Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead

Jum'at, 05 Mei 2023 - 07:12 WIB
loading...
Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead
Evil Dead adalah franchise horor yang dimulai pada 1980-an. Sejauh ini, sudah ada 5 film dan 1 serial televisi franchise ini yang populer di kalangan penggemar. (Foto: Digital Fix)
A A A
Evil Dead adalah franchise horor yang dimulai dari era 1980-an. Film ini dibesut Sam Raimi dan punya pengikut yang lumayan besar. Ceritanya berpusat pada Deadbites yang merasuki manusia dan menebar teror.

Evil Dead menyelesaikan triloginya pada 1992. Tapi, itu tidak berarti franchise ini berhenti. Setelah fokus pada protagonisnya, Ash Williams, franchise ini terus berkembang dengan memperkenalkan karakter dan setting tempatnya.

Sampai saat ini, sudah ada lima film dan satu serial televisi. Dari semua itu, ada yang terbaik, tapi ada yang tidak terlalu memuaskan. Meski tidak sering melepas seri baru, tapi, penonton terus menantikan kelanjutan ceritanya. Mengutip MovieWeb, berikut ranking film dan serial Evil Dead!



6. Evil Dead — 2013

Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead

Foto: The New York Times

Film ini dirilis 20 tahun setelah akhir trilogi aslinya. Tapi, film ini bukanlah benar-benar remake atau pun sekuel. Film ini berlatar pondok di hutan dan berpusat pada sekelompok teman yang tanpa sengaja memanggil Deadbites seperti di film pertamanya.

Film ini berlatar masa sekarang dan pemerannya pun berbeda dari trilogi sebelumnya. Film ini juga memberikan karakternya cerita latar yang lebih detail ketimbang film aslinya. Protagonisnya mendapatkan cerita latar yang lebih rumit. Ini adalah salah satu entri tergelap di franchise itu.

5. Ash vs. Evil Dead — 2015-2018

Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead

Foto: IMDb

Ash kembali setelah lebih dari 30 tahun dari pertarungan terakhirnya melawan Deadbites lewat serial televisi ini. Ash berhasil menghindari tanggung jawabnya dan iblis maut yang memberinya gergaji mesin sampai sebuah tindakan sembrono melepasnya lagi. Serial itu penuh gore, energi, dan kesenangan dari trilogi filmnya.

Tiga season serial ini dipuji kritikus dan penggemar atas kekerasan dan absurditasnya. Film ini mendapatkan skor 99% di Rotten Tomatoes. Penggemar masih mengagumi serial ini sampai hari ini.

4. The Evil Dead — 1981

Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead

Foto: The London Horror Society

The Evil Dead adalah film pertama di franchise ini. Film ini aneh dan memberikan ketakutan serta tawa. Deadbites benar-benar menjijikkan. Karena dananya sangat rendah dan hanya ada 13 orang yang mengerjakan film itu, Sam Raimi jadi inventif dengan kameranya.

Film ini berkisah tentang Ashley “Ash” Williams, pacarnya, dan tiga temanya mendaki ke pondok di hutan untuk bersenang-senang. Mereka kemudian menemukan sebuah buku yang teksnya membangkitkan yang sudah mati ketika dibaca kencang-kencang. Teman-teman Ash secara tak sengaja melepaskan iblis itu. Mereka pun harus berjuang untuk bertahan hidup atau jadi salah satu mayat hidup jahat.

3. Army of Darkness — 1992

Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead

Foto: Willamette Week

Army of Darkness adalah entri yang paling kocak, kacau, dan sangat menghibur di franchise ini. Tidak ada dari narasi film ini yang masuk akal dan itulah mengapa itu berhasil dengan baik. Film ini adalah akhir trilogi Evil Dead besutan Sam Raimi. Meski begitu, dari sinilah semesta Evil Dead itu terbentuk.

Film ini melanjutkan seri keduanya. Ash dikirim ke Abad Pertengahan. Di sana, dia telah dinantikan Deadbites, tentu saja. Inilah kali pertama Ash keluar dari pondok di hutan dan bersenang-senang. Meski kurang tegang, Army of the Darkness terbukti memberikan banyak kesenangan.

2. Evil Dead Rise — 2023

Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead

Foto: Collider

Film ini tidak lagi berlatar di pondok di hutan, tapi ke kompleks apartemen di Los Angeles. Kompleks apartemen bobrok yang seharusnya dibongkar itu ternyata dihuni Book of the Dead dan rekaman pendeta yang mempelajari Deadbites. Setelah anak seorang penghuni apartemen itu secara tidak sengaja melepaskan Deadbites, teror pun terjadi.

Entri baru Evil Dead ini mendapatkan pujian dari kritikus. Sejumlah penggemar menyebutnya sebagai yang paling menakutkan di franchise tersebut. Film itu juga yang paling berdarah-darah dengan menggunakan sekitar 6.435 liter darah. Film ini masuk ke elemen horor sepenuhnya dan meninggalkan tone komedi dari sebelumnya.



1. Evil Dead II — 1987

Ranking 6 Film dan Serial di Franchise Horor Evil Dead

Foto: Slash Film

Evil Dead II mengambil plot yang sama dengan pendahulunya, tapi mengganti karakter lamanya dengan yang baru. Film itu meneruskan cerita dari film sebelumnya. Di kabin, Ash dan pacarnya, dan Book of the Dead, diperkenalkan di beberapa menit pertama film itu. Ini membuat film itu memulai aksi dan meluncurkan absurditas yang disukai penggemarnya.

Di film itu, setelah menemukan rekaman yang ditinggalkan seorang dosen yang berisi suara yang membaca Book of the Dead, pacar Ash jadi dirasuki roh jahat yang dibangkitkan suara rekaman itu. Ash lalu tahu kalau tidak ada cara keluar dari hutan itu. Di film ini, Deadbites membawa selera humor yang lebih aneh dan meningkatkan kekerasan dari film pertama.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)