Kalahkan One Piece, Jujutsu Kaisen Rebut Mahkota Manga Terlaris

Jum'at, 05 Mei 2023 - 21:55 WIB
loading...
Kalahkan One Piece, Jujutsu Kaisen Rebut Mahkota Manga Terlaris
Jujutsu Kaisen, Tokyo Revengers, dan Spy x Family membuktikan diri mereka sebagai serial populer dengan melengserkan One Piece sebagai manga terlaris pada 2022. (Foto: Twitter)
A A A
Popularitas One Piece sebagai manga terlaris mulai terancam dengan kehadiran serial baru. Meskipun masih memegang rekor sebagai manga dengan penjualan tertinggi di dunia, tapi, tren menunjukkan penurunan ketertarikan pada manga ini. Di sisi lain, manga baru mulai unjuk gigi dalam penjualan mereka.

Layanan rating Oricon membuktikan tren penurunan minat terhadap One Piece itu dalam daftar manga terlaris di Jepang selama 2022. Dalam penelusuran Oricon terkait manga terlaris selama periode 22 November 2021—20 November 2022, One Piece bahkan tidak masuk Top 3. Daftar teratas itu justru dihuni manga yang relatif baru.

Oricon adalah adalah kelompok korporasi Jepang yang memberikan data statistik dan informasi mendalam terhadap musik serta industri musik. Tapi, mereka juga memonitor dan melaporkan penjualan CD, DVD, video game, buku, serta manga. Data mereka cukup terpercaya.



Di daftar manga terlaris Oricon itu, peringkat satu dikuasai manga fenomenal karya Gege Akutami, Jujutsu Kaisen. Selama periode pelaporan data Oricon itu, Jujutsu Kaisen telah terjual hingga 12,2 juta eksemplar. Pada 2022, Jujutsu Kaisen volume 18 telah terjual lebih dari 2,1 juta eksemplar di seluruh Jepang.

Tempat kedua ditempati Tokyo Revengers. Manga karya Ken Wakui itu diperkirakan terjual total hingga lebih dari 11 juta kopi. Volume 18 adalah manga terlaris dari Tokyo Revengers. Tempat ketiga dihuni Spy x Family. Manga karya Tatsuya Endo itu terjual lebih dari 10,6 juta dengan lebih dari 1,7 juta di antaranya adalah penjualan untuk Volume 9.

Sementara, manga terlaris keempat pada 2022 adalah One Piece. Manga karya Eiichiro Oda itu berhasil meraih penjualan total lebih dari 10,3 juta eksemplar. Manga terlaris One Piece adalah Volume 101 yang diperkirakan laku hingga lebih dari 2 juta eksemplar. Meski tidak masuk Top 3, tapi sampai sekarang, One Piece masih disukai banyak orang.

Manga itu kini hampir mencapai chapter 1.100 dan ceritanya pun semakin seru. Oda mengatakan, One Piece telah memasuki Saga Terakhirnya. Banyak rahasia terkuak, tapi juga meninggalkan pertanyaan baru. Penggemar pun semakin antusias menantikan akhir cerita ini.

Sementara, Top 5 manga terlaris ditutup oleh My Hero Academia. Manga karya Kohei Horishiko itu diperkiraan terjual lebih dari 5,3 juta eksemplar. Dari angka itu, 868.511 di antaranya adalah angka penjualan untuk Volume 33. Sama seperti One Piece, My Hero Academia juga sedang dalam proses Saga Terakhirnya.

Dari lima manga dengan penjualan teratas selama 2022 itu, hanya Tokyo Revengers yang sudah tamat. Sementara, Jujutsu Kaisen diduga sedang menuju Saga Terakhirnya. Spy x Family adalah satu-satunya yang jelas masih berjalan ceritanya.

Yang mengejutkan, di daftar Top 5 itu tidak tampak manga populer selama periode itu, yaitu Chainsaw Man. Popularitas karya Tatsuki Fujimoto di media sepertinya tidak mampu membantu mendongkrak penjualan manga-nya. Chainsaw Man masuk Top 10 daftar manga terlaris 2022 dengan menduduki peringkat 8.

Sementara, 2022 adalah tahun yang baik bagi serial olahraga. Blue Lock dan Ao Ashi sama-sama berhasil masuk Top 15. Di sisi lain, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba masih bisa mempertahankan popularitasnya. Meski sudah lama tamat, manga-nya masih tetap laris diburu penggemarnya. Manga itu menduduki peringkat 11 manga terlaris 2022.



Seperti apa peringkat daftar manga terlaris 2022? Mengutip SportsKeeda, berikut ranking manga terlaris 2022 menurut Oricon:

1. Jujutsu Kaisen
2. Tokyo Revengers
3. Spy × Family
4. One Piece
5. My Hero academia
6. Kingdom
7. Blue Lock
8. Chainsaw Man
9. Don't Call It Mystery
10. Kaiju No. 8
11. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
12. Golden Kamuy
13. Ao Ashi
14. My Dress-up Darling
15. That Time I Got reincarnated as a Slime
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)