6 Organisasi Paling Berkuasa dan Berbahaya di Bungou Stray Dogs

6 Organisasi Paling Berkuasa dan Berbahaya di Bungou Stray Dogs
Bungou Stray Dogs menampilkan sejumlah organisasi kejahatan dan kebaikan yang punya tujuan masing-masing. Mereka menggunakan segala cara untuk mewujudkannya. (Foto: Bungou Stray Dogs - Fandom)
Bungou Stray Dogs bukanlah sekadar anime detektif biasa. Serial ini berkaitan dengan berbagai macam organisasi yang punya kepentingan dan pengaruh. Dari mafia, organisasi pemerintah, sampai kelompok antipengguna kemampuan khusus, masing-masing organisasi ini punya kepentingan masing-masing.

Dalam mewujudkan tujuannya, masing-masing organisasi ini punya cara tersendiri dan tidak segan menggunakan kekerasan. Hampir semua anggota dan bos organisasi ini adalah pengguna kekuatan khusus. Inilah yang membuat mereka jadi berbahaya.

Dari season 1 sampai sekarang dan di spin-off-nya, Bungou Stray Dogs telah memperkenalkan berbagai macam organisasi berbahaya. Tapi, di antara semua itu, beberapa dikenal punya pengaruh kuat sehingga selalu tampil di sepanjang ceritanya. Organisasi-organisasi ini saling bersaing, tapi, di sisi lain, mereka juga saling melengkapi satu sama lain. Apa saja organisasi paling berkuasa dan kuat di Bungou Stray Dogs? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

6. Divisi Khusus Pengawas Pengguna Kemampuan

6 Organisasi Paling Berkuasa dan Berbahaya di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Divisi Khusus Pengawas Pengguna Kemampuan adalah agen rahasia yang bekerja di bawah Kementerian Dalam Negeri. Mereka bertugas mempertahankan keamanan nasional terkait kasus pengguna kemapuan dengan memonitor dan mengatur orng-orang dengan kemampuan khusus serta organisasi di seluruh Jepang. Mereka punya pengaruh besar di Jepang sebagai agensi pemerintah dengan banyak koneksi dan jaringan, paling dekat dengan polisi militer.

Dalam aktivitas yang disebabkan entitas kriminal, Divisi Khusus ini mengatur insiden itu dengan mengawasi pihak-pihak terkait. Mereka bisa melakukannya dengan menutup-nutupi insiden itu untuk mencegah publik tahu tentang kasus terkait kemampuan tersebut. Meskipun pendekatan umum Divisi Khusus itu adalah tidak membunuh pengguna kemampuan jahat, mereka bisa melakukannya kalau memang dibutuhkan.

Divisi Khusus ini dipimpin Santouka Taneda. Ango Sakaguchi adalah konselor asisten Divisi Khusus ini. Mereka berdua adalah bagian elite unit tersebut. Entah bagaimana, mereka punya kaitan dengan Chuuya Nakahara, salah satu eksekutif Port Mafia. Di Divisi Khusus, Chuuya dikenal dengan kode identifikasi, Pengguna Kemampuan Nomor A5158. Ada dugaan kaitan keduanya insiden Arahabaki.

5. The Guild

6 Organisasi Paling Berkuasa dan Berbahaya di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

The Guild adalah Masyarakat Rahasia Pengguna Kemampuan dari Amerika Utara yang dipimpin Franchis Scott Key Fitzgerald. Pengaruh mereka tidak terbatas di Amerika Utara. Mereka bahkan bisa masuk ke jantung Jepang. Setiap anggotanya diberi Otoritas level Diplotmat sehingga bisa menekan pemerintah lewat Diplomasi. Mereka menikmati hak ekstra territorial, bahkan penegak hukum Jepang pun tak kuasa menahan mereka.

Setiap anggota punya identitas sendiri di luar organisasi. Banyak dari mereka yang punya posisi sangat senior di pemerintahan dan perusahaan besar. Setelah Perang, Guild terpecah menjadi dua. Guild utama dipimpin Fitzgerald dan Surviving Guild Forces dipimpin John Steinbeck. Karena Steinbeck ingin balas dendam terhadap Fitzgerald, kedua grup ini pun saling berseberangan.

4. Agensi Detektif Bersenjata

6 Organisasi Paling Berkuasa dan Berbahaya di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Agensi Detektif Bersenjata (ADA) adalah organisasi protagonis di Bungou Stray Dogs. Agensi ini didirikan Yukichi Fukuzawa, seorang ahli seni bela diri dan lone wolf, setelah bertemu Ranpo Edogawa, sekitar 12 tahun sebelum lini masa awal serial ini. Kecuali Ranpo, semua anggota organisasi ini adalah pengguna kemampuan khusus.

ADA berfokus untuk menyelesaikan kejahatan yang dianggap terlalu kasar atau sulit diselesaikan polisi metropolitan. Sering kali, kejahatan itu berasal dari kekuatan supranatural. Agensi ini punya banyak koneksi dengan lembaga pemerintah serta personel militer dan menangani banyak informasi rahasia karena sifat kerja mereka.

Staf berlisensi agensi ini diberikan otoritas mirip polisi. Makanya, mereka bisa membawa senjata api dan pisau dengan kondisi tertentu. Mereka bahkan bisa menarik catatan dari organisasi polisi yang membuat mereka melakukan tindakan tidak etis kalau mereka mau.

Protagonis serial ini, Atsushi Nakajima adalah anggota agensi ini. Selain dia, ADA juga dianggotai Osamu Dazai, Doppo Kunikida, Junichirou Tanizaki, Kenji Miyazawa, Ranpo Edogawa, Akiko Yoshino, dan Kyouka Izumi. Presiden ADA adalah Yukichi Fukuzawa.

3. Port Mafia

6 Organisasi Paling Berkuasa dan Berbahaya di Bungou Stray Dogs

Foto: The Geekiary

Port Mafia adalah organisasi kriminal bawah tanah berbasis Yokohama. Organisasi itu saat ini dipimpin Ougi Mori. Mereka punya izin usaha terampil yang membuat mereka bisa melakukan aktivitas mereka secara legal. Mereka juga dikenal sebagai Sipir Malam. Meski jahat, mereka terkadang bekerja sama dengan ADA demi perdamaian di Yokohama. Selain itu, Mori dan Fukuzawa pernah saling kenal di sama lalu.

Mafia itu punya banyak perusahaan yang mereka kendalikan. Mereka juga punya pengaruh di dunia politik dan ekonomi serta banyak bidang di Yokohama. Mereka yang menentang mereka hanya akan dibakar dan tidak akan selamat. Mereka menjual organ tubuh manusia, senjata kimia, dan orang jahat. Mereka mengawasi banyak operasi mencurigakan dan membentuk koneksi dengan organsasi di seluruh dunia.

Sebagai sebuah organisasi mafia, Port Mafia punya struktur organisasi yang kompleks. Dalam operasinya, Mori dibantu lima orang eksekutif—sekarang tinggal tiga, yaitu Paul Verlaine, Chuuya Nakahara, dan Kouyou Ozaki, setelah Osamu Dazai membelot ke ADA dan Ace tewas dibunuh Fyodor Dostoevsky. Di bawahnya, ada banyak unit seperti Flags dan Black Lizard. Mereka juga punya unit serangan gerilya yang dipimpin Ryuunosuke Akutagawa.
halaman ke-1
Share: