Apakah Buku yang Diburu Penjahat di Bungou Stray Dogs?

Kamis, 04 Mei 2023 - 05:30 WIB
loading...
Apakah Buku yang Diburu Penjahat di Bungou Stray Dogs?
Ada banyak kekuatan yang bentrok di cerita Bungou Stray Dogs. Tapi, gawai plot yang ada di pusat ceritanya mungkin merupakan anugerah terkuat di serial ini. (Foto: Bungou Stray Dogs Wiki - Fandom)
A A A
Bungou Stray Dogs dipenuhi kemampuan unik. Anggota Agensi Detektif Bersenjata (ADA) menggunakan kemampuan khusus mereka untuk menumpas kejahatan dan melindungi Yokohama. Banyak dari musuh mereka yang juga punya kemampuan mengerikan. Tapi, ada satu obyek supranatural yang berpotensi menjadi ancaman publik.

Obyek itu adalah sebuah buku. Buku gaib itu merupakan sebuah novel yang semua halamannya kosong. Apa pun yang ditulis di dalamnya bisa menjadi kenyataan. Tapi, buku itu punya peraturan spesifik. Buku itu kali pertama disinggung di season 2 anime Bungou Stray Dogs lewat kehadiran Francis Scott Key Fitzgerald.

Di season 4, signifikansi buku itu di serial ini semakin terlihat nyata. Salah satu halaman buku itu dikuasai Decay of Angels dan dipakai untuk memfitnah ADA. Asal usul buku itu tidak jelas. Tapi, Taneda percaya Buku itu ditinggalkan seorang pengguna kemampuan. Sementara, Ranpo Edogawa percaya kalau buku itu berasal dari sesuatu yang melampaui batas pemahaman semua orang. Apakah Buku itu dan seperti apa cara kerjanya di Bungou Stray Dogs? Simak ulasannya berikut!



1. Kemampuan Buku Misterius

Apakah Buku yang Diburu Penjahat di Bungou Stray Dogs?

Foto: SportsKeeda

Buku yang dicari-cari itu adalah sebuah novel kosong. Apa pun yang ditulis di dalamnya harus ditulis seperti sebuah cerita dengan narasi yang konsisten. Makanya, orang tidak bisa hanya menulis “dunia meledak” atau “semua umat manusia mati” tanpa menjelaskan peristiwa sebelumnya.

Tak seperti Death Note milik Light Yagami, Buku itu butuh perhatian pada detail. Orang yang menggunakannya harus punya visi yang jelas atas apa yang mereka inginkan terjadi di masa depan. Selain itu, semua yang ditulis di buku itu hanya bisa terwujud kalau seluruh halaman buku itu dipenuhi.

Di manga spinoff, Bungou Stray Dogs: Beast, penggemar menemukan kalau Buku itu bisa berpotensi membuat cabang satu realitas ke yang lainnya. Kemungkinannya tidak ada akhirnya. Karena Beast terjadi di semesta alternatif, Osamu Dazai menjelaskan kalau Buku itu bisa mengubah aspek dunia nyata. Buku itu bisa mengubah fisik dan kemungkinan tak terbatas di dunia lain di dalam buku itu, termasuk kehidupan baru. Sigma, misalnya, lahir setelah eksistensinya ditulis di buku itu.

2. Mengapa Para Penjahat Memburu Buku Itu?

Apakah Buku yang Diburu Penjahat di Bungou Stray Dogs?

Foto: Reddit

Bagi Francis, itu adalah masalah pribadi. Francis mengatakan kalau kematian anaknya membuat istrinya, Zelda, terbelit duka cita. Jadi, dia bermaksud menggunakan kekayaan dan kekuatan tentaranya untuk merebut buku itu demi membangkitkan kembali putrinya itu. Tujuan yang bisa dipahami ini dinodai metode dan kurangnya kepedulian terhadap kehidupan.

Di sisi lain, begitu Fyodor masuk, dia mengungkapkan kalau keinginannya mendapatkan buku itu lahir dari bentuk keadilan yang aneh. Dia berharap bisa mengeliminasi orang-orang berkemampuan khusus dan kekuatan berbahaya mereka dari dunia. Sementara dia tidak punya sumber daya seperti Francis, Fyodor itu licik dan hampir membuat mereka saling bertarung.

Sementara, Decay of Angels juga memburu buku tersebut. Pemimpin grup itu, Kamui, mengatakan, tujuan akhirnya adalah menaklukkan setiap negara di dunia ini, yang pada akhirnya mengakhiri setiap perang. Meski menjadi antagonis, motivasi mereka memburu buku itu ternyata terhormat, meskipun cara mereka mewujudkan tujuan itu tidak bisa diterima.

3. Peran Atsushi Nakajima

Apakah Buku yang Diburu Penjahat di Bungou Stray Dogs?

Foto: Planet Minecraft

Buku itu secara resmi kali pertama disebut di season 2. Saat itu, Francis mengatakan kalau Atsushi penting dalam menemukan buku terebut. Dia menyebut Atsushi sebagai Macan Kumbang, tiang gawang.

Sayang, ini tidak pernah dielaborasi hingga akhir season 3. Pada akhir season 1, diungkapkan kalau kontrak yang ditempatkan pada Atsushi dilakukan Francis demi mendapatkannya. Ini membuat Atsushi jauh lebih penting ketimbang kemampuannya.

Sejak serial ini dimulai, Atsushi sudah diburu kelompok yang sepertinya hanya tertarik pada kemampuannya berubah menjadi harimau. Sementara tidak berasal dari manga, film Dead Apple memperlihatkan penjahatnya, Tatsuhiko Shibusawa, bereksperimen pada Atsushi yang memicu kemampuannya. Dia bahkan menyebut anugerah Atstushi itu sebagai kecemburuan semua orang yang dianugerahi.

Penulis Bungou Stray Dogs, Kafka Asagiri, melahirkan premis dan cerita asli film itu. Ini mengindikasikan kalau film itu punya signifikansi nanti. Anime serial ini punya kebiasaan tidak hanya mengadaptasi manga-nya, tapi juga light novelnya. Ini membuat versi paten ceritanya. Kemampuan Atsushi sepertinya hanya berubah menjadi harimau, tapi kekuatannya terbukti lebih kuat di setiap season.



4. Decay of Angels

Apakah Buku yang Diburu Penjahat di Bungou Stray Dogs?

Foto: Twitter

Bungou Stray Dogs season 4 membuat semuanya terlihat sulit bagi para karakter utama serial ini. Di season itu, Agen Detektif Bersenjata (ADA) diburu setelah difitnah melakukan pembunuhan. Fitnah itu dibuat kelompok teroris Decay of Angels yang mendapatkan satu halaman dari buku itu.

Anggota ADA harus membuktikan kalau diri mereka tak bersalah dan terhindar menjadi mangsa Hunting Dogs, agen pemerintah yang ditugaskan memburu para pengguna kemampuan. Season ini menunjukkan betapa kuatnya kekuatan buku itu kalau jatuh ke tangan orang yang salah. Season 5 masih akan berkutat di sekitar buku ini. Tapi, sampai sekarang, bahkan, di manga-nya sekalipun, belum banyak yang diketahui tentang buku tersebut.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)