pada cerita karakter Puss in Boots pada petualangannya kala penampilan pertamanya di Shrek 2. Tak disangka, film ini tak kalah sukses dengan Shrek. Tahun lalu, sekuelnya dirilis ke bioskop.

7. Red Dragon

10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?

Foto: Collider

The Silence of the Lamb adalah film thriller legendaris yang sukses. Film ini punya sekuel, Hannibal, yang dirilis pada 2001 atau 10 tahun setelah film aslinya. Tak hanya itu, produser kemudian memutuskan membuat prekuel film ini, Red Dragon, yang dirilis pada 2002.

Red Dragon berkisah tentang seorang mantan agen FBI bernama Will Graham yang ditugaskan mengungkap kasus misterius. Kasus yang ditangani Will ini juga berkaitan dengan kematian dua anggota keluarganya. Pelaku di balik pembunuhan itu adalah Francis Dolarhyde yang percaya bahwa tubuhnya diberi kekuasaan oleh makhluk tertinggi yaitu Red Dragon. Red Dragon bisa ditonton di HBO Go.

6. Prometheus

10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?

Foto: IndieWire

Film seri Alien telah banyak menelurkan sekuel yang tak kalah suksesnya. Tapi, tidak banyak yang sadar kalau Prometheus adalah prekuel Alien. Film ini memberikan beberapa latar belakang tentang ras Xenomorph yang kejam.

Prometheus mengisahkan tentang ekspedisi luar angkasa dari berbagai tim peneliti dengan tujuan mencari tahu tentang pencipta umat manusia. Namun dalam ekspedisi tersebut justru menimbulkan bencana besar yang membuat banyak anggota tim terbunuh. Prometheus bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

5. The Godfather: Part II

10 Film Prekuel Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Sudah Nonton?

Foto: Wolfcrow
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4361 seconds (0.1#10.140)