Akankah Film Live-Action Baru Saint Seiya Setia pada Manga-nya?

Kamis, 04 Mei 2023 - 22:22 WIB
loading...
Akankah Film Live-Action Baru Saint Seiya Setia pada Manga-nya?
Remake live-action Saint Seiya bisa meningkatkan popularitas franchise itu di tengah penggemar baru. Ini bisa terjadi selama perubahan pada ceritanya berhasil. (Foto: IMDb)
A A A
Remake live-action baru Saint Seiya, Knights of the Zodiac, akan tayang pekan depan. Film ini seharusnya menjadi peluang emas untuk memperkenalkan serial klasik ini kepada generasi baru. Dalam skenario terbaik, film baru ini bisa memberikan peningkatan terhadap franchise itu untuk mendapatkan popularitas lebih tinggi lagi. Tapi, semuanya bergantung pada bagaimana versi ini menangani ceritanya.

Yang harus tetap diingat adalah film ini bukanlah penceritaan ulang langsung cerita anime atau manga-nya dari era 80-an. Film itu akan memasukkan elemen plot yang tidak ada di materi sumbernya yang akan mengubah ceritanya dengan cara yang signifikan. Dengan begitu, kalau film itu cukup menarik untuk audiens baru, maka bisa mengukuhkan masa depan franchise tersebut.

Bukan rahasia lagi kalau selama ini adaptasi live-action manga atau anime kurang memuaskan hasilnya. Hollywood sudah melihat kegagalan ini lewat Dragon Ball Evolution dan The Last Airbender. Perubahan cerita Saint Seiya ini punya risiko besar antara gagal dan berhasil. Seperti apa sebenarnya cerita dan plot Knights of the Zodiac? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



1. Plot Saint Seiya dan Knights of the Zodiac

Akankah Film Live-Action Baru Saint Seiya Setia pada Manga-nya?

Foto: IMDb

Premis dasar Saint Seiya mengikuti cerita Saints Athena, dengan Seiya adalah Saint Pegasus. Dipersenjatai dengan senjata berbasis konstelasi bintang dan energi kosmik, mereka bertarung dengan gagah berani melindungi para dewi patron mereka dan semua umat manusia. Tugas suci ini membuat mereka menghadapi banyak musuh kuat, termasuk Saint lain dan bahkan dewa Yunani.

Manga-nya berjalan selama hampir 5 tahun dengan 110 chapter. Tapi, film ini sepertinya akan mengikuti elemen cerita dari sejumlah busur pertama serial itu. Ini termasuk Perang Galaxia, pertarungan dengan Ikki Phoenix dan Saint Hitamnya, Pertarungan dengan Saint Perak, dan perkenalan Saint Emas. Busur Sanctuary, di mana Seiya dan teman-temannya melawan Saints Emas sepertinya akan disimpan untuk film berikutnya, kalau ada.

Menegaskan kembali, tidak semua di film ini diambil langsung dari manga. Film itu akan mengangkat plotnya dari season 1 Knights of the Zodiac: Saint Seiya pada 2019. Adaptasi Netflix itu berisi perubahan signifikan dari materi sumbernya, nama karakter baru, perubahan jenis kelamin Shun Andromeda, dan latar belakang baru Seiya mendapatkan perubahan besar.

Mungkin perubahan terbesarnya adalah Saint Hitam dan Nero Phoenix sekarang bekerja untuk Vander Guraad, karakter asli dari Netflix, yang berusaha mengakhiri kendali dewa terhadap bumi dan menempatkan takdir manusia di tangannya. Kebebasan kreatif ini sepertinya dibuat agar serial itu lebih bisa diakses audiens mainstream, meski banyak penggemar percaya kalau serial itu lebih baik setia pada manga aslinya. Dalam perkara apa pun, filmnya sepertinya akan menjadi adaptasi season pertama serialnya dengan pertarungan terakhir melawan Guraad.



2. Haruskah Knights of the Zodiac Mengikuti Materi Sumbernya?

Akankah Film Live-Action Baru Saint Seiya Setia pada Manga-nya?

Foto: Fortress of Solitude

Memisahkan diri dari materi sumber, sementara tidak setia, kadang diperlukan. Antagonis utama pertama manga itu adalah Saint Phoenix. Tapi, dia berfungsi lebih pada antagonis sekunder di anime Netflix, dan, juga sepertinya, di film. Pertarungan klimaks dengan antagonis utama tidak terjadi sampai akhir busur Sanctuary, yang mungkin akan disimpan untuk film selanjutnya.

Selain itu, lini cerita di antara kedua titik ini berarti membawa ke busur Sanctuary. Jadi, tidak satu pun di antara mereka yang bisa menjadi titik ending yang bagus. Agar film sepanjang dua jam ini punya klimaks yang memuaskan, bukan sekadar berakhir dengan cliffhanger, maka antagonis baru diperlukan untuk mengisi gap antara Ikki dan musuh besar selanjutnya. Satu-satunya pilihan lain adalah mengubah ceritanya sedikit sehingga Leo Aiolia menjadi musuh akhir Seiya di film itu. Kalau tidak, ceritanya harus diubah agar pas dengan format barunya.

Bagaimana itu diwujudkan harus tetap dilihat. Setidaknya, membawa Knights of Zodiac ke bioskop seharusnya membuat orang membahas apa itu dan dari mana asalnya. Selama film itu tidak menjadi seperti Dragon Ball Evolution atau The Last Airbender, yang jadi hambar selain karena tidak setia pada materi sumbernya, film itu seharusnya menarik penggemar baru dan api baru ke franchise klasik ini.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)